Cara Mencegah dan Mengatasi Eye Bag di Bawah Mata

eye bag artinya

Karena kesibukan, tak jarang orang begadang sehingga tidak mendapat istirahat yang cukup. Hal ini dapat menimbulkan efek buruk bagi kesehatan. Salah satu efeknya adalah munculnya eye bag di bawah mata. Munculnya eye bag dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan mengganggu penampilan.

Apa Itu Eye Bag?

Menurut Mayo Clinic, eye bag artinya pembengkakan ringan yang terjadi di area kulit di bawah mata. Hal ini umum terjadi seiring bertambahnya usia dimana jaringan di sekitar mata dan otot yang menopang kelopak mata mulai melemah.

Eye bag bukanlah masalah kesehatan yang serius. Penanganannya dapat dilakukan di rumah dengan melakukan kompres dingin.

Penyebab Munculnya Eye Bag

Faktor-faktor yang dapat mengakibatkan munculnya eye bag di bawah mata kamu menurut Cleveland Clinic, antara lain:

  • Dehidrasi
  • Kurang tidur
  • Iritasi yang disebabkan oleh kosmetik
  • Penuaan
  • Genetik
  • Kebiasaan merokok
  • Alergi

Baca juga : Obat Mata Herbal Terbaik

Cara Mencegah Eye Bag

Berikut ini cara praktis untuk mengatasi eye bag, yaitu:

1. Tetap Terhidrasi

Kalau kamu tidak minum air dalam jumlah yang cukup, kamu bisa mengalami dehidrasi. Dehidrasi bisa mengakibatkan timbulnya kantung di bawah mata. Maka dari itu, minumlah air secukupnya setiap hari.
Selain dapat mencegah timbulnya kantung mata, minum air yang cukup juga bagus untuk kesehatan tubuh, terutama organ ginjal.

2. Menggunakan Retinol

Menurut Health Line, krim retinol bisa dipakai untuk atasi berbagai masalah kulit yang meliputi psoriasis, jerawat, dan sebagainya. Retinol tersedia dalam bentuk cair, gel, dan krim.

Pemakaian retinol biasanya dilakukan sekali sehari. Sebelum pakai retinol, kamu harus melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit.

Baca Juga  Mari Simak Bagaimana Politik dari Perspektif SEO

3. Memakai Sunscreen Setiap Hari

Sunscreen merupakan skincare yang bermanfaat untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Memakai sunscreen dapat membantu mengatasi kantung mata dan dark circle. Saat memakai sunscreen, sebaiknya pilih yang mengandung minimal SPF 30.

4. Mencuci Wajah Sebelum Tidur

Mencuci wajah sebelum tidur dapat membantu mencegah munculnya kantung mata. Mencuci wajah sebelum tidur sangat penting terutama saat kamu mengenakan riasan. Jika riasan tidak dibersihkan dengan baik, kulit bisa mengalami reaksi alergi.

Bahkan, kulit bisa terkena infeksi sehingga timbul bengkak, kemerahan, dan gejala lainnya.

5. Konsumsi Makanan yang Mengandung Zat Besi

Kekurangan zat besi dapat mengakibatkan munculnya kantung di bawah mata. Selain itu, kulit pun akan menjadi pucat. Contoh makanan yang mengandung zat besi, antara lain seafood, kacang polong, kangkung, bayam, kismis, sereal, roti, dan pasta.

6. Berhenti Merokok

Merokok bisa menimbulkan berbagai masalah kulit, seperti munculnya kantung mata, keriput, dark circle, menipisnya kulit, dan sebagainya. Merokok juga bisa tingkatkan risiko penyakit pernapasan, seperti asma dan bronkitis. Berhenti merokok dapat membuat kamu terhindar dari berbagai masalah kulit dan penyakit tersebut.

7. Memakai Pelembab Kulit

Agar kesehatan kulit terjaga, pakailah produk pelembab kulit. Pilih pelembab dengan formula yang lembut untuk kulit. Kulit yang lembab akan terhindar dari iritasi.

Baca Juga Sereh sebagai Bahan Alami untuk Mengatasi Kulit Kering dan Menghidrasi Kulit Wajah

Cara Mengatasi Eye Bag

Munculnya kantung mata dapat diatasi dengan memakai kompres dingin sebagaimana dinyatakan oleh American Academy of Ophthalmology. Caranya cukup mudah. Siapkan kain yang bersih dan air dingin. Basahi kain dengan air. Kemudian, gunakan kain tersebut untuk mengompres area mata kamu selama beberapa menit sambil ditekan dengan lembut. Lakukan cara ini dengan posisi duduk yang tegak.

Baca Juga  Sepak bola Indonesia Berada Di Puncak Klasmen Grup A Pada SEA Games 2023

Ada berbagai faktor yang bisa menyebabkan munculnya eye bag di bawah mata. Hal ini dapat dicegah dengan memakai sunscreen, minum air putih yang cukup, beristirahat yang cukup, dan memakai retinol.

Munculnya eye bag di bawah mata biasanya tidak berbahaya. Jika timbul rasa nyeri, gatal, dan merah di area yang muncul eye bags artinya kamu harus segera menemui dokter mata.

Baca juga : Cara Mengatasi Mata Kering

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)