5 Kebiasaan Sehari-hari yang Memicu Rambut Rontok pada Pria!

5 Kebiasaan Sehari-hari yang Memicu Rambut Rontok pada Pria!

WartaJatim.co.id, 12 Juli 2023 – Kebiasaan yang memicu rambut rontok pada pria! Meskipun rambut rontok dapat di sebabkan oleh berbagai faktor seperti genetika, stres, dan penyakit tertentu, kebiasaan sehari-hari juga dapat memainkan peran penting dalam kesehatan rambut.

Dalam artikel ini, kita akan membahas kebiasaan sehari-hari yang dapat memicu rambut rontok pada pria, serta langkah-langkah yang dapat di ambil untuk mencegahnya.

1. Menggunakan Produk Rambut yang Tidak Sesuai

Pertama-tama, faktor yang memicu rambut rontok adalah penggunaan produk rambut yang tidak sesuai.

Beberapa produk rambut mengandung bahan kimia keras yang dapat merusak folikel rambut dan menyebabkan rambut menjadi rapuh. Penting untuk memilih produk rambut yang lembut dan bebas dari bahan kimia yang berbahaya.

Baca Juga: Jaga Kesehatan Jantung dengan 5 Kebiasaan Kecil Sehari-hari

2. Mencuci Rambut Terlalu Sering

Mencuci rambut terlalu sering dapat menghilangkan minyak alami yang melindungi rambut dan kulit kepala. Kekurangan minyak alami ini dapat membuat rambut menjadi kering dan rentan patah serta rontok.

Disarankan untuk mencuci rambut hanya dua hingga tiga kali seminggu dengan produk yang lembut dan sesuai dengan jenis rambut Anda.

3. Terlalu Sering Menggunakan Alat Pemanas

Penggunaan alat pemanas seperti hair dryer, catokan, dan alat styling lainnya dapat merusak struktur rambut dan menyebabkan kerontokan.

Panas berlebih dari alat-alat tersebut dapat membuat rambut menjadi rapuh dan kering. Penting untuk mengurangi penggunaan alat pemanas dan menggunakan perlindungan termal sebelum mengaplikasikan panas pada rambut.

4. Gaya Rambut yang Keras dan Terlalu Sering Di kikir

Gaya rambut yang keras dan terlalu sering di kikir dapat menyebabkan kerusakan pada akar rambut dan menyebabkan rambut rontok.

Baca Juga  Rekomendasi Toko Tinta Printer Terdekat di Surabaya

Penggunaan gel atau produk styling yang mengandung bahan kimia keras juga dapat merusak rambut. Disarankan untuk memilih gaya rambut yang lebih ringan dan menghindari penggunaan bahan kimia berbahaya.

Baca Juga: 5 Karakteristik Generasi Alpha dan Tren Pekerjaan Masa Depan

5. Kurangnya Nutrisi dan Kekurangan Vitamin

Kurangnya nutrisi dan kekurangan vitamin dalam diet sehari-hari dapat memengaruhi kesehatan rambut. Kekurangan zat besi, vitamin D, dan vitamin B kompleks dapat menyebabkan rambut rontok.

Penting untuk mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan nutrisi dan menjaga asupan vitamin yang cukup untuk menjaga kesehatan rambut.

Untuk mencegah rambut rontok pada pria, perlu di hindari kebiasaan sehari-hari yang dapat merusak kesehatan rambut.

Penggunaan produk rambut yang tepat, mencuci rambut dengan frekuensi yang benar, mengurangi penggunaan alat pemanas, memilih gaya rambut yang lebih ringan, dan menjaga asupan nutrisi yang cukup dapat membantu menjaga rambut tetap sehat dan mencegah kerontokan.

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)