Syarat dan Cara Buka Rekening BRI

Dampak Covid-19 yang terjadi setelah beberap tahun ini mengakibatkanya terpuruknya ekonomi masyarakat. Keterpurukan ekonomi yang terjadi akibat mobilisasi keuangan yang terhambat oleh Covid-19 ini. Banyak pegawai yang dirumahkan dan penggiat usaha gulung tikar karena hal tersebut.

Berbagai macam langkah telah diambil pemerintah untuk tetap menggerakkan roda ekonomi masyarakat Indonesia. Dengan sistem kerja dari rumah atau biasa disebut Work From Home (WFH) merupakan salah satu solusi para pegawai kantoran yang tadinya harus masuk kantor untuk bekerja, saat ini bisa mengerjakan pekerjaannya dirumah.

Hal tersebut merupakan langkah yang tepat dilakukan untuk tetap menggerakkan ekomoni yang ada di negara Indonesia khususnya. Dengan hal itu juga perusahaan tetap dapat melakukan usaha dan bisnis, sehingga keuangan tetap berjalan.

Selain itu, saat ini banyak sekali pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah secara online. Pengiriman tugas, pesan makanan, pendftaran sekolah dan pembukaan rekening bank baru juga bisa dilakukan secara online.

Sebagai contoh pembukaan rekening bank BRI saat ini juga bisa dilakukan secara online, baik menggunakan hanphone ataupun komputer. Cara ini merupakan langkah modern yang menggeser cara konvensional pembukaan rekening bank. Sistem ini membuat nasabah lebih nyaman dan lebih mudah dalam membuka rekening, tidak perlu antri di customer service.

Syarat Buka Rekening BRI

Untuk membuka rekening bank BRI secara online, seorang nasabah perlu menyiapkan berkas atau dokumen persyaratan untuk dapat melakukan pendaftaran. Berikut ini syarat buka rekening BRI :

  1. Usia min 17 tahun.
  2. Bagi warga negara Indonesia dibutuhkan Kartu Identitas Pendidik (KTP).
  3. UntuK WNA (warga negara asing) harus menyiapkan Paspor/KITAS/KIMS/KITAP.
  4. Membayar setoran awal sesuai dengan kartu ATM yang anda inginkan, untuk kartu ATM BRI Classic adalah RP. 250.000,- dan ATM BRI Gold adalah Rp. 500.000,-
  5. Persyaratan buka rekening BRI Simpedes dan Britama hampir sama, hanya saja untuk Simpedes nasabah hanya di bebankan setoran awal Rp. 100.000,-
  6. Untuk produk Britama Bisnis, kalian harus menambahkan surat ijin usaha atau SIUP/TDP, Akte Pendirian Usaha, Anggaran Dasar.
  7. Sedangkan untuk persyaratan buka rekening BRI Simpedes Bisnis harus melampirkan NPWP.

Cara Buka ATM Rekening BRI Online

Untuk buka rekening BRI online dibutuhkan beberapa dokumen pribadi milik anda seperti KTP/SIM/PASRO, NPWP serta melengkapi isian data diri yang disediakan pada situs pendaftaran. Keamanan untuk sistem pendaftaran online ini dijamin aman karena akan diproses menggunakan verifikasi face recognition yang didukung oleh Peruri. Langkah yang perlu anda lakukan untuk membuka rekening BRI secara online di bawah ini :

  1. Buka situs bukarekening.bri.co.id klik ‘Buka Rekening’
  2. Siapkan dokumen, yakni KTP, NPWP (opsional), dan data diri
  3. Pilih jenis tabungan sesuai dengan kebutuhan
  4. Verifikasi diri dengan melakukan video recording untuk verifikasi diri
  5. Aktifkan rekening baru dengan melakukan setoran awal. Besaran setoran awal sesuai dengan jenis tabungan yang dipilih.
  6. Buat akun Brimo atau internet banking BRI untuk bisa melakukan berbagai aktivitas perbankan.
  7. Pilih kantor cabang BRI yang diinginkan untuk pengelolaan rekening
  8. Unggah foto data diri sesuai dengan ketentuan
  9. Lakukan aktivasi akun dan Anda sudah bisa menikmati layanan perbankan BRI.

Saat ini Bank BRI juga masih mencanangkan sistem buka rekening BRI online ini dengan nama BRI DIGITAL SAVING. Malalui program ini nasabah memiliki banyak keuntungan serta pemahaman yang mudah untuk memiliki akses informasi terkait jenis tabungan yang ingin dibuka.

Jenis Tabungan Rekening BRI

Rekening Tabungan BRI Simpedes

Pilihan tabungan ini memberikan tawaran setoran yang ringan yaitu hanya Rp 50 ribu. Karena setorannya yang ringan, jenis tabungan ini menjadi salah satu yang populer dikalangan masyarakat.

BRI Simpedes juga memberikan fasilitas e-banking yang bisa digunakan nasabah untuk bertransaksi kapan saja melalui smartphone.

Rekening Tabungan Simpedes TKI

Jenis tabungan yang dikhususkan untuk warga Negara Indonesia yang sedang bekerja di luar negeri menjadi TKI. Tabungan ini mempermudah para devisa negara yang bekerja sebagai TKI untuk menyimpan uang gaji.

Setoran untuk tabungan ini juga sangat kecil yaitu hanya Rp. 10.000,-. Untuk membuka rekening ini nasabah memerlukan dokumen khusus berupa surat rekomendasi dari PPTKIS.

Rekening Tabungan BRI BritAma

Memiliki fasilitas e-banking yang dapat diakses melalui smartphone sehingga memungkinkan nasabah untuk bertransaksi setiap saat dimanapun. Suku bunga yang di tawarkan juga lumayan tinggi mencapai 1,90%.

Tidak memberikan biaya pergantian buku tabungan karena penuh dan tidak memberikan denda jika saldo di bawah minimum.

Rekening Tabungan BritAma X

Tipe tabungan rekening BRI yang menjangkau kalangan muda yang ingin menabung di bank BRI karena memiliki desain kartu debit yang keren. Setoran awal untuk tabungan ini minimal Rp. 100.000,-

Nasabah akan diberikan tiga pilihan kartu debet dengan desain yang elegan yaitu BritAmaX Gentleman, BritAmaX Ladies, dan BritAmaX Basketball.

Rekening Tabungan BritAma Bisnis

Untuk para pengusaha, tabungan ini merupakan tabungan yang sangat cocok digunakan untuk menunjang transaksi bisnis karena memiliki jumlah maksimal transaksi harian yang besar.

Selama saldo bulanan lebih dari Rp 5 Juta maka Gratis biaaya administrasi bulanan serta memiliki suku bungan yang cukup besar yaitu sampai 2,75%.

Rekening Tabungan BritAma Valas

BritAma Valas adalah janis tabungan BRI yang digunakan untuk mata uang luar negeri. Rekening jenis ini cocok digunakan untuk transaksi nilai tukar mata uang.

Mata uang yang tersedia untuk tabungan ini yaitu USD, AUD, SGD, EUR, CNY, AED, HKD, GBP, JPY, dan SAR.

Untuk membuka tabungan BritAma Valas, kamu harus memberikan setoran awal sebesar USD 50, AUD 50, SGD 65, EUR 50, CNY 350, AED 175, HKD 350, GBP 50, JPY 5.000, dan SAR 300.

Rekening Tabungan BritAma Rencana

BritAma Rencana adalah tabungan yang mendukung fasilitas perlindungan jiwa atau asuransi jiwa. Tabungan ini memberikan dua keuntungan penting yaitu memberikan jaminan keamanan finansial dan kemanan kesehatan.

Selain itu suku bunga untuk tabungan ini lebih tinggi dibandingkan dengan jenis tabungan lainnya. Setoran awal untuk BriTama Rencan minimal 100 ribu sampai dengan maksimal 5 juta.

Rekening Tabungan Haji BRI

Mengingat mayoraitas penduduk Indonesia adala muslim, Bank BRI juga memberikan jenis tabungan Haji. Tabungan ini berfungsi untuk mempersiapkan biaya penyelenggaran ibadah haji (BPIH) untuk anda yang ingin merencanakan ibadah haji.

Tabungan ini memberikan GRATIS biaya administrasi serta memberikan asuransi jiwa dan kecelakaan.

Rekening Tabungan BRI Junio

Bagi orang tua yang ingin mengajarkan anaknya untuk berlajar menabung, jenis rekening ini adalah pilihan yang tepat.

Rekening Tabungan BRI Simple

BRI Simple diperuntukkan bagi pelajar yang sedang menempuh pendidikan sekolah. Fitur menarik dari tabungan ini salah satunya yaitu memberikan layanan menabung di sekolah. Hal ini juga menjadi salah satu cara mendidik anak agar terbiasa menabung.

Rekening TabunganKu BRI

TabunganKu BRI ialah tabungan nasabah personal yang sangat mudah untuk dimiliki dengan persyaratan yang cepat diselesaikan. Untuk jenis tabungan ini anda tidak memperoleh layanan kartu ATM sehingga lebih cocok untuk anda yang ingin aman dalam menabung jangka lama karen dengan tidak adanya kartu ATM membuat sesorang tidak bisa asal menarik melalui mesin ATM.

Keuntungan Buka Tabungan Rekening BRI

Setiap perusahaan perbangkan pasti memiliki tawaran keuntungan untuk setiap nasabah. Hal ini tentu saja menjadi penarik minat nasabah untuk membuka rekening di BRI. Berikut ini adalah beberapa contoh keuntungan unggulan bank BRI.

Memiliki Jangkauan yang Luas

Demi memberikan layanan publik yang nyaman, bank BRI memberikan akses perbankan diseluruh wilayah Indonesia sampai pelosok negeri agar bisa di rasakan semua warga negara indonesia. Dengan menggunakan layanan fitur e-banking yang dapat diakses melalui hanphone / smartphone anda dimanampun dan kapanpun.

Menjangkau Berbagai Macam Nasabah

Dengan luasnya jangkauan Bank BRI dipastikan seluruh nasabah di lokasi manampun dapat membuka tabungan rekening BRI melalui cabang dan unit terdekat disetiap walayah. Selain itu saat ini BRI juga sudah mendukung pembukaan rekening secara online.

Jika anda seorang yang memiliki mobilitas harian tinggi di dalam negeri ataupun luar negeri tidak perlu cemas apabila inggin menggunakan kartu debet anda. Bank BRI sudah bekerjasama dengan jaringan ATM  lain seperti ATM Link, Jaringan Prima, ATM Bersama, Cirrus, dan juga Maestro.

Memiliki Fitur E-Banking yang Berkualitas

Layanan penting untuk era saat ini sudah disapkan untuk nasabah bank BRI. Dengan Fitur online E-Banking anda tidak membutuhkan waktu yang banyak untuk melakukan transaksi keuangan. Akses fitur e-banking sangat mudah dilakukan karena sangat simple sehingga dapat dengan cepat dimengerti.

Mengirim Uang Secara Rutin dan Otomatis

Jika anda orang yang sangat sibuk dengan pekerjaan harian anda, fitur Automatic Fund Transfer (AFT), Account Sweep, dan Automatic Grab Fund (AGF) yang di miliki semua produk tabungan bank BRI memastikan tidak ada transaksi keuangan yang terlewat oleh anda. 

Dengan fasilitas tersebut anda bisa mengirim uang secara otomatis dan terjadwal sesuai dengan waktu yang anda tentukan sendiri. Layanan sangat tepat digunakan untuk membayar angsuran secara tepat waktu, sehingga tidak ada hal yang terlewatkan disaat kesibukan anda tidak bisa dihindari.

Memberikan Perlindungan dari Risiko Kecelakaan Diri

Selain bermanfaat untuk menabung, Bank BRI juga memberikan fasilitas layanan perlindungan diri. Jika anda mempunyai saldo minimal Rp. 500 ribu di Tabungan Britama, maka anda berhak memiliki jaminan perlindungan jika terjadi kecelakaan diri sebesar 250% dari saldo aktual anda saat ini. Nilai pertanggunan maksimal dari manfaat ini hingga Rp. 150 Juta.

Kurang untung dimana lagi? Selain bisa di gunakan untuk menyimpan uang anda secara aman, keselamatan diri anda juga sudah memiliki persiapan keamanan jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Kesimpulan

Menabung merupakan salah satu rencan untuk mempersiapkan kekuatan finansial anda di masa depan. Apapun jenis tabungan yang anda pilih pastinya akan memberikan manfaat yang besar pada akhirnya.

Tabungan juga menjadi dana cadangan yang dapat dimanfaatkan apabila terjadi hal-hal mendesak diwaktu yang tidak tapat. Ayo menabung!