Kepala Desa Karangsono Tanggap Penyebaran Covid-19

sumartono, 26 Mar 2020, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

BLITAR - Guna mengantisipasi penyebaran virus korona (Covid-19), Pemerintahan Desa Karangsono, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar, melakukan penyemprotan Disinfektan di setiap ruang Kantor Kepala Desa, fasilitas umum, tempat-tempat Ibadah serta gedung-gedung sekolah, Rabu (25/03/2020).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, penyemprotan yang dipimpin langsung Kepala Desa Karangsono, Tugas Nanggolo Yudo Dili Prasetiono. Selain penyemprotan, juga dilakukan sosialisasi hingga pemeriksaan kesehatan kepada masyarakat setempat.

Pada kesempatan itu, Tugas mengatakan, penyemprotan hingga pemeriksaan kesehatan itu diutamakan bagi masyarakat yang kesehariannya beraktifitas di dalam dan luar daerah. Tujuannya untuk mencegah penyebaran virus corona yang kini menjadi momok menakutkan bagi masyarakat di desanya.

"Sebagai kewaspadaan dalam penyebaran Covid-19 di Desa Karangsono, saya dan perangkat Desa melakukan penyemprotan di fasilitas umum. Seperti Kantor Kepala Desa ini yang setiap hari untuk melayani masyarakat" katanya.

Selain itu, kata Kepala Desa Karangsono, pihaknya juga akan mendatangi setiap rumah, Sekolahan, Masjid dan tempat fasilitas umum. Dimana, pihaknya memberikan sosialisasi dan pemeriksaan kesehatan tentang penyebaran dan memutus mata rantai Virus Corona.

"Kami akan memberikan himbauan kepada masyarakat agar menjaga kesehatan dan mengisolasi diri selama 14 hari. Hal ini untuk menjaga kewaspadaan bersama agar terhindar dari Virus Corona," kata dia.

Menurut orang nomor satu di Desa Karangsono itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat setempat agar bisa bersama-sama mengawasi anak-anak untuk tetap tidak bepergian jauh selama masa libur yang telah ditentukan pemerintah. Dan selalu mentaati peraturan dan himbauan dari pemerintah daerah maupun dari Aparat Penegak Hukum.

"Kami imbau kepada para orang tua agar bersama-sama mengawasi anak-anak saat libur sekolah. Tetap jaga pola hidup yang bersih dengan membiasakan mencuci tangan," ujarnya

Tugas menambahkan, selain itu Desa Karangsono akan sesegera mungkin untuk menbentuk Desa tanggap COVID-19. Hal tersebut merupakan upaya untuk mencegah dan menangani  COVID-19, yang wabahnya perlahan-lahan mulai merambah hingga ke Desa.

"Dalam Desa Tanggap COVID-19  ini yang pertama membentuk Relawan Desa untuk COVID-19, yang kedua melakukan pencegahan setelah mengenali gejalanya, yang ketiga menangani ketika ditemukan kasus dan yang ke keempat mengantisipasi secara terus menerus dengan berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah," Papar Tugas.

Kepala Desa Karangsono menegaskan, dalam struktur pembentukan Relawan Desa Tanggap COVID-19 tersebut Kepala Desa sebagai Ketua. Sementara anggotanya terdiri dari seluruh perangkat anggota BPD, Ketua RT, RW dan masyarakat.

"Sebagai mitra dari relawan Desa Tanggap COVID-19 tersebut terdiri dari Bhabinkamtibnas, Babinsa dan level lainnya yang berasal dari instansi vertikal. Mudah- mudahan hal ini berjalan dengan lancar demi pencegahan dan penyebaran COVID-19," Pungkasnya. (T0N)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu