Rendra Masdrajad Safaat

Bangkai Kapal Selam Wisata Titanic Akhirnya Ditemukan!

Kapal selam wisata Titanic, OceanGate.
Kapal selam wisata Titanic, OceanGate.

Wartajatim.co.id, 1 Juli 2023 – United States Coast Guard menyampaikan bahwa mereka telah menemukan puing-puing kapal selam wisata Titanic yang meledak bersama dengan “diduga sisa tubuh manusia” dari dasar laut pada Rabu, 28 Juni 2023.

Menurut CNN yang dikutip pada Kamis (29/6/2023), mereka menduga telah menemukan sisa-sisa tubuh manusia “di dalam reruntuhan” kapal selam wisata Titanic.

Internship Warta Jatim

Pengumuman tersebut diberikan hampir sepekan setelah pihak berwenang menetapkan bahwa kapal selam itu meledak di Atlantik Utara, yang mengakibatkan lima orang di dalamnya tewas.

Sisa-sisa tubuh manusia tersebut diduga akan dianalisis oleh profesional medis AS, menurut pernyataan dari cabang militer.

Kapal selam yang membawa bukti tersebut tiba di dermaga Kanada pada Rabu, 28 Juni 2023. Perusahaan yang mengoperasikan kendaraan dari jarak jauh telah berhasil membawa sisa-sisa Titan ke permukaan dan saat ini sedang menyelesaikan pekerjaan lepas pantai, demikian yang dikatakan pada CNN.

Dua pria sedang mengangkat bagian seperti panel putih yang lebih tinggi dari mereka, sementara bagian lain yang berukuran serupa kabel dibungkus dengan terpal putih.

Semua ini terjadi di dermaga Penjaga Pantai Kanada di St. John’s, Newfoundland dan Labrador, ketika mereka mengambil puing-puing dari kapal pengangkut jangkar Horizon Arktik.

Momen tersebut direkam oleh Paul Daly dari The Canadian Press.

Belum diketahui dengan pasti apa sebenarnya potongan-potongan tersebut.

Kapal selam Titan, yang terbuat dari serat karbon dan titanium dengan berat sebesar 10.432 kg, hanya memiliki ruang untuk lima orang dewasa, sesuai dengan informasi dari Ekspedisi OceanGate.

Ekspedisi OceanGate, operator kapal tersebut, menawarkan wisata ekstrem yang memungkinkan pendekatan ke reruntuhan Titanic yang telah berusia seabad.

Tarifnya mencapai 250 ribu dolar AS (sekitar Rp3,7 miliar) per orang.

Baca Juga  Wall Street dan IHSG Saling Menguat, Berita Saham Hari Ini!

Dalam sebuah pernyataan, perusahaan tersebut menyatakan bahwa anggota kru telah bekerja tanpa henti selama 10 hari, menghadapi tantangan fisik dan mental dari operasi ini, dan mereka sangat ingin menyelesaikan misi ini dan kembali kepada orang-orang yang mereka cintai.

Pelagic Research Services menunda pengajuan pertanyaan kepada US Coast Guard dan menyatakan bahwa tim mereka tidak dapat memberikan komentar atau informasi terkait penyelidikan mengenai ledakan Titan.

Mereka mengumumkan bahwa perusahaan akan mengadakan konferensi pers di pangkalan operasi mereka di East Aurora, New York, setelah “tim kami berkumpul kembali.”

Seorang juru bicara dari Dewan Keselamatan Transportasi Kanada menolak memberikan komentar kepada CNN, dan mengatakan bahwa informasi lebih lanjut tentang penyelidikan akan diberikan sesuai kebutuhan.

Pada Minggu pagi, 18 Juni 2023, kapal selam OceanGate beserta lima penumpangnya memulai penurunan ke reruntuhan Titanic yang berusia 111 tahun.

Kehilangan Kontak Dengan Kapal Selam

Sekitar satu jam 45 menit setelah menyelam, kapal selam tersebut kehilangan kontak dengan kapal induknya dan tidak muncul seperti yang diharapkan.

Tragedi ini memicu operasi pencarian dan penyelamatan yang melibatkan banyak negara selama berhari-hari dan menarik perhatian dunia.

Pada Kamis, 22 Juni 2023, US Coast Guard mengumumkan bahwa kapal tersebut mengalami “ledakan dahsyat” yang diduga telah menewaskan semua penumpang.

Kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh menemukan kerucut ekor dan puing-puing lain dari kapal selam.

Selama akhir pekan, cabang militer melaporkan bahwa Dewan Investigasi Kelautan telah diselenggarakan untuk menyelidiki penyebab ledakan tersebut dan kemungkinan memberikan rekomendasi untuk “mengejar sanksi perdata atau pidana yang diperlukan.”

Dalam siaran pers yang dirilis pada Rabu, 28 Juni 2023, US Coast Guard mengungkapkan bahwa anggota dewan investigasi sedang mengumpulkan bukti dan melakukan wawancara dengan para saksi.

Baca Juga  Harga Minyak Terus Menurun di Perdagangan Asia, Kekhawatiran Tekanan Ekonomi Global Meningkat

“Masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk memahami faktor-faktor yang menyebabkan bencana hilangnya Titan dan membantu memastikan tragedi serupa tidak terjadi lagi,” ujar Kapten Jason Neubauer, sebagai  kepala dewan investigasi Kapal Wisata Titanic, Rabu, 28 Juni 2023.

Seorang reporter CBS yang melakukan perjalanan bersama Ekspedisi OceanGate pada Juli 2022 lalu melaporkan bahwa surat pernyataan yang ia tanda tangani mencantumkan kemungkinan kematian tiga kali di halaman pertama.

Namun, ia menyatakan bahwa pengabaian tidak selalu menjadi keputusan yang pasti.

Selain itu, hakim sering kali menolak klaim tersebut jika terdapat bukti kelalaian atau bahaya yang tidak diungkapkan sepenuhnya.

Di sisi lain, OceanGate dapat berpendapat bahwa mereka tidak lalai karena mereka telah sepenuhnya menggambarkan bahaya yang terkait dengan pipa ledeng di kedalaman samudra dalam yang seukuran minivan di dalam kapal selam.

Potensi kelalaian dan bagaimana hal itu dapat memengaruhi penerapan keringanan, serta penyebab insiden kecelakaan yang masih dalam penyelidikan, merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kecelakaan.

Menurut situs web OceanGate, mereka memiliki tiga kapal selam.

Namun, hanya kapal selam Titan yang mampu menyelam dan mencapai bangkai kapal Titanic. Kapal selam Titan memiliki bobot sebesar 10.432 kilogram dan diklaim dapat mencapai kedalaman hingga 3.962 meter.

Pada tahun 1912, kapal Titanic, yang merupakan kapal terbesar pada masanya, menabrak gunung es dalam pelayaran perdananya dari Southampton ke New York.

Dari total 2.200 penumpang dan awak kapal, lebih dari 1.500 orang meninggal dunia. Sejak ditemukan pada tahun 1985, puing-puing kapal Titanic telah dieksplorasi secara ekstensif.

Media Partner Warta Jatim