40 Tahun Jadi TKW, Seorang Ibu Ditelantarkan Anaknya di Panti Jompo

Ibu tkw panti jompo

Bondowoso, 15 Desember 2023 – Kisah pilu menimpa seorang ibu yang setelah bekerja selama 40 tahun sebagai Tenaga Kerja Wanita (TKW) di Malaysia, kini harus tinggal di panti jompo

Kabar ini viral setelah diunggah oleh akun TikTok @bariah6946. Dalam video tersebut, perekam menjelaskan bahwa setelah empat dekade bekerja, ibu tersebut tidak memiliki apa-apa. Tabungan dan harta yang telah diperolehnya selama bekerja dikabarkan habis digunakan oleh anak-anaknya.

“40 tahun ke Malaysia uangnya dihabiskan anaknya, rumah dijual, orang tua terlantar,” kata perekam video.

Dalam rekaman tersebut, terlihat sang ibu dijemput oleh ambulans yang membawanya ke panti jompo. Meskipun sang ibu mencoba menegur ketika perekam video mengungkapkan keadaannya, rasa kesal dan kekecewaan juga terpancar dari suara perempuan di balik kamera.

“Biar, biar tahu, 40 tahun kerja gak ada hasilnya,” ujar perempuan yang merekam kejadian tersebut.

Ibu yang namanya belum diketahui tersebut akhirnya diantarkan oleh orang sekitar untuk tinggal di Panti Jompo. Warga sekitar terlihat berkumpul saat ibu tersebut hendak pergi ke panti jompo. Perekam juga mengungkap bahwa sebelumnya, ibu tersebut sempat dititipkan di sebuah rumah. 

Meski videonya tidak menjelaskan secara rinci kronologi peristiwa tersebut, video tersebut menjadi viral di media sosial, mendapatkan puluhan ribu penonton, dan memicu beragam komentar dari warganet.

Komentar warganet pun beragam, ada yang menyayangkan tindakan anak-anak ibu tersebut, ada juga yang mendoakan agar ibu tersebut bisa hidup bahagia di panti jompo.

Sementara itu, pihak Pemerintah Kabupaten Bondowoso melalui Dinas Sosial (Dinsos) mengaku telah mengetahui informasi tersebut. Dinsos pun mengaku akan segera melakukan peninjauan ke panti jompo tempat ibu tersebut tinggal.

Baca Juga  Mengoptimalkan Tata Kelola Industri Sawit: Tanggung Jawab Pemerintah dalam Aksi Perbaikan

“Kami akan segera melakukan peninjauan untuk memastikan kondisi ibu tersebut,” kata Kepala Dinsos Bondowoso, Ir. Sutikno, M.Si.

Sutikno juga mengatakan bahwa pihaknya akan memberikan bantuan kepada ibu tersebut, baik berupa bantuan sosial maupun bantuan rehabilitasi sosial.

Untuk Membaca berita seputar Jawa Timur, Anda bisa mengunjungi wartajatim.co.id

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)