5 Fakta Mutinus Caninus, Jamur Unik Mirip Alat Kelamin Pria

fenomena alam
Lamongan Viral: Jamur Berbentuk Alat Kelamin Bikin Heboh Grup WA

Jamur tak hanya dikenal karena keberadaannya yang bervariasi, tetapi juga karena beberapa jenisnya memiliki bentuk yang unik dan menarik perhatian. Salah satu jamur unik yang menarik perhatian, terutama karena kemiripannya dengan alat kelamin pria, adalah Mutinus caninus. Berikut adalah 5 fakta menarik tentang jamur ini:

Dog Stinkhorn:

Mutinus caninus sering disebut sebagai Dog Stinkhorn. Bentuknya menyerupai tangkai kecil dengan ujung yang berwarna gelap, menyerupai alat kelamin pria. Tubuh buah jamur ini memiliki warna putih hingga kuning jingga, dengan tinggi berkisar 10-12 cm dan diameter 0,5-1,5 cm.

Dikenal dengan nama Dog Stinkhorn
Dikenal dengan nama Dog Stinkhorn

Bau Busuk untuk Menarik Serangga:

Pada bagian ujung jamur terdapat lendir hitam yang mengandung spora. Bau busuk yang sangat menyengat dikeluarkan untuk menarik serangga. Serangga yang mendatangi jamur ini membantu menyebarkan spora jamur ke tempat lain, memungkinkan reproduksi jamur.

Hidup pada Tumbuhan yang Telah Mati:

Dog Stinkhorn termasuk dalam organisme saprofit, yang mendapatkan nutrisi dari sisa-sisa makhluk hidup yang telah mati. Jamur ini biasanya ditemukan di bawah pohon bambu, kayu yang telah busuk, atau daun-daun kering yang tersebar di tanah.

Baca Juga : Lamongan Viral: Jamur Berbentuk Alat Kelamin Bikin Heboh Grup WA

Bentuk Telur Saat Muda:

Saat masih muda, Mutinus caninus memiliki bentuk benih yang menyerupai telur dengan miselium kecil seperti akar di bagian bawahnya. Telur ini berwarna putih pucat, mirip dengan telur burung merpati. Ketika telur matang, tunas berwarna putih akan muncul dan berkembang menjadi bentuk jamur yang dewasa.

Dapat Dimakan pada Fase Muda:

Saat masih berada dalam fase muda dengan bentuk seperti telur, Mutinus caninus diketahui dapat dikonsumsi. Di China, telur Dog Stinkhorn yang sudah dikeringkan bahkan dijual di pasaran dan dipercaya memiliki nilai pengobatan.

Baca Juga  Aries Agung Paewai Ungkap Langkah Pemkot Batu Cegah Kemiskinan

Jamur Mutinus caninus menunjukkan keanehan dalam keberagaman dunia jamur. Meskipun sebagian orang mungkin terkejut dengan kemiripannya dengan alat kelamin pria, jamur ini memberikan contoh menarik tentang keanekaragaman alam yang patut untuk dipelajari dan diapresiasi.

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)