Wartajatim
Beranda Lifestyle Benarkah Susu Oat Milk Tidak Baik Bagi Kesehatan?

Benarkah Susu Oat Milk Tidak Baik Bagi Kesehatan?

WartaJatim.co.id, 14 Juni 2023 – Hello healty people! Bagi kalian penggemar susu oat milk, pasti sedang khawatir dengan isu yang beredar tentang dampak negatif dari meminum susu ini. Benarkah bahwa susu oat milk tidak baik bagi kesehatan?

Susu oat milk telah menjadi minuman populer di kalangan pecinta kesehatan dan penggemar gaya hidup vegan. Namun, masih ada kontroversi seputar apakah susu oat milk benar-benar baik untuk kesehatan.

Untuk itu mari kita mengetahui segala aspek susu oat milk dan melihat apakah ada kebenaran di balik klaim-klaim negatif yang beredar.

Apa itu susu oat milk?

Susu oat milk merupakan minuman non-susu yang terbuat dari biji oat yang diolah. Proses pembuatannya melibatkan perendaman oat dalam air, penghalusan, dan penyaringan untuk mendapatkan cairan yang mirip dengan susu sapi.

Susu oat milk sering digunakan sebagai pengganti susu hewani oleh orang-orang yang mengikuti diet vegan atau vegetarian, serta oleh mereka yang memiliki intoleransi laktosa atau alergi terhadap susu sapi.

Manfaat susu oat milk bagi kesehatan

1. Kaya akan serat

Susu oat milk mengandung serat larut yang tinggi, yang dapat membantu meningkatkan pencernaan dan menjaga kesehatan usus. Serat larut ini juga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh dan menjaga kesehatan jantung.

Baca Juga: 7 Buah Ini Sangat Baik Untuk Kesehatan Kulit Anda

2. Baik untuk pencernaan

Serat dalam susu oat milk juga dapat membantu mengatur gerakan usus dan mencegah sembelit. Ini menjadikan susu oat milk pilihan yang baik untuk orang-orang dengan masalah pencernaan atau sindrom iritasi usus.

3. Mengandung nutrisi penting

Susu oat milk juga mengandung nutrisi penting seperti vitamin B, vitamin E, fosfor, kalsium, dan zat besi. Nutrisi-nutrisi ini penting untuk menjaga kesehatan tulang, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan menjaga energi sepanjang hari.

Potensi efek samping susu oat milk

Meskipun susu oat milk memiliki banyak manfaat, ada beberapa potensi efek samping yang perlu diperhatikan.

1. Alergi gluten

Beberapa merek susu oat milk mengandung gluten, yang dapat menyebabkan reaksi alergi pada orang-orang dengan sensitivitas gluten atau penyakit celiac. Penting untuk memeriksa label produk dengan hati-hati jika Anda memiliki alergi atau sensitivitas terhadap gluten.

2. Penggunaan bahan pengawet

Beberapa susu oat milk komersial mengandung bahan pengawet tambahan untuk memperpanjang masa simpan. Meskipun bahan pengawet ini umumnya dianggap aman, ada orang yang lebih memilih untuk menghindari konsumsi bahan pengawet tambahan.

3. Efek samping pada penderita gangguan tiroid

Orang-orang dengan gangguan tiroid tertentu, seperti hipotiroidisme, perlu berhati-hati dalam mengonsumsi susu oat milk. Oat mengandung senyawa yang disebut goitrogen, yang dapat mengganggu fungsi tiroid jika di konsumsi dalam jumlah besar.

Baca Juga: Konsumsi Granola Setiap Hari, Ini Manfaat dan Dampak Negatifnya

Fakta atau hoax bahwa susu oat milk tidak baik bagi kesehatan?

Terdapat beberapa penyimpangan fakta dan klaim negatif yang berkembang terkait susu oat milk. Mari kita lihat beberapa di antaranya.

1. Asupan kalsium dan vitamin D

Sebagian orang mengklaim bahwa susu oat milk memiliki asupan kalsium dan vitamin D yang lebih rendah di bandingkan susu sapi. Namun, banyak merek susu oat milk yang telah di perkaya dengan kalsium dan vitamin D untuk memenuhi kebutuhan gizi tubuh.

2. Mitos tentang kadar gula

Ada mitos yang beredar bahwa susu oat milk mengandung gula tambahan yang tinggi. Sebenarnya, susu oat milk tanpa pemanis tambahan memiliki kadar gula alami yang relatif rendah. Penting untuk membaca label dengan cermat dan memilih susu oat milk yang rendah gula.

Pandangan medis dan riset terkait susu oat milk

Berdasarkan pandangan medis dan beberapa penelitian, susu oat milk secara umum di anggap sebagai pilihan yang sehat dan bergizi.

Namun, setiap orang memiliki kebutuhan gizi yang berbeda, jadi penting untuk berkonsultasi dengan profesional medis atau ahli gizi sebelum mengganti susu sapi dengan susu oat milk secara penuh.

Komentar
Bagikan:

Iklan

test