Basmi 1.086 Kasus Kejahatan, Ini Pencapaian Polresta Malang Selama 2023

Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Budi Hermanto
Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Budi Hermanto

Malang, 30 Desember 2023 – Kepolisian Resor Kota (Polresta) Malang Kota sukses menyelesaikan 1.086 kasus kejahatan sepanjang tahun 2023, menandai pencapaian luar biasa dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah hukumnya. Jumlah ini mencakup 81,4 persen dari total 1.334 perkara yang ditangani.

Kapolresta Malang Kota, Komisaris Besar Polisi Budi Hermanto, menggelar konferensi pers pada Jumat (29/12/2023) untuk memberikan penjelasan terkait pencapaian ini. Beliau menyatakan bahwa peningkatan jumlah kasus ditangani sejalan dengan kembali normalnya aktivitas masyarakat pascapandemi COVID-19.

Budi Hermanto menjelaskan, “Ada total 1.334 perkara sepanjang 2023, yang diselesaikan sebanyak 1.086 perkara atau 81,4 persen.” Beliau menambahkan bahwa pada tahun 2022, saat masih terjadi pandemi COVID-19, pembatasan aktivitas masyarakat mempengaruhi jumlah perkara yang ditangani.

Salah satu bentuk keberhasilan Polresta Malang Kota adalah dalam menanggulangi kasus pencurian kendaraan bermotor. Dari 460 kasus yang tercatat selama tahun 2023, 260 di antaranya berhasil diselesaikan.

Komisaris Besar Polisi Budi Hermanto menyoroti pencapaian ini dengan mengatakan, “Kami berhasil menyelesaikan 56,5 persen kasus pencurian kendaraan bermotor. Ini menunjukkan komitmen kami dalam memberikan rasa aman kepada masyarakat.”

Dalam konferensi pers tersebut, Budi Hermanto juga mencatat penanganan kasus pencurian dengan pemberatan. Dari 294 perkara, 9 kasus pencurian dengan kekerasan berhasil diungkap dan diselesaikan oleh Polresta Malang Kota.

Kendati demikian, tantangan terus berkembang, terutama dalam bidang narkoba. Selama tahun 2023, Polresta Malang Kota berhasil menangani 220 perkara narkoba dengan total 249 tersangka.

Dari jumlah tersebut, 199 perkara narkoba berhasil diselesaikan. “Kami terus meningkatkan upaya pencegahan dan penindakan terhadap peredaran narkoba yang dapat merusak generasi muda,” ungkap Budi Hermanto.

Baca Juga  WNA Rusia Siap Somasi Polisi Terkait Tuduhan Bangun Organisasi Kejahatan di Bali

Dalam mengakhiri konferensi pers, Kapolresta Malang Kota menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran kepolisian, Pemerintah Kota Malang, TNI di Malang Raya, relawan, dan komunitas masyarakat yang turut serta dalam mencapai hasil positif ini.

“Kami akan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik untuk menjaga keamanan dan ketertiban di Kota Malang,” tegas Budi Hermanto.

berikut artikel tentang Pencapaian Polresta Malang Selama 2023, untuk membaca berita selengkapnya tentunya di wartajatim.co.id

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)