Kesiapan Jaringan dan Sarana Prasarana Dites melalui Simulasi ANBK 2024 oleh Lembaga SD di Kota Blitar

Foto: Tangkapan layar/blitarkota.go.id

Pada tahun 2024 sejumlah lembaga pendidikan tingkat SD di Kota Blitar  telah melakukan simulasi Assessment Nasional Berbasis Komputer (ANBK).

Acara tersebut menjadi upaya masing-masing lembaga untuk mempersiapkan pelaksanaan ANBK akhir Oktober 2024.

Kabid Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Kota Blitar, Jaiz Alwi Mashuri menjelaskan simulasi ANBK tingkat SD yang di lakukan sejak minggu lalu.

Baca juga: Bupati Blitar Rini Syarifah Menyerahkan Tugas untuk PJS. Bupati Blitar di Pendopo Ronggo Hadi Negara

Kemudian dalam agenda tersebut, pihak sekolah menguji kesiapan jaringan dan sarana prasarana (sarpras) yang di pakai selama ANBK.

Jika di lihat sudah siap dan aman, selanjutnya akan dilakukan gladi bersih ANBK untuk melihat kesiapan peserta ANBK tersebut.

Menurut Jaiz, ANBK tingkat SD akan di ikuti oleh 30 siswa kelas lima, dari masing-masing lembaga.

Lalu, peserta yang terlibat akan langsung di tentukan oleh Kementrian pusat secara acak, tetapi jika ada lembaga yang jumlah siswanya kurang dari 30 anak, maka semua akan diikutkan ANBK.

Baca juga: Dishub Kota Blitar Ubah Jalur Kendaraan di Empat Ruas Jalanan Kota

“Jadwal pelaksanaan simulasi ini kita serahkan ke masing – masing lembaga. Itu untuk melihat kesiapan sarpras, sedangkan untuk siswa nanti di gladi bersih,” jelas Jaiz.

Bahkan, pelaksanaan ANBK tersebut bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, kemudian proses dan output pembelajaran di semua satuan pendidikan, yang sebelumnya ANBK jenjang SMP telah diadakan mulai 09 sampai 12 September 2024.

(***)