Rendra Masdrajad Safaat

Campuran Etanol dalam Pertamax: Apakah Aman untuk Kendaraan Anda?

Pertamax
Pertamax bakal dicampur etanol.

WartaJatim.co.id9 Juni 2023 – Pertamax, salah satu jenis bahan bakar populer di Indonesia, saat ini akan menghadirkan inovasi dengan campuran etanol. Pertanyaan yang muncul adalah apakah campuran etanol dalam Pertamax aman untuk kendaraan Anda?

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi pengaruh campuran etanol dalam Pertamax terhadap kinerja dan keandalan kendaraan, serta memberikan pemahaman yang lebih baik tentang keamanannya.

Internship Warta Jatim

Pertamina akan meluncurkan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis baru bulan depan, yaitu campuran antara Pertamax dan Etanol. BBM baru ini ditujukan untuk kendaraan bensin. Etanol yang digunakan berasal dari produk samping tebu.

Pengembangan BBM baru ini merupakan upaya Pertamina dalam mewujudkan kemandirian energi. Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, menyatakan bahwa sumber etanol berasal dari molase tebu, cassava, singkong, dan jagung. Potensi sumber daya alam Indonesia sangat besar untuk menghasilkan etanol tersebut.

Namun, apakah campuran etanol dalam BBM aman untuk digunakan pada mobil?

Pabrikan seperti Toyota, Mitsubishi, dan Hyundai memberikan rekomendasi mengenai penggunaan campuran etanol dalam kendaraan mereka.

Mereka menekankan pentingnya mematuhi batasan kandungan etanol yang disarankan dan menggunakan bahan bakar dengan angka oktan yang sesuai. Selain itu, perawatan kendaraan secara rutin juga sangat penting untuk menjaga kinerja dan keandalan mesin.

Dalam buku panduan manual Toyota Avanza, penggunaan campuran etanol dalam mesin masih diperbolehkan dengan batasan kandungan maksimal 10%. Hal ini juga berlaku untuk Mitsubishi Xpander dan Hyundai Stargazer.

Toyota dan Mitsubishi menekankan pentingnya memastikan bahwa campuran bahan bakar dengan etanol memiliki angka oktan sesuai dengan rekomendasi, minimal 90 atau lebih tinggi.

Selain itu, Hyundai Stargazer memperingatkan untuk tidak menggunakan gasohol yang mengandung lebih dari 10% etanol atau bensin/gasohol yang mengandung metanol.

Baca Juga  Napoli Akhirnya Memenangkan Gelar Juara Serie A Setelah Menanti Selama 33 Tahun

Penggunaan bahan bakar tersebut dapat menyebabkan masalah drivability dan kerusakan pada sistem bahan bakar, sistem kontrol mesin, dan sistem kontrol emisi.

Pertimbangkan Kendaraan dan Rekomendasi Pabrikan

Dalam kesimpulannya, campuran etanol dalam Pertamax dapat digunakan dengan aman dalam batasan kandungan yang ditetapkan oleh pabrikan. Penting untuk mempertimbangkan rekomendasi pabrikan, memastikan angka oktan yang sesuai, dan melakukan perawatan kendaraan yang tepat.

Dengan pemahaman yang baik dan perhatian terhadap detail ini, Anda dapat memanfaatkan keuntungan dari campuran etanol dalam Pertamax tanpa mengorbankan kinerja dan keandalan kendaraan Anda.

Media Partner Warta Jatim