Kota Blitar Resmi Luncurkan Aplikasi Detak-C untuk Deteksi Dini Penyakit Jantung, Santoso: Masyarakat Dapat Lebih Proaktif

Foto: Tangkapan layar blitarkota.go.id

Dalam upaya rangka meningkatkan kesadaran pentingnya kesehatan jantung, Pemerintahan Kota Blitar resmi luncurkan aplikasi Android ‘Detak-C’ pada Jumat, 23 September 2024 di Balai Kota Kusumo Wicitro Kota Blitar.

Aplikasi tersebut dikembangkan untuk membantu masyarakat dalam mendeteksi gejala awal penyakit jantung, terutama rasa nyeri pada dada.

Wali Kota Blitar, Santoso juga mengungkapkan apresiasi atas inisiatif peluncuran aplikasi Detak-C.

Baca Juga: Apel Gabungan Seluruh ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Blitar: Bupati Blitar Ambil Cuti

Ia juga berharap aplikasi ini dapat memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi terkait kesehatan jantung serta melakukan deteksi dini jika muncul gejala yang mengkhawatirkan.

“Detak-C adalah langkah maju yang signifikan dalam menjaga kesehatan warga Blitar. Dengan aplikasi ini, masyarakat dapat lebih proaktif dalam memantau kesehatan jantungnya,” ucap Santoso.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Blitar, Dharma Setiawan menyampaikan bahwa aplikasi Detak-C memiliki fitur tanya jawab yang berfungsi membantu pengguna dalam mengidentifikasi risiko penyakit jantung berdasarkan gejala yang dirasakan.

Baca Juga: Menyerahkan Bantuan untuk Korban Kebakaran, Wali Kota Blitar Mengimbau Masyarakat untuk Meningkatkan Kewaspadaan di Musim Kemarau

Dharma juga menambahkan bahwa aplikasi Detak-C bisa langsung diunduh melalui Google Play Store.

“Jika hasil penilaian menunjukkan adanya indikasi penyakit jantung, pengguna akan diarahkan ke rumah sakit rujukan untuk pemeriksaan lebih lanjut,” kata Dharma.

Selain peluncuran aplikasi, acara tersebut juga diisi dengan berbagai kegiatan menarik seperti pemeriksaan kesehatan gratis yang mencakup pengecekan tekanan darah, gula darah, kolesterol, dan asam urat.

(***)