Mahdi Haris, Pakar Politik Alumni UGM: Untuk Melawan Incumbent Di Pilkada Trenggalek Perlu Figur Berkualitas Dan Persiapan Yang Matang

indonesiasatu, 13 Nov 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

Trenggalek - Kritik demi kritik terus bermunculan menjelang perhelatan Pilkada Trenggalek yang akan digelar 23 September 2020.

Selain belum adanya bakal calon yang muncul kecuali PDI-Perjuangan yang hampir pasti mengusung Muhamad Nur Arifin koalisi antar partai juga belum ada tanda-tanda.

Mahdi Haris, salah satu pakar politik di Kabupaten Trenggalek merasa prihatin melihat kondisi yang ada sekarang.

Menurutnya, empat partai besar yang sarat pengalaman seperti PKB,PKS,Demokrat dan Golkar sudah harus berani memunculkan jagonya sehingga publik bisa melihat calon figur yang akan memimpin Trenggalek lima tahun kedepan.

Pria lulusan UGM seangkatan Ganjar Pranowo ini juga tidak habis fikir dengan sikap partai yang tidak memperhitungkan waktu yang semakin dekat.

"Ini bukan persoalan sederhana, untuk ukuran Pilkada harus punya persiapan yang matang.Apalagi lawan yang dihadapi adalah incumbent, " terangnya, Rabu (13/11/2019).

Dia mencontohkan, selama tiga episode perhelatan Pilkada di Trenggalek rata -rata para pemenangnya memiliki waktu persiapan cukup panjang.

Sebut saja, Suharto, Mulyadi dan Emil persiapan yang dilakukan diatas satu tahun dan terbukti membuahkan hasil.

Tanpa bermaksud meremehkan, menurutnya, elite partai harus segera merumuskan dan secepatnya memunculkan bakal calonnya.

"Untuk menyapa publik saja butuh waktu cukup lama sebagai tolak ukur eletabilitas, " imbuhnya.

Mahdi Haris tidak menampik jika strategi itu sah - sah saja tetapi untuk bertarung sekelas Pilkada perlu perhitungan dan metode pemenangan.

Apalagi diera digital ini masyarakat sudah memiliki budaya berfikir yang maju sehingga tidak cukup hanya dengan cerita tetapi dengan harus dengan fakta.

Selain itu, menurutnya, untuk melawan incumbent harus memiliki konseptor yang handal agar membuahkan hasil maksimal.

"Kalai sekarang aja belum ada figurnya mana mungkin akan bisa melihat elektabilitasnya dan membaca peluang - peluang kemenangan, "tegasnya(ags).

 

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu