12 ABK Kapal Motor Nelayan Putra Sumber Mas Ditemukan Selamat di Perairan Selat Bali

abk kmn

12 Anak Buah Kapal (ABK) Kapal Motor Nelayan (KMN) Putra Sumber Mas ditemukan terapung di perairan Selat Bali Utara, Pulau Lombok.

Sebelumnya diketahui Sabtu, 6 Januari 2024, KMN Putra Sumber Mas berangkat dari Pelabuhan Brondong, Lamongan, dengan tujuan mencari ikan di perairan laut sekitar Pulau Masalembu.

Melalui perjalanan selama 14 hari, kapal ini hendak kembali ke Lamongan melalui perairan laut utara Pulau Madura. Namun, pada Sabtu, 20 Januari 2024, sekitar pukul 07.30 WIB, kapal mengalami mati mesin karena kemasukan air laut.

Baca juga : Korban Pembunuhan di Sampang Madura Ditemukan Penuh Luka Bacok

Tim SAR Sat Polairud Polres Sumenep dan KN Permadi (Basarnas) menerima informasi penemuan dari nakhoda Kapal TB. Kharisma Bahari 168 pada Rabu, 24 Januari 2024, sekitar pukul 07.00 WIB.

Dalam video yang diterima media ini, para ABK terlihat terombang ambing di tengah laut, hanya mengandalkan peralatan kapal yang mereka rakit.

Baca juga : Kecelakaan Beruntun di Bogor, 17 Orang Luka-Luka

“Sebanyak 12 ABK KMN Putra Sumber Mas dari 15 ABK telah ditemukan dalam keadaan selamat di Perairan Selat Bali Utara, Pulau Lombok,” ungkap Kasi Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti. Rencananya, para korban yang ditemukan dalam kondisi selamat akan dievakuasi ke Pelabuhan Kalianget.

KN SAR Permadi (Basarnas) berangkat dari Pelabuhan Kalianget untuk penjemputan dan rencananya akan dibawa ke Kalianget. Saat ini 3 ABK masih belum ditemukan, yaitu Zainal Abidin, Agus Budi Santoso, dan Slamet.

Baca juga : Hujan, Dua Rumah di Kota Malang Ambrol ke Aliran Sungai

Baca Juga  GoTo dan TikTok Resmi Jalin Kemitraan Strategis Demi Kemajuan UMKM Indonesia

Sementara 12 ABK berhasil diselamatkan, tiga ABK lainnya masih belum ditemukan. “Upaya pencarian terus dilakukan untuk menemukan ABK yang masih belum ditemukan agar keluarga mereka juga dapat merasakan kelegaan seperti keluarga ABK yang sudah ditemukan,” ujar Widiarti.

Untuk mendapatkan informasi lainnya, Anda dapat mengunjungi wartajatim.co.id

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)