Bantengan, Budaya yang Masih Terjaga di Kedok Banteng Mojokerto

hariprastyo, 25 Aug 2019,
Share w.App T.Me
MOJOKERTO - Bantengan Turut Andil memeriahkan Pawai Kebudayaan Desa Bendungan Djati, Pacet, Mojokerto dalam rangka memeriahkan HUT ke-74 RI Tahun 2019 (25/8/2019).
 
Bantengan merupakan tradisi yang tidak asing lagi di telinga masyarakat Mojokerto, khususnya Kecamatan Pacet. 
 
Bantengan merupakan kearifan dan kebudayaan lokal Khas Pacet yang masih dilestarikan hingga kini. Tradisi Bantengan ini kerap digunakan sebagai tontonan dan hiburan bagi masyarakat Mojokerto.
 
Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia, Pemerintah Dusun Kedok Banteng, Desa Bendungan Djati mengadakan Pawai Kebudayaan, yang pesertanya terbagi atas kompi Rukun Tetangga (RT) masing-masing dan dimeriahkan pula oleh Drum Band MIN 1 Mojokerto, serta Kelompok Bantengan Setya Taruna Kembangan.
 
Nur Cahyo  selaku Penanggung Jawab (PJ) Kepala Dusun Kedok Banteng mengungkap, "terselenggaranya acara ini tentunya tidak lepas dari kerja sama Karang Taruna Mahardika, dan tentunya acara ini diadakan semata-mata untuk mempererat silaturrahmi, khususnya Dusun Kedok Banteng & umunya warga Desa Bendungan Jati".
 
Pawai Kebudayaan turut dimeriahkan pemerintah desa setempat, dengan memberikan beberapa doorprice untuk warga sekitar, dalam hal ini Nurul Selaku Penanggung Jawab Kepala Desa Bendungan Jati mengungkap bahwasanya, "saya dan segenap perangkat Desa Bendungan Jati amat Apresiasi dan memberikan penghargaan untuk karang taruna dan warga yang turut serta meramaikan pawai kebudayaan ini", ujar Pj Kepala Desa yang baru saja dilantik ini. 
 
Perjalanan Pawai Kebudayaan tersebut dimulai dari Dusun Bendo Rejo hingga Jalan Bhayangkara Dusun Kedok Banteng. Diakhir acara terdapat Pengundian Kupon dan Pembagian doorprice dari panitia. (ryz/tyo)
PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu