Pameran dan Bursa Lukisan Komunitas AKARASA Ajang Wujudkan Karakter Anak Bangsa

indonesiasatu, 09 Oct 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

Batu -- Pameran dan Bursa lukisan Komunitas Akarasa yang diselenggarakan dalam rangka meramaikan hari jadi Kota Batu ke 18, resmi dibuka oleh Asisten II Administrasi pembagunan dan Kesra. dr. Endang Triningsih mewakili Walikota Batu Dewanti Rumpoko yang sedang bertugas ke Jakarta, Selasa malam (8/10/2019)

Pembukaan dilaksanakan di teras Lobby Balaikota Among Tani, dihadiri Dian Katarina anggota DPRD Kota Batu 2 periode dari Partai Gerindra, bersama anggota DPRD Kota Batu yang baru dilantik, Khamim Tohari dari Partai PDIP, keduanya mewakili Ketua DPRD Asmadi.

Hadir pula Kepala Penghubung Kodim 0818  Choirul Effendy, Perwakilan Kapolres Batu, yaitu Kapolsek Batu AKP, Moch. Lutfi serta perwakilan Kajari Batu Budi Santoso.

Pembukaan berlangsung sederhana namun Khidmat, diawali doa bersama, menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan puisi dan hiburan tari gambyong dari siswi ngaglik 02 kota Batu.

Mewakili Walikota, Asisten II administrasi pembangunan dan Kesra dr. Endang Triningsih memberikan sambutan singkat namun penuh makna, Hal penting yang disampaikan adalah seni bisa mempersatukan bangsa dan memberikan pendidikan bagi generasi penerus.

 " Kegiatan seperti komunitas Akarasa kita harapkan bisa dikembangkan untuk menjaring generasi muda agar mencintai seni dan budaya yang memiliki kekhasan bangsa kita sendiri

Semakin banyak orang yang mempelajari seni akan mengenalkan kepada dunia bagaimana bangsa Indonesia memliki karakter.

Jangan kemudian kita menyalahkan anak anak terpengaruh budaya barat, budaya timur tengah, budaya eropa, ya karena anak anak belajar dari teknologi kebudayaan orang lain.

Tugas kita bagaimana mendidik mereka sejak kecil agar memiliki karakter sebagai Bangsa Indonesia, salah satunya melalui seni lukis, atau permainan permainan yang mengajarkan sebuah kebersamaan dan kerjasama untuk mencapai tujuan, contohnya Bak Sodor.

 Kalau banyak seniman yang bangkit dan mau membantu pemerintah mendidik generasi muda melalui pendidikan non formal, yaitu kesenian saya yakin itu sangat berpengaruh dalam membangun karakter bangsa, ulas mantan kepala Dinas Kesehatan tersebut dengan semangat.

Anggota DPRD Kota Batu pemilik paguyupan Sanduk juga menuturkan, mewakili Pimpinan, Saya Katarina Dian mengapresiasi apa yang telah dilakukan teman teman Akarasa, saya yakin mereka menorehkan kreasi seni dalam sebuah lukisan adalah demi majunya Kota Wisata Batu.

Disitulah para seniman ini membawa kesejukan bagi seniman lain dan juga masyarakat. Yang jelas saya selaku wakil rakyat dan rakyat mengucapkan terimakasih atas apsirasi rekan rekan, mudah mudahan karyanya bisa menjadi kepuasan dan memuaskan masyarakat Kota Batu, Amin ucapnya

Sedikit menambahkan, Kamim Tohari, Anggota DPRD mantan Kepala Dusun berucap, Saya harap Kota Batu akan memiliki dan melahirkan pelukis handal seperti Kubu Sarawan, Slamet Henkus dll. Menigingat Kota Batu memliki jumlah pelukis yang banyak, jadi melalui karya dan eksistensinya mereka bisa Go Internasional. 

Kapolsek Batu AKP. Moch Lutfi yang mewakili Kapolres Batu AKBP. Harviadi Agung Pratama,S.I.K M.I.K sangat mengapresiasi kegiatan yang digagas Komunitas Akarasa, Lukisan adalah pembelajaran positif dalam mengaktualisasikan diri, sebagaimana yang disampaikan dr.Endang Triningsih dalam pembukaan, bahwa dengan melukis, melalui coretan tulisan dan gambar kita bisa melihat tingkatan emosi dan situasi dalam jiwa, apakah sedang marah atau sedih. Apalagi dikatakan bahwa melalui seni lukis bisa menjadi sebuah terapi, itu sangat luar biasa.

Mudah mudahan kegiatan komunitas Akarasa bisa terus berjalan dan selalu mendapat dukungan pemerintah dan masyarakat, Kata Lutfi.

Selanjutnya, Ketua Panitia HUT Kota Batu yang ke 18, notabene Kepala Diskominfo, Moch Agus Mahmudi menyatakan kegembiraan atas terselenggaranya pameran lukisan di Balaikota Among Tani Kota Batu.

Kepada Media indonesiasatu.co.id, Agus mengatakan," Pameran lukis ini adalah kegiatan dalam rangka mengayuh bagyo (turut serta) memeriahkan hari jadi Kota Batu sekaligus mensosialisasikan bahwa lukisan itu sangat penting, memiliki arti dan makna.

Semoga kebersamaan berjalan terus untuk HUT Kota Batu tahun berikutnya.
 Masih kata Agus, Kegiatan lain juga diselenggarakan masing masing Dinas, karena semua merasa memiliki Kota Batu, sedangkan Puncak acara tanggal 17 Oktober 2019  Pemerintah Kota Batu akan menggelar wayang Kulit bertema " Seno Tani."

Tanggal 17 oktober 2019 nanti, kita berharap masyarakat turut menyemarakkan suasana dengan memasang umbul umbul dan banner, Karena Batu miliki kita Bersama.

Sementara itu, Pemilik Sanggar lukis NN Art yang juga Ketua Komunitas Akarasa Much.Nasir mengucapkan terimakasih atas kepedulian Pemerintah Kota Batu, Panitia HUT Kota Batu, semua pihak yang telah membantu terselenggaranya pameran dan bursa lukisan di Balaikota Amongtani 8 - 31 Oktober 2019, juga kepada sponsor Duta Catering, Kampung wisata De berran, Media Partner dan undangan yang hadir untuk menyaksikan prosesi pembukaan.

Ia pun berharap melalui karya, loyalitas dan eksistensi yang ditunjukan 11 anggota Komunitas Akarasa dalam keikutsertaannya memeriahkan HUT Kota Batu. Wadah Akarasa semakin maju dan dikenal masyarakat. Sehingga memacu semangat dalam membantu pemerintah mengembangkan kereatifitas generasi muda dalam membentuk karakter anak bangsa. Yudi/Ririn

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu