6 Gaya Hidup Yang Membuat Asam Lambung Naik dan Cara Mengatasinya

Gaya Hidup Yang Membuat Asam Lambung Naik

WartaJatim.co.id, 15 Mei 2023 – Gaya hidup yang membuat asam lambung naik Apakah Anda sering merasakan sensasi terbakar di dada atau merasa tidak nyaman setelah makan? Mungkin saja itu adalah gejala asam lambung naik, yang dikenal juga sebagai GERD (gastroesophageal reflux disease).

Asam lambung naik terjadi ketika cairan asam dari lambung mengalir kembali ke kerongkongan, menyebabkan iritasi dan gejala yang tidak menyenangkan. Gaya hidup yang kita pilih dapat memainkan peran penting dalam mengendalikan kondisi ini.

Gaya Hidup Yang Membuat Asam Lambung Naik

Saat kita membicarakan tentang asam lambung naik, ada beberapa gaya hidup yang diketahui dapat memicu gejala. Mari kita lihat beberapa di antaranya:

  1. Makan dalam Porsi Besar

Mengonsumsi makanan dalam porsi besar dapat meningkatkan risiko asam lambung naik. Saat lambung terisi penuh, tekanan dalam perut meningkat, dan ini dapat mendorong cairan asam untuk naik ke kerongkongan.

Sebagai solusi, cobalah untuk makan dalam porsi kecil tetapi sering, dan pastikan untuk mengunyah makanan dengan baik.

  1. Konsumsi Makanan Pedas dan Berlemak

Makanan pedas dan berlemak dapat merangsang produksi asam lambung yang lebih tinggi. Ini dapat memperburuk gejala asam lambung naik. Jika Anda rentan terhadap kondisi ini, disarankan untuk mengurangi konsumsi makanan pedas dan berlemak, terutama sebelum tidur.

Baca Juga: Berhenti Lakukan 6 Hal Ini Sesaat setelah Makan: Hidup Sehat!

  1. Kebiasaan Merokok

Merokok tidak hanya berdampak buruk pada paru-paru dan kardiovaskular, tetapi juga dapat memperparah gejala asam lambung naik.

Merokok meningkatkan produksi asam lambung dan melemahkan katup antara lambung dan kerongkongan. Berhenti merokok adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan pencernaan Anda.

  1. Minuman Berkafein dan Beralkohol

Kafein dan alkohol dapat merangsang produksi asam lambung yang berlebihan. Minuman seperti kopi, teh, minuman bersoda, dan alkohol dapat meningkatkan risiko asam lambung naik.

Baca Juga  Perjalanan Kreatif 40 Tahun Biyan Wanaatmadja dalam Industri Mode

Cobalah untuk mengurangi konsumsi minuman ini atau menggantinya dengan pilihan yang lebih sehat, seperti air mineral atau jus segar.

  1. Terlalu Cepat Tidur Setelah Makan

Mengonsumsi makanan dan segera tidur dapat menyebabkan asam lambung naik. Ketika Anda berbaring dengan perut yang penuh, gravitasi tidak membantu mencegah aliran asam lambung kembali ke kerongkongan.

Oleh karena itu, berikan waktu setidaknya 2-3 jam setelah makan sebelum Anda tidur atau berbaring.

  1. Stres dan Kecemasan

Stres dan kecemasan dapat memengaruhi fungsi pencernaan dan menyebabkan peningkatan produksi asam lambung.

Cobalah untuk mengelola stres Anda melalui metode relaksasi, seperti meditasi, yoga, atau aktivitas fisik yang menenangkan. Mengatur waktu istirahat yang cukup dan menikmati hobi juga dapat membantu mengurangi stres.

Tips untuk Mengatasi Asam Lambung Naik

Selain menghindari gaya hidup yang dapat memicu asam lambung naik, ada beberapa tips yang dapat membantu mengatasi kondisi ini. Berikut adalah beberapa tips yang berguna:

  1. Jaga Berat Badan yang Sehat

Kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko asam lambung naik. Bekerja menuju berat badan yang sehat melalui pola makan seimbang dan olahraga teratur dapat membantu mengurangi gejala. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan rekomendasi yang sesuai untuk Anda.

Baca Juga: Kurangi Risiko Magh atau GERD dengan Rutin Konsumsi Nutriflakes

  1. Hindari Makanan Pemicu

Makanan tertentu dapat memicu gejala asam lambung naik pada beberapa orang. Cobalah mencatat makanan apa yang memicu gejala pada Anda dan hindari atau batasi konsumsinya.

Contoh makanan yang umumnya menyebabkan masalah termasuk tomat, jeruk, cokelat, mint, bawang putih, dan makanan pedas.

  1. Angkat Kepala Tempat Tidur

Mengangkat kepala tempat tidur Anda beberapa inci dapat membantu mencegah asam lambung naik saat Anda tidur.

Baca Juga  Nikmati Kuliner dan Sensasi Ngopi Yang Menyenangkan di Diorama Malang

Anda dapat menggunakan bantal ekstra atau meletakkan blok di bawah kaki tempat tidur untuk menciptakan sudut yang lebih tinggi. Ini membantu gravitasi bekerja melawan aliran asam lambung.

  1. Hindari Pakaian Ketat

Memakai pakaian yang terlalu ketat dapat menekan perut dan memicu asam lambung naik. Pilihlah pakaian yang longgar dan nyaman, terutama setelah makan. Ini memberikan ruang bagi perut Anda untuk mencerna makanan dengan baik tanpa tekanan yang berlebihan.

  1. Hindari Makanan dan Minuman Sebelum Tidur

Selain menghindari makanan besar sebelum tidur, hindari juga minuman sebelum tidur. Ini termasuk minuman berkafein, alkohol, dan minuman bersoda. Pastikan Anda memberikan waktu yang cukup bagi tubuh Anda untuk mencerna makanan dan minuman sebelum Anda berbaring.

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)