Banjir Lahar Terjang Air Terjun Tumpak Sewu, Puluhan Turis Mancanegara dan Lokal Terjebak

banjir lahar air terjun Tumpak Sewu
banjir lahar air terjun Tumpak Sewu

Kawasan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, dilanda hujan lebat yang menyebabkan banjir lahar di air terjun Tumpak Sewu. Kejadian ini terjadi sekitar pukul 14.30 WIB pada hari Rabu, 31 Januari 2024, memaksa puluhan wisatawan yang sedang menikmati keindahan air terjun terjebak di lokasi.

Kabar banjir lahar ini pertama kali muncul di media sosial melalui akun TikTok @arynoersaid. Video menampilkan arus deras banjir lahar berwarna hitam mengalir dari atas ke bawah air terjun. Pemilik akun mengaku tidak ada peringatan karena langit sedang cerah, namun tiba-tiba ada suara ledakan saat sudah berhasil naik ke atas.

Baca Juga: Sumber Jenon: Keindahan Alam yang fantastis di Malang

Meski begitu terdapat seorang warganet yang berkomentar bahwa sebelumnya sudah ada peringatan. @upingiping2 mengungkapkan “sebelum turun ke bawah, sdh ada papan peringatan jam 15.00 lokasi air terjun harus sudah kosong.”

Belum ada informasi mengenai jumlah tepat pengunjung yang masih terjebak di bagian bawah tempat wisata. Namun, menurut informasi dari sisi Kabupaten Lumajang, hampir 20 orang, sedangkan dari Kabupaten Malang ada belasan orang.

Baca Juga: Ini Kecelakaan Kapal Selam yang Pernah Terjadi di Dunia

Evakuasi dilakukan oleh para penjaga dan petugas setempat untuk memastikan keselamatan para wisatawan. Hingga menjelang gelap, sebagian besar wisatawan telah dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

Hingga saat ini, belum ada informasi resmi mengenai korban dalam kejadian banjir lahar tersebut.

Sejumlah warganet memberikan saran kepada calon wisatawan untuk berhati-hati bila berkunjung ke wisata air terjun selama musim hujan.

Baca Juga: Viral! Lautan Pasir Gunung Bromo Dilanda Banjir, Begini Faktanya

Baca Juga  Pesona Koleksi Lebaran 2024 Haidee & Orlin: Eksplorasi "Harvest de Lune"

Doa dan harapan turut terpanjat, seperti yang diungkapkan oleh @egelzi, “Semoga tidak ada korban..semoga selamat semua..aamiin” dan @nur.laily.fitriyati, “Innalillahi wa innailaihirojiun.. smoga tidak ada korban jiwa. aamiin 🤲”.

Untuk mendapatkan informasi seputar Jawa Timur, Anda dapat mengunjungi wartajatim.co.id

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)