Kemenag Luwu Timur Musnahkan 1413 Pasang Buku Nikah dan 14 Pasang Duplikat Buku

INDONESIASATU.CO.ID:

LUWU TIMUR - Bertempat di Halaman Kantor Kementerian Agama Kabupaten Luwu Timur ratusan Buku Nikah dan sejumlah Duplikat Buku nikah cetakan 2014 dengan Pejabat penandatangan Surya Darma Ali yang waktu itu masih menjabat sebagai Menteri Agama.

H. Muhammad Nur Halik, Sos. MA (KEPALA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN LUWU TIMUR) menjadi eksekutor pemusnahan 1413 pasang Buku Nikah dan 14 pasang Duplikat Buku Nikah dengan cara dibakar dalam tong dengan disaksikan oleh tiga orang saksi dari pihak Kepolisian Negara RI Resor Luwu Timur dengan membawa surat perintah Nomor : Sprin/260/IV/OPS.1.3/2019 yakni Saksi 1. AKP Martinus Wemben, S.Sos (KASUBAG BIN OPS), 2. AIPTU Abd. Gaffar, SH (KANIT V SAT INTELKAM) 3. BRIPDA Andi Sumange Alam (BA SAT RESKRIM) 

Pemusnahan Buku Nikah dan Duplikat buku nikah yang terdapat di Kabupaten Luwu Timur ini berdasarkan Surat Direktur Jendral Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI Nomor : B.2458/DJ.III/PW.01/09/2016 tanggal 30 September 2016 tentang penghapusan Blangko Nikah. Sehingga pada hari ini juga Rabu, 19 Juni 2019 Pemusnahan buku tersebut diadakan Penghapusan/Pemusnahan Buku Nikah dan Duplikat dengan Berita Acara Nomor : 1215/Kk.21.10/4/Ks.02/06/2019. 

Pemusnahan Buku Nikah dan Duplikat ini sudah semestinya dilakukan pemusnahan dikarenakan buku nikah yang bertandatangankan Pejabat yang telah non aktif dan menghindari adanya  penyelewengan buku oleh pihak yang tidak bertanggung jawab sehingga buku nikah tersebut ditarik dari peredarannya di KUA-KUA Kecamatan oleh Seksi Bimas Islam Kankemenag Luwu Timur sebagai lini sektornya. 

H.M. Nur Halik menyampaikan “Alhamdulillah hari ini disaksikan oleh bapak-bapak dari kepolisian, untuk menyaksikan pemusnahan ini, agar tidak disalahgunakan lagi buku nikah yang ada di Luwu Timur ini”ungkapnya.

Saksi pihak kepolisian, pemusnahan oleh Kakankemenag juga didampingi oleh Abd. Hafid (Kasubag TU), St. Rabiah (Kasi Pendis) H. Muhammad Yunus (Kasi Bimas Islam)  Akhwan (Kasi PHU), Harun (Kasi Bimas Kristen) dan sejumlah pegawai Kementerian Agama Kab. Luwu Timur lainnya.(***)

  • Whatsapp

Index Berita