Komunitas Asta Guna Ramaikan Pawai Kebangsaan Pemkot Blitar

sumartono, 25 Aug 2019,
Share w.App T.Me

Blitar - Sejumlah kelompok pegiat seni dan budaya yang bernama Asta Guna menampilkan karya seni Ogoh-ogoh yang berjudul Sang Pama (Perwira Utama). Kelompok Asta Guna ini sering mengerjakan berbagai jenis kesenian baik di Blitar maupun luar kota.

Menuruti Rizal Krisna Adiwianto salah satu anggota Asta Guna mengatakan, hari ini kelompoknya sedang mengerjakan karya seni ogoh-ogoh yang berjudul Sang Pama yang menggambarkan 4 panglima perang yang tangguh.

Panglima perang itu diantaranya, Kumba Karna, dengan tekadnya membela tanah kelahiranya. Demikian pula Hanoman, Anila dan Jaya Anggada yang berjuang atas nama kebenaran.

Kedua kubu ini sama-sama benar atas posisinya, namun perang bukan petunjuk kebenaran yang sejatinya letak kemenangan ada dalam hati setiap insan. Kala Cipta, Rasa, Karsa bersatu dalam Tri Dharma Tunggal dan melahirkan simbul perdamaian "Manusia adalah tuan aras segala pemikiranya"

"Sang Pama ini nanti akan di ikut sertakan dalam Pawai Kebangsaan dalam rangka HUT RI ke 74 yang di gelar Pemkot Blitar Minggu, 25 Agustus 2019. Sekitar 100 orang dari Asta Guna nanti akan terlibat dn memeriahkan pawai kebangsaan," tutur Rizal, Sabtu (24/8/2019).

Lebih lanjut ia menceritakan dalam pertempuran besar antara Rama dan Rahwana, Hanoman membasmi banyak tentara rakshasa. Dalam pertempuran terakhir antara Rama  kewalahan menandingi Rahwana yang memiliki Aji Pancasona.

"Dalam pertempuran selanjutnya, para menteri dan kerabat Rahwana gugur satu persatu, termasuk Indrajit putera Rahwana dan Kumbakarna adik Rahwana," cerita Rizal.

Untuk mengakhiri riwayat Rahwana, Rama menggunakan senjata Brahmastra yang tidak biasa. Senjata tersebut menembus dada Rahwana dan merenggut nyawanya dan Hanoman pun mengangkat Gunung Ungrungan untuk ditimpakan di atas mayat Rahwana.

"Itulah konsep dalam pembuatan seni kreasi ogoh-ogoh dari Asta Guna yang ditampilkan dengan judul "Sang Pama". Asta Guna juga menerima pesanan ogoh-ogoh yang beralamatkan di Jatimalang Kelurahan Sentul Kota Blitar dengan nomor Telepon 089681329548 ," pungkasnya

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu