Percepat Akreditasi, UIN Sunan Ampel Surabaya Gelar Workshop Pendampingan dan Percepatan Akreditasi Jurnal Ilmiah

supriyanto, 26 Aug 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

Surabaya (26/8) - Kali kesekian Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan bekerjasama dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya mengadakan Workshop Pendampingan dan Percepatan Akreditasi Jurnal Ilmiah Elektronik tersebut berlangsung pada hari Senin (26/8) sampai dengan Rabu (28/8) bertempat di IBIS STYLES Hotels Surabaya.

Beberapa narasumber sekaligus sebagai journal reviewer berkompeten dihadirkan dalam rangkaian acara ini, beberapa diantaranya adalah Dr. Phil. Khoirun Ni'am (Dosen UIN Sunan Ampel Surabaya dan), Dr. Lukman, ST., M.Hum (Kasubdit. Fasilitasi Jurnal Ilmiah Ristekdikti), Prof. Dr. Phil. Al Makin, S.Ag., M.A (Editor in Chief Jurnal Al Jami'ah, International Journal of Islamic Studies), serta Ketua Asosiasi Jurnal Kajian Islam.

Dalam materinya, pengelola Journal of Indonesian Islam (JIS) UIN Sunan Ampel Surabaya yang telah terindeks Scopus, Khoirun Niam mengatakan secara singkat bahwa "penyumbang kegagalan terbesar dari akreditasi jurnal aspek substansi adalah orisinalitas karya serta kebaruan karya ilmiah, dan banyak juga artikel yang tidak sesuai dengan ruang lingkup jurnal”, ungkap Niam.

Dalam kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini, peserta dibekali dengan pelatihan tata Kelola jurnal. Setelah itu para peserta sebagai pengelola jurnal akan menghasilkan output jurnal yang “terakreditasi”. syarat untuk menjadi peserta dalam workshop ini adalah “seluruh peserta sebelumnya memiliki Jurnalnya masing-masing, namun belum terisi di website ARJUNA yang merupakan website untuk mengajukan akreditasi jurnal. Untuk itu mereka diberikan keterampilan dan pengetahuan tentang  teknis akreditasi jurnal,” terang Lukman menambahkan.

Menurut Didik Supriyanto (Pengelola Jurnal STITNU Al Hikmah Mojokerto dan juga Ketua Umum Forum Redaktur Jurnal) mengatakan bahwa "acara seperti ini sangat diperlukan bagi pengelola jurnal khususnya, dan para dosen pada umumnya". Pengelola jurnal dengan memahami teknis tata kelola jurnal secara baik, maka harapannya adalah jurnal yang dikelola mampu bersaing dengan jurnal-jurnal yang ada di luar negeri" ungkapnya.
Sebanyak 40 nama jurnal yang berasal dari 27 perguruan tinggi mendapat reviewer dan bimbingan langsung dari perwakilan Ristekdikti. Adapun jumlah peserta yang terdaftar mengikuti acara ini adalah 40 orang peserta dan sebagian berasal dari luar provinsi NTB, Riau, termasuk wilayah Provinsi DKI Jakarta dan juga Makasar.

Harapan dari kegiatan ini dapat menjadi pemicu bagi para akademisi untuk melakukan penelitian. Selain bermanfaat untuk meningkatkan peringkat perguruan tinggi, penelitian juga diharapkan dapat memberikan solusi atas berbagai temuan permasalahan dan fenomena yang terjadi di masyarakat.(did)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu