Cara Mengolah Pisang Menjadi Snack Kekinian untuk Dijual

Pisang ialah buah yang mudah dijumpai. Olahan pisang kekinian juga dapat menjadikan daya jual pada masyarakat. Setelah pandemi yang berlangsung selama sekitar dua tahun, banyak orang yang kreatif dalam membuat olahan pisang kekinian.

Pisang  merupakan buah yang mudah diolah lagi menjadi sebuah produk. Olahan pisang yang sudah biasa dijumpai sejak dahulu ialah keripik pisang. Akan tetapi semakin berkembangnya zaman, masyarakat semakin kreatif dalam mengolah buah tersebut. Pandemi yang kita alami, membuat masyarakat tidak dapat kemana – mana. Oleh karena itu, banyak masyarakat yang memutar otak dan menjadikan olahan pisang kekinian ini menjadi ide untuk berjualan.

Berikut adalah beberapa olahan pisang kekinian yang bisa Anda coba di rumah:

  1. Nugget pisang

Nugget pisang adalah olahan pisang yang tentunya mudah untuk dimasak ulang di rumah. Kalian hanya perlu menyiapkan :

  • pisang
  • tepung panir
  • kulit risol
  • putih telur.

Pertama yang harus disiapkan ialah pisang. Setelah itu bungkus pisang menggunakan kulit risol dan rekatkan dengan putih telur. Setelah semuanya terbungkus, siapkan beberapa putih telur dalam mangkuk dan kocok hingga lepas. Balur pisang yang telah dibungkus dengan kulit risol ke dalam putih telur dan gulingkan dalam tepung panir. Setelah semua terbalur oleh tepung panir, kalian dapat memasukkan nugget pisang tersebut kedalam kulkas setiaknya 15 menit. Setelah 15 menit, kalian dapat menggoreng nugget pisang tersebut.

  1. Pisang cokelat lumer

Tak kalah mudah, pisang cokelat lumer juga mudah untuk dibuat. Kalian hanya perlu menyiapkan :

  • kulit lumpia
  • pisang dengan jenis apapun
  • meises cokelat dan
  • air secukupnya

untuk kulit lumpia, kalian dapat membuatnya sendiri atau bisa juga membeli di frozen food.Potong pisang menjadi dua bagian, lalu letakkan di atas kulit lumpia. Kemudian, beri meises cokelat di atas pisang tersebut. Lipat kulit lumpia dengan pola gulung ke atas sedikit hingga pisang dan meises cokelat tertutup, tarik sisi kanan dan kiri ke tengah, dan gulung lagi ke atas. Oleskan sedikit air di bagian atas untuk membuatnya merekat dengan sempurna. Ulangi proses ini hingga semua pisang dan kulit lumpia habis. Anda dapat menggorengnya langsung atau menyimpannya di dalam kulkas sebagai stok camilan di rumah atau untuk dijual lagi.

  1. Pisang aroma

    Pisang aroma ini sekarang sedang viral dan banyak sekali yang menjual di luar sana. Kalian hanya perlu menyiapkan :

    • Pisang jenis apapun
    • Kulit lumpia
    • Gula
    • Meises cokelat dan
    • Air secukupnya

    Cara pembuatannya ialah, potong pisang menjadi 2 bagian lalu belah lagi menjadi 6 pada setiap bagiannya. Pisang tersebut akan berbentuk stik dan kecil – kecil. Berikutnya susun pisang di atas kulit lumpia dan beri sedikit gula. Lalu gulung sedikit ke atas dan beri meises secukupnya. Setelah itu gulung terus hingga keatas dan oles air secukupnya untuk merekatkan. Kalian dapat menggorengnya untuk dinikmati dan menyimpannya di dalam lemari pendingin apabila mau menyimpannya.

  2. Pancake Pisang

Masyarakat sering menggunakan menu olahan ini sebagai menu sarapan. Tidak hanya itu, kalian juga dapat menjual olahan pisang kekinian ini kepada masyarakat. Kalian hanya perlu menyiapkan :

  • Pisang jenis apapun 2 buah
  • Tepung terigu 4 – 5 sendok makan
  • Telur 1 butir

Pertama-tama, hancurkan 2 buah pisang di dalam mangkuk, kemudian tambahkan 4–5 sdm tepung terigu dan 1 butir telur, aduk rata. Setelah adonan tercampur rata, panaskan wajan teflon dengan margarin. Tuangkan 1 sendok sup adonan pancake ke teflon yang sudah panas. Biarkan hingga pancake berwarna kecokelatan. Anda dapat menyajikan hidangan ini dengan madu atau maple sirup.

Selamat mencoba berbagai olahan pisang kekinian di atas, semoga resep-resep tersebut dapat menginspirasi ide jualan kalian!

Bacalah juga artikel-artikel lain kami, antara lain: Teras Tegal, Cafe Ditempat Wisata Dengan View Alam Yang Fantastis

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)