Amerika Himbau Warga Bunuh Massal Ikan Gabus, Mengapa?

Siapa sangka jika ikan gabus bercorak indah ini berbahaya?
Siapa sangka jika ikan gabus bercorak indah ini berbahaya?

Wartajatim.co.id, 16 Juni 2023 – Warga di perairan Georgia, Amerika, memperhatikan keberadaan ikan gabus bertotol, Northern snakehead atau Channa Argus.

Pemerintah menyarankan warga Amerika yang menemukan ikan gabus bertotol tersebut untuk segera membunuhnya.

Jenis ikan gabus Northern snakehead memang terkenal sebagai spesies invasif di Amerika Serikat dan termasuk predator puncak.

Ikan ini mengancam spesies asli karena kemampuan bertahan hidupnya. Ikan ini dapat tumbuh lebih dari 1 meter dan betina dapat bertelur hingga 100.000 telur dalam setahun.

Keunggulan Channa Argus adalah kemampuannya untuk bertahan hidup di daratan selama beberapa hari. Ikan ini mampu menghirup udara baik di dalam air maupun di udara bebas.

Pada tahun 2002, invasi ikan Channa Argus telah menciptakan kegemparan di Crofton, Maryland. Dua kolam ikan ditemukan penuh dengan ikan raksasa dan lebih dari 1.000 anak ikan.

Akhirnya, ikan ini dieliminasi dengan menggunakan pestisida. Insiden ini bahkan menginspirasi pembuatan setidaknya tiga film monster: ‘Snakehead Terror’, ‘Frankenfish’, dan ‘Swarm of the Snakehead’.

Kali ini, kegemparan kembali terjadi di Georgia setelah dua ikan ditemukan di sebuah kolam yang berada di properti pribadi di Gwinnett Country, dekat dengan Atlanta.

Seorang pemancing melaporkan keberadaan hewan tersebut kepada Wildlife Resources Division of the Department of Natural Resources, seperti yang dilaporkan oleh IFL Science.

“Garis pertahanan pertama kami dalam perang melawan spesies invasif air, seperti Northern snakehead, adalah pemancing kami,” kataMatt Thomas, yakni Kepala Perikanan di Wildlife Resources Division.

“Berkat laporan cepat dari seorang pemancing, staf kami dapat menyelidiki dan memastikan keberadaan spesies ini di air ini. Kami sekarang mengambil langkah untuk menentukan apakah mereka telah menyebar dari air ini dan, mudah-mudahan, mencegahnya menyebar ke perairan Georgia lainnya,” sambungnya.

Baca Juga  Kenapa Mason Mount Lebih Memilih Manchester United?

Masyarakat, terutama para pemancing, juga diajak untuk belajar mengenal ikan air tawar berdasarkan pernyataan tersebut. Disarankan agar ikan tersebut dihabisi oleh warga jika ditemukan di perairan.

“Bunuh segera (ingat, ia dapat bertahan hidup di darat) dan membekukannya,” titahnya.

Pihak berwenang mengajak warga untuk mencatat lokasi penemuan ikan tersebut dan diminta untuk segera melaporkannya. Mereka menegaskan bahwa warga dilarang mengimpor, menjual, mentransfer, dan memiliki spesies ini tanpa memiliki lisensi satwa liar yang sah.

Northern snakehead berasal dari wilayah Asia seperti Rusia, China, dan Semenanjung Korea. Hewan ini menyebar ke Amerika Serikat melalui pelepasan ilegal. Ikan ini lebih menyukai air yang tergenang seperti kolam. Ia merupakan pemakan ikan kecil namun juga mampu memangsa amfibi, krustasea, dan invertebrata lainnya.

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)