Rendra Masdrajad Safaat

Brem Khas Madiun: Sejarah, Proses Pembuatan, dan Keistimewaannya

brem khas madiun

Brem adalah salah satu makanan khas dari Madiun, Jawa Timur, yang memiliki sejarah panjang dan kaya akan budaya. Dengan tekstur yang unik dan rasa yang manis, brem telah menjadi simbol kebanggaan masyarakat Madiun dan salah satu oleh-oleh favorit wisatawan.

Sejarah Brem Khas Madiun

Brem pertama kali dikenal oleh masyarakat Madiun sejak beberapa dekade lalu. Makanan ini awalnya dibuat oleh para petani sebagai hasil fermentasi dari sisa air beras ketan yang tidak terpakai. Seiring waktu, proses pembuatan brem semakin berkembang dan menjadi salah satu industri rumahan yang mendukung perekonomian lokal.

Internship Warta Jatim

Legenda mengatakan bahwa brem awalnya ditemukan secara tidak sengaja ketika air beras ketan yang tidak terpakai dibiarkan dalam wadah tertutup selama beberapa hari. Fermentasi alami yang terjadi menghasilkan cairan yang kemudian dikeringkan dan membentuk brem seperti yang kita kenal saat ini.

Proses Pembuatan Brem

Proses pembuatan brem melibatkan beberapa tahap yang cukup rumit dan membutuhkan keahlian khusus. Berikut adalah tahapan dalam pembuatan brem khas Madiun:

1. Pemilihan Beras Ketan

Beras ketan yang digunakan untuk membuat brem harus berkualitas tinggi. Beras ini dicuci bersih dan direndam selama beberapa jam sebelum dikukus hingga matang.

Baca Juga  Soto Lamongan

2. Fermentasi

Setelah matang, beras ketan dicampur dengan ragi khusus yang disebut “ragi tape”. Campuran ini kemudian dibiarkan dalam wadah tertutup selama beberapa hari untuk proses fermentasi. Pada tahap ini, gula dalam beras ketan akan diubah menjadi alkohol dan asam, menciptakan rasa unik pada brem.

3. Pemerasan dan Pengeringan

Setelah fermentasi selesai, campuran beras ketan diperas untuk memisahkan cairan dan padatan. Cairan yang dihasilkan kemudian dijemur di bawah sinar matahari hingga mengkristal dan membentuk brem.

4. Pemotongan dan Pengemasan

Brem yang telah mengkristal dipotong menjadi bentuk-bentuk yang diinginkan, biasanya berbentuk persegi panjang atau bulat. Setelah itu, brem dikemas dalam kemasan yang menarik dan siap untuk dipasarkan.

Keistimewaan Brem

Brem memiliki beberapa keistimewaan yang membuatnya unik dan berbeda dari makanan lainnya:

1. Tekstur yang Unik

Salah satu hal yang membuat brem istimewa adalah teksturnya yang unik. Brem memiliki tekstur yang renyah dan meleleh di mulut ketika dimakan. Ini karena proses fermentasi dan pengeringan yang tepat.

2. Rasa yang Manis dan Asam

Rasa brem yang manis dan sedikit asam berasal dari proses fermentasi beras ketan. Kombinasi rasa ini membuat brem sangat disukai oleh berbagai kalangan, baik anak-anak maupun orang dewasa.

3. Kaya Akan Nutrisi

Meskipun brem adalah makanan ringan, namun kaya akan nutrisi. Kandungan karbohidrat, vitamin, dan mineral dalam beras ketan tetap terjaga selama proses pembuatan, sehingga brem bisa menjadi camilan sehat.

4. Simbol Budaya Madiun

Brem bukan hanya makanan, tetapi juga simbol budaya dan identitas masyarakat Madiun. Setiap kali wisatawan datang ke Madiun, brem selalu menjadi oleh-oleh yang dicari.

brem khas madiun

Tips Menikmati Brem

Untuk mendapatkan pengalaman terbaik dalam menikmati brem, berikut beberapa tips yang bisa Anda coba:

Baca Juga  Sejarah Kerajaan Singosari: Kemegahan Masa Lalu dan Situs Peninggalannya

1. Nikmati dengan Teh Hangat

Brem sangat cocok dinikmati bersama teh hangat. Rasa manis dan asam brem akan berpadu sempurna dengan rasa teh yang hangat dan sedikit pahit.

2. Simpan di Tempat Kering

Untuk menjaga kelezatan brem, simpanlah di tempat yang kering dan sejuk. Hindari menyimpan brem di tempat yang lembab karena bisa menyebabkan brem menjadi lembek dan kehilangan kerenyahannya.

3. Konsumsi dengan Bijak

Meskipun brem adalah camilan yang sehat, konsumsilah dengan bijak. Jangan mengonsumsi dalam jumlah berlebihan karena kandungan gula yang cukup tinggi.

baca juga : Lontong Balap Surabaya

Penjual Brem Khas Madiun

Berikut adalah beberapa toko penjual brem paling terkenal di Madiun, lengkap dengan alamat dan perkiraan harga:

1. Brem Margo Rukun

  • Alamat: Jalan Cokroaminoto No. 44, Madiun
  • Harga: Rp 15.000 – Rp 30.000 per bungkus

Brem Margo Rukun merupakan salah satu toko brem yang sudah terkenal sejak lama. Toko ini dikenal karena menjaga kualitas dan cita rasa brem yang khas.

2. Brem Brayo

  • Alamat: Jalan Pahlawan No. 45, Madiun
  • Harga: Rp 10.000 – Rp 25.000 per bungkus

Brem Brayo juga menjadi salah satu pilihan favorit bagi wisatawan yang mencari oleh-oleh khas Madiun. Harganya cukup terjangkau dengan berbagai varian rasa yang ditawarkan.

3. Brem Kenanga

  • Alamat: Jalan HOS Cokroaminoto No. 37, Madiun
  • Harga: Rp 12.000 – Rp 28.000 per bungkus

Toko Brem Kenanga terkenal dengan kualitas brem yang renyah dan rasa yang konsisten. Selain itu, toko ini juga menjual berbagai produk oleh-oleh lainnya dari Madiun.

4. Brem Purnama

  • Alamat: Jalan Dr. Sutomo No. 56, Madiun
  • Harga: Rp 15.000 – Rp 30.000 per bungkus

Brem Purnama dikenal sebagai salah satu toko yang menjual brem dengan rasa autentik. Toko ini juga menyediakan layanan pengiriman bagi pelanggan yang berada di luar kota.

5. Brem Mekar Sari

  • Alamat: Jalan Diponegoro No. 25, Madiun
  • Harga: Rp 13.000 – Rp 27.000 per bungkus

Brem Mekar Sari menawarkan brem dengan berbagai varian rasa, termasuk original, coklat, dan durian. Toko ini juga dikenal dengan pelayanannya yang ramah dan cepat.

Tips Membeli Brem di Madiun

  1. Periksa Tanggal Kedaluwarsa: Pastikan untuk selalu memeriksa tanggal kedaluwarsa pada kemasan brem yang Anda beli.
  2. Coba Berbagai Varian Rasa: Banyak toko yang menawarkan brem dengan berbagai varian rasa. Cobalah beberapa varian untuk menemukan yang paling Anda sukai.
  3. Beli di Toko Terpercaya: Pilih toko-toko yang sudah terkenal dan memiliki reputasi baik untuk memastikan kualitas brem yang Anda beli.

Dengan informasi ini, Anda bisa lebih mudah menemukan brem terbaik sebagai oleh-oleh khas dari Madiun. Selamat berbelanja dan menikmati brem!

Kesimpulan

Brem, makanan khas Madiun, bukan hanya sekedar camilan manis tetapi juga bagian dari budaya dan sejarah masyarakat setempat. Proses pembuatannya yang unik, rasa yang lezat, dan keistimewaannya membuat brem menjadi salah satu oleh-oleh favorit dari Madiun. Dengan menjaga kualitas dan tradisi, brem akan terus menjadi kebanggaan masyarakat Madiun dan dikenal lebih luas di seluruh Indonesia.

Jadi, jika Anda berkunjung ke Madiun, jangan lupa untuk mencoba dan membawa pulang brem sebagai oleh-oleh khas yang kaya akan rasa dan sejarah. Selamat menikmati!

Media Partner Warta Jatim