Rendra Masdrajad Safaat

10 Manfaat Es Batu untuk Perawatan Kulit Wajah Anda

manfaat es batu untuk perawatan kulit wajah

WartaJatim.co.id, 4 Juli 2023 – Halo skincare holic! Ternyata penggunaan es batu pada wajah juga memiliki banyak manfaat loh! Artikel ini akan membantu Anda mengetahui apa saja manfaat es batu untuk perawatan kulit wajah Anda. Simak sampai akhir ya!

Es batu adalah benda yang sering kita temui di sekitar kita, terutama saat kita ingin mendinginkan minuman kita di hari yang panas.

Internship Warta Jatim

Tapi tahukah Anda bahwa es batu juga dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi perawatan kulit Anda? Dalam artikel ini, kita akan membahas 10 manfaat es batu dalam perawatan kulit Anda. Mari kita lihat lebih dekat!

1. Mengurangi Pembengkakan

Es batu memiliki efek menenangkan dan menyejukkan pada kulit yang meradang atau bengkak. Ketika Anda mengompres area yang terkena dengan es batu, suhu dinginnya membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan.

2. Mengencangkan Pori-Pori

Es batu dapat membantu mengencangkan pori-pori kulit Anda. Dengan menggosokkan es batu secara lembut pada wajah Anda setelah membersihkannya, pori-pori Anda akan menyusut, memberikan kulit Anda tampilan yang lebih kencang dan halus.

3. Mencerahkan Kulit

Menggunakan es batu secara teratur pada wajah Anda dapat membantu mencerahkan kulit. Suhu dinginnya merangsang sirkulasi darah, yang pada gilirannya membantu menyamarkan noda hitam dan memperbaiki warna kulit yang tidak merata.

Baca Juga  Pemkab Malang Jamin Kondisi Sapi Bebas dari PMK Menjelang Hari Raya Idul Adha

Baca Juga: 7 Buah Ini Sangat Baik Untuk Kesehatan Kulit Anda

4. Mengurangi Mata Panda

Jika Anda memiliki masalah mata panda atau kantung mata yang bengkak, es batu dapat menjadi solusi yang efektif.

Cukup bungkus es batu dengan kain bersih dan tempelkan di bawah mata Anda selama beberapa menit setiap hari. Suhu dinginnya akan membantu mengurangi pembengkakan dan membuat mata Anda terlihat segar.

5. Mengurangi Jerawat

Es batu juga dapat membantu mengurangi peradangan pada jerawat. Dengan mengompres jerawat dengan es batu, Anda dapat meredakan kemerahan dan bengkaknya. Namun, pastikan untuk tidak mengompres terlalu lama agar kulit tidak terlalu kedinginan.

6. Menenangkan Kulit Terbakar Matahari

Jika Anda mengalami kulit terbakar matahari, es batu dapat memberikan bantuan segera. Tempelkan es batu yang dibungkus kain tipis pada area yang terbakar matahari selama beberapa menit. Ini akan membantu mengurangi peradangan dan memberikan sensasi dingin yang menyegarkan.

7. Membantu Mengatasi Penuaan Dini

Es batu memiliki efek mengencangkan pada kulit, yang dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dini seperti keriput dan garis halus. Dengan mengompres wajah Anda dengan es batu secara teratur, Anda dapat membantu menjaga kulit Anda tampak lebih muda dan segar.

8. Meredakan Nyeri Kulit

Jika Anda memiliki gatal atau iritasi pada kulit, es batu dapat memberikan bantuan segera. Suhu dinginnya akan meredakan sensasi gatal dan mengurangi peradangan yang mungkin terjadi pada kulit Anda.

Baca Juga: Kulit Kering, Pertanda Anemia Yang Perlu Diwaspadai!

9. Membantu Menyegarkan Kulit di Pagi Hari

Es batu dapat menjadi cara yang segar untuk memulai hari Anda. Gosokkan es batu yang dibungkus kain lembut di seluruh wajah Anda untuk memberikan sensasi menyegarkan dan membuat kulit Anda terasa lebih hidup.

Baca Juga  Jus dan Smoothies Bowl Berbeda, Apa Saja Perbedaanya?

10. Menjaga Makeup Lebih Lama

Jika Anda ingin tampilan makeup Anda bertahan lebih lama, gunakan es batu sebelum mengaplikasikan produk makeup. Suhu dinginnya akan membantu mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah Anda, membuat makeup Anda lebih tahan lama.

Lalu pertanyaannya, bolehkah langsung menempelkan es batu pada wajah?

Jawabannya adalah tidak disarankan untuk langsung menempelkan es batu ke wajah tanpa melindunginya terlebih dahulu. Es batu yang dingin dapat menyebabkan iritasi atau pembekuan pada kulit jika langsung diterapkan tanpa pembungkus atau kain penutup.

Sebaiknya, bungkus es batu dengan kain bersih atau lap tipis sebelum di tempelkan pada wajah. Ini akan membantu melindungi kulit Anda dari suhu yang terlalu dingin dan menghindari kemungkinan kerusakan kulit.

Media Partner Warta Jatim