Berkolaborasi untuk Inovasi: Dosen Fakultas Vokasi Brawijaya Melahirkan Mejapaz yang Terintegrasi dengan Smart Desk Pen

Mejapaz Smart Desk Pen

Mejapaz – Tantangan perguruan tinggi di Indonesia ke depan adalah kemampuan institusi pendidikannya untuk dapat mensejajarkan dengan universitas-universitas terkemuka di dunia. Dosen memainkan peran yang sentral dan strategis dalam aktivitas di perguruan tinggi. Perilaku inovatif dosen dapat diwujudkan apabila dosen melaksanakan tugas dengan penuh kreatifitas dan didukung oleh institusinya. Dampaknya dapat memberikan citra yang positif bagi perguruan tinggi. Iklim kreatif di perguruan tinggi dapat mendorong perilaku inovatif dosen.

Direktorat Inovasi dan Kawasan Sains dan Teknologi Universitas Brawijaya (DIKST UB) merupakan unit di bawah Universitas Brawijaya sebagai wadah untuk mendorong perilaku inovatif Dosen. Salah satu program unggulan DIKST UB adalah program hibah Inovasi Dosen. Titi Ayu Pawestri sebagai ketua dengan beranggotakan 3 orang dosen Fakultas Vokasi yaitu Sovia Rosalin, Amelia Ika Pratiwi dan Bayu Sutawijaya berkolaborasi untuk menciptakan sebuah produk yang memiliki nilai atau value yaitu meja edukasi flora dan fauna di daerah wisata di Indonesia yang terintegrasi dengan audio pembelajaran dengan nama Mejapaz Smart Desk Pen.

Inovasi utama dari proyek Mejapaz yang terintegrasi dengan Smart Desk Pen ini adalah pengembangan meja puzzle yang diajukan pada tahun 2022 dan dikembangkan agar memiliki value yang lebih dibandingkan dengan kompetitor sejenis. Meja ini tidak hanya fungsional tetapi juga mendukung pembelajaran interaktif. Meja ini dirancang sedemikian rupa sehingga dapat dimainkan oleh anak-anak berusia 5 – 8 tahun sebagai media pembelajaran kognitif, motorik dan afektif melalui kegiatan menata potongan bagian puzzle menjadi satu bentuk dan mendengarkan cerita melalui audio tentang flora dan fauna di daerah wisata di Indonesia sehingga dapat menciptakan lingkungan belajar yang dinamis.

Baca Juga  Panduan Tepat Memilih Produk Kecantikan Menurut Dokter Shindy, Kakak Ria Ricis

Keunggulan Mejapaz terletak pada integrasi dengan Smart Desk Pen. Penggunaan Smart Desk Pen menjadi fitur yang sangat menarik dalam meja puzzle ini. Dengan teknologi terkini, Smart Desk Pen memungkinkan anak-anak untuk mendengarkan edukasi tentang flora dan fauna di daerah wisata tertentu di meja tersebut, sehingga membuat pembelajaran lebih efisien dan menghindarkan anak anak dari pengaruh negative smartphone.

baca juga: Dosen FEB UWKS Surabaya Sukses Selenggarakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat “Membuat Business Plan Yang Disukai Para Investor”

Proyek Mejapaz Smart Desk Pen melibatkan kerjasama kolaborasi antara dosen, mahasiswa, dan mitra industri furniture yaitu PT. Garvindo Prima Sejahtera. Kerjasama dengan mitra industri tersebut memberikan proyek ini wawasan dimensi praktis yang lebih luas. Mahasiswa terlibat langsung dalam proses desain dan produksi meja puzzle, mendapatkan wawasan berharga tentang bagaimana proyek sejenis diimplementasikan di dunia nyata. Ini bukan hanya proyek akademis biasa; ini adalah kesempatan bagi mahasiswa untuk terlibat dalam pengembangan produk yang benar-benar dapat mengubah proses belajar.

Inovasi Mejapaz dengan Smart Desk Pen ini mencerminkan komitmen Fakultas Vokasi dalam menghadirkan pembelajaran yang relevan, interaktif, dan mendukung perkembangan teknologi. Proyek ini bukan hanya tentang menciptakan produk fisik, tetapi juga mengembangkan keterampilan dan wawasan yang akan membekali mahasiswa untuk masa depan yang penuh tantangan. Dalam rangkaian Hibah Inovasi Dosen, dosen pengusul diberikan kesempatan untuk memamerkan produknya melalui fasilitasi Pameran yang diselenggarakan oleh UB pada tanggal 08 November 2023 di Gedung Widyaloka. Wakil Rekor IV UB memberikan apresiasi terhadap produk Mejapaz yang terintegrasi dengan Smart Desk Pen. Harapannya produk tersebut dapat mengangkat citra positif UB dan dapat menjadi keunggulan UB.

Baca Juga  Rekomendasi Judul Cerpen yang Menarik untuk Anak-Anak

Titi Ayu Pawestri sebagai ketua hibah proyek ini berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pembelajaran, merespons kebutuhan mahasiswa, dan menjembatani kesenjangan antara dunia akademis dan industry. Dosen Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya khususnya tim Meja Paz Smart Desk Pen telah membuktikan bahwa inovasi bukanlah kata kosong, tetapi perilaku yang termanifestasi dalam produk nyata. Mejapaz terintegrasi dengan Smart Desk Pen adalah bukti bahwa ketika dosen bersikap inovatif, pembelajaran dapat mencapai dimensi baru yang lebih mendalam dan bermakna.

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)