Rendra Masdrajad Safaat

Bakorwil III Malang Gelar Kegiatan Jalan Sehat, Peringati HUT Jawa Timur ke-78

HUT Jawa Timur

Malang, 11 November 2023 – Badan Koordinasi Wilayah Pemerintahan dan Pembangunan Jawa Timur III (Bakorwil III) Malang menggelar rangkaian acara jalan sehat. Rangkaian acara ini diadakan untuk memperingati Hari Jadi ke-78 Provinsi Jawa Timur yang digelar pada Sabtu, 11 November 2023. Kegiatan dimulai pukul 05.30 WIB, bertempat di halaman Kantor Bakorwil III Malang..

Kegiatan jalan sehat ini dibuka langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, beliau juga menyampaikan apresiasinya kepada masyarakat Malang yang telah berpartisipasi dalam acara tersebut.

Internship Warta Jatim

“Dalam rangka memperingati HUT Provinsi Jawa Timur ke-78, marilah kita buka acara jalan sehat ini dengan membaca basmalah,” ungkapnya saat membuka acara HUT Jatim ke-78.

HUT Jawa Timur
Pembukaan Acara oleh Gubernur Jawa Timur

Sementara itu, Pejabat Walikota Malang, Wahyu Hidayat, menyampaikan bahwa acara tersebut merupakan bentuk dukungan Pemerintah Kota Malang terhadap peringatan HUT Jawa Timur ke-78. Ia juga berharap acara tersebut dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Malang.

Selain kegiatan jalan sehat, Bakorwil III Malang juga menjalankan berbagai program pelayanan masyarakat.

Salah satunya, layanan kesehatan dan donor darah yang merupakan kerja sama antara Bakorwil III Malang dengan PMI Kota Malang. 

Beberapa layanan lainnya yang diberikan meliputi pemeriksaan kesehatan umum, tekanan darah, dan gula darah disediakan secara gratis untuk masyarakat, sementara layanan donor darah terbuka bagi mereka yang memenuhi syarat.

Tidak hanya itu, Bakorwil III Malang juga bersinergi dengan Dinas Perdagangan Provinsi Jawa Timur untuk menyelenggarakan Gelar Pangan Murah. Acara ini memberikan akses kepada masyarakat untuk mendapatkan berbagai bahan pangan pokok dengan harga terjangkau, mendukung upaya pemenuhan kebutuhan pokok sehari-hari.

Pasar Pangan Murah
Pasar Pangan Murah

Salah satu panitia dari tim kreatif, Andi Prasetyo, menyampaikan bahwa acara peringatan HUT Jawa Timur ke-78 sempat diundur. 

Baca Juga  Polisi Kota Malang Berhasil Menangkap Kurir Sabu dan Ganja dengan Barang Bukti Besar

Semula acara ini akan diadakan pada tanggal 31 Oktober dan akhirnya bisa terealisasi pada 11 November mengingat jadwal Gubernur yang sangat padat. Namun, acara tetap berjalan lancar berkat dukungan dari berbagai pihak.

Selain aspek kesehatan dan ekonomi, Bakorwil III Malang turut mengangkat sektor UMKM melalui festival kopi dan gebyar UMKM. Ini menjadi wadah bagi para pelaku usaha kecil menengah untuk memasarkan produk-produk unggulan mereka. 

Produk kopi dari berbagai daerah di Jawa Timur turut meramaikan acara dengan membawa ciri khasnya masing-masing.

Melalui kerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang, masyarakat juga dapat memperoleh layanan administrasi kependudukan keliling, seperti pembuatan e-KTP dan pelayanan identitas digital lain.

Bakorwil III Malang bekerja sama dengan Teaching Factory SMKN 12 Malang, dalam mengadakan program ‘Beli Oli, Gratis Servis Motor’. 

Program tersebut memberikan insentif kepada masyarakat, berupa layanan servis ringan gratis bagi pengendara motor yang melakukan transaksi ganti oli di booth SMKN 12 Malang.

Ganti Oli, Gratis Servis
Program ‘Ganti Oli, Gratis Servis’ oleh SMKN 12 Malang

Salah satu peserta acara, Aisyah, merasa senang karena instansinya diundang untuk mengikuti rangkaian acara HUT Jatim yang ke-78 ini.

“Pondok kami merasa senang dan bangga dapat menerima undangan untuk mengikuti jalan sehat dalam rangka memperingati HUT Jawa Timur ke-78. Acara ini sangat seru dan menyenangkan, apalagi bisa mengisi waktu weekend bersama teman-teman” ungkap Aisyah.

Secara keseluruhan, rangkaian acara peringatan HUT Jawa Timur ke-78 di Bakorwil III Malang berjalan dengan lancar dan sukses. Acara tersebut mendapat sambutan yang antusias dari masyarakat Malang.

Untuk Membaca berita seputar Jawa Timur, Anda bisa mengunjungi wartajatim.co.id

Media Partner Warta Jatim