Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak Ajak Komnasdik Jatim bantu Tingkatkan IPM Jawa Timur

INDONESIASATU.CO.ID:

Wartajatim.com.Surabaya: Disampaikan saat menghadiri sekaligus melantik 13 Pengurus Komnasdik kab/Kota di Jawa Timur., Wakil Gubernur Jawa Timur Emil E Dardak yang mewakili Gubernur Jawa Timur berharap  adanya  peran strategis dan positif bersama lembaga Independen Komisi Nasional Pendidikan Provinsi Jawa Timur.

Selasa, (30/4/ 2019) bertempat  di Aula Lantai 2 Kanwil Dinas Pendidikan Jawa Timur diadakan Pelantikan Pengurus Komnas Pendidikan  Kab/Kota di Jawa timur yakni Kab. Jember, Kota Probolinggo, Kab.Pasuruan,Kota Pasuruan, Kota Batu, Kota Malang, Kab.Jombang, Kab. Pacitan, Kab.Trenggalek, Kab.Ponorogo, Kab. Kediri, Kota Kediri, dan Kab. Pamekasan dihadiri langsung Wagub Jatim  Dr. Emil E. Dardak serta didampingi Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Ramliyanto serta pengurus komansdik provinsi jawa timur dan Kepala Dinas Pendidikan Kabvupaten dan Kota di Jawa Timur.

Dalam sambutannya  Emil Dardak mengatakan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Jawa Timur berada di posisi 15 secara nasional, dan terendah di Pulau Jawa. Ditemukan salah satu faktor rendahnya IPM adalah rata rata lama sekolah. Dimana rata-rata lama sekolah, data terakhir BPS 7,39. Berarti, kata Emil E.Dardak  masih SMP kelas 2 semester 1. “Lalu, siapa mereka? Ternyata sebagian mereka adalah di atas umur 25 tahun,” jelasnya.

Sehingga, yang akan dilakukan adalah kejar paket C (setara SMA), meskipun kejar paket C ini adalah tugas Kabupaten Kota. Tetapi, kata wagub Jatim , Pemprov ingin membangun satu kesepahaman pentingnya mengintervensi mereka.

“Yang terutama berumur 25 tahun ke atas, sampai 44 lah, kira-kira pada usia produktif itu kita berharap bahwa mereka akan bisa mengikuti Kejar Paket C,” imbuhnya.

Berdasarkan data yang dimiliki wagub, sebanyak 64 persen para pekerja belum memiliki ijazah SMA sederajat. Sehingga, Pemprov akan koordinasikan dengan para pemilik perusahaan untuk bisa memberikan layanan kejar paket C bagi tenaga kerja yang belum lulus SMA.

“Ayo seluruh pengurus Komnas Pendidikan Jawa Timur dan Kab/Kota di Jawa Timur  untuk bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Jatim serta Pemda kab/Kota di seluruh Jawa Timur  bersama-sama meningkatkan IPM  dan kualitas pendidikan di Jawa Timur”pungkasnya disertai sambutan tepuk tangan seluruh pengurus anggota komnasdik.

Selain Pelantikan 12 Pengurus Komnasdik Kabupaten /Kota , kegiatan yang didukung oleh Dinas Pendidikan Jawa Timur ini juga dilaksanakan Penguatan kelembagaan Komnasdik ya ng dilanjutkan dengan poenandatanganan MOU dengan  ESQ 165 Quantum Ikhlas Bram Wibisono serta Pengembangan kepribadian Pascal lesmana dari The Virtues . Kegiatan diakhiri dengan penyerahan penghargaan dari Komnasdik Provinsi Jawa Timur Faqih Syarif  Hasyim kepada Pengurus Komnasdik Teladan yang diraih Koordinator Komnasdik Kabupaten Nganjuk Drs. Sudjito yang hadir bersama rekannya M Zainal Arifin.

Saat ditemui wartajatim.com dilokasi, Sudjito menyampaikan terima kasih kepada seluruh anggota yang sekaligus pengurus komnasdik kab Nganjuk serta kepada pengurus Komnasdik Prop Jatim, yg selama ini selalu mensupport Komnasdik Kab Nganjuk.

"Penghargaan ini merupakan cambuk, untuk kita selaku pengurus komnasdik selalu dan senantiasa peduli terhadap keberhasilan dan kemajuan pendidikan khususnya di Kab Nganjuk. Selain itu,berharap ke depan Komnasdik bisa mewujudkan pendidikan yg berkarakter, bermartabat, guna menyongsong revolusi industri 4,0. Juga terjalinya OPD di kab nganjuk untuk bersinergi dengan komnasdik Kab Nganjuk, sehingga visi dan misi komnasdik bisa terwujud" pungkasnya.(faiz)

  • Whatsapp

Index Berita