Apakah Pasangan dengan Riwayat Selingkuh Berulang Kali Bisa Berubah?

apakah selingkuh berulang kali bisa berubah?

WartaJatim.co.id, 24 Juni 2023 – Dari begitu banyaknya berita perselingkuhan, berita yang baru-baru ini sangat membuat gempar karena kisahnya dikatakan telah terjadi berulang kali. Jadi apakah pasangan dengan riwayat selingkuh berulang kali bisa berubah?

Dalam suatu hubungan, kepercayaan menjadi salah satu aspek terpenting yang membentuk dasar yang kuat. Namun, terkadang pasangan menghadapi situasi yang rumit ketika salah satu pihak memiliki riwayat selingkuh berulang kali.

Melalui artikel ini, Anda akan mengetahui alasan mengapa pasangan bisa selingkuh berulang kali, tantangan dalam mengubah perilaku tersebut, serta langkah-langkah yang dapat diambil untuk mencapai perubahan.

Mengapa pasangan selingkuh berulang kali

Pasangan yang memiliki riwayat selingkuh berulang kali sering kali menghadapi masalah yang lebih dalam. Ada beberapa alasan mengapa hal ini terjadi.

Beberapa faktor yang mempengaruhi termasuk kurangnya kepuasan dalam hubungan, ketidakmampuan mengatasi konflik, kurangnya komunikasi, atau adanya masalah kepercayaan dalam hubungan tersebut.

Terkadang, individu yang selalu berselingkuh juga dapat mengalami masalah dalam diri mereka sendiri seperti kebutuhan akan perhatian atau ketidakpuasan emosional.

Baca Juga: Perselingkungan Ada Kaitannya Dengan Kondisi Kesehatan Mental, Bukan Masalah Hati Saja

Kesulitan dalam mengubah perilaku selingkuh

Mengubah perilaku selingkuh adalah tugas yang sulit dan kompleks. Terkadang, pasangan dengan riwayat selingkuh berulang kali mungkin merasa sulit untuk mengatasi kebiasaan buruk yang telah mereka kembangkan.

Selain itu, mereka juga dapat menghadapi rasa bersalah yang mendalam dan kurangnya kepercayaan dari pasangan mereka. Mengubah perilaku membutuhkan komitmen yang kuat dan upaya yang berkelanjutan untuk memperbaiki hubungan yang rusak.

Proses perubahan untuk pasangan dengan riwayat selingkuh

Pertama-tama dalam mengubah perilaku selingkuh yang harus dilakukan adalah menerima tanggung jawab atas tindakan tersebut.

Baca Juga  Peran Lingkungan Sosial dalam Kesehatan Mental

Pasangan yang berselingkuh harus mengakui kesalahan mereka dan bersedia untuk menghadapi konsekuensi dari perilaku mereka.

Langkah kedua adalah melakukan refleksi dan pemahaman diri. Pasangan tersebut perlu mencari tahu penyebab di balik perilaku selingkuh mereka dan mengidentifikasi pola pikir atau emosi yang mempengaruhinya.

Dalam proses ini, dukungan dari pasangan yang tidak bersalah dan bantuan profesional seperti terapi dapat sangat membantu.

Baca Juga: Menciptakan Kehidupan Yang Lebih Tenang dan Bermakna Dengan Slow Living

Langkah ketiga adalah berkomitmen pada perubahan. Pasangan harus benar-benar menginginkan perubahan dan siap untuk melakukan upaya yang diperlukan. Ini termasuk menghilangkan godaan, memperkuat komunikasi, dan membangun kepercayaan yang baru dalam hubungan.

Langkah keempat adalah mengubah pola pikir dan perilaku. Pasangan perlu belajar menghadapi konflik dengan cara yang sehat, meningkatkan komunikasi, dan menciptakan hubungan yang lebih bermakna.

Ini mungkin melibatkan pembelajaran keterampilan baru, menjalani terapi, atau mencari bantuan dari ahli hubungan.

Pentingnya dukungan dan komunikasi dalam perubahan

Dalam proses perubahan, dukungan dari pasangan yang tidak bersalah sangatlah penting. Pasangan tersebut perlu merasakan dukungan emosional dan pemahaman dari pasangan mereka.

Selain itu, komunikasi yang terbuka dan jujur ​​diperlukan untuk membangun kembali kepercayaan yang hilang.

Jadi, apakah pasangan dengan riwayat selingkuh berulang kali bisa berubah? Jawabannya adalah mungkin, tetapi tidak ada jaminan.

Perubahan membutuhkan waktu, komitmen, dan upaya dari kedua pasangan yang terlibat. Melalui pengakuan kesalahan, refleksi diri, komitmen, dan perubahan perilaku, ada peluang untuk memperbaiki hubungan yang rusak.

Namun, penting untuk memahami bahwa tidak semua pasangan mampu atau mau berubah, dan dalam beberapa kasus, mengakhiri hubungan mungkin menjadi pilihan terbaik.

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)