Cergam vs Komik: Begini Persamaan dan Perbedaan Keduanya

perbedaan antara cergam dan komik

Apakah kamu gemar membaca komik dan cergam? Biasanya cergam (cerita bergambar) dan komik dilengkapi dengan ilustrasi gambar yang menarik. Itulah yang membuatnya tidak bosan untuk dibaca. Apalagi, cerita yang hadir dengan visual menarik lebih mudah diingat oleh pembaca.

Komik dan cerita bergambar mudah ditemukan. Baik berupa cetak maupun digital. Meskipun tampak sama, kedua karya ini tetap memiliki perbedaan. Lewat artikel ini, kita akan memahami perbedaan dan persamaan antara cergam maupun komik.

Apa Itu Cergam dan Komik?

Menurut Brain Academy, cergam atau cerita bergambar adalah cerita yang dilengkapi dengan ilustrasi gambar untuk memperjelas alurnya. Menurut I Wayan Nuriarta dalam Buku Rua Cergam dan Komik, ilustrasi visual ini dapat menjelaskan ekspresi atau karakter tokoh, situasi lingkungan sekitar, dan sebagainya. Salah satu contoh cergam adalah Bona dan Rongrong yang dimuat di majalah Bobo.

Komik adalah karya ilustrasi yang dilengkapi dengan panel untuk menunjukkan alur cerita dan bubble percakapan untuk dialog antartokoh. Salah satu komik yang terkenal adalah Hai, Miiko!

Di Jepang, komik lebih dikenal dengan istilah manga. Komik dan cerita bergambar dapat dibaca di berbagai platform, seperti majalah, surat kabar, media sosial, dan buku.

Persamaan Cergam dan Komik

Berikut beberapa persamaan cerita bergambar dan komik, yaitu:

1. Ilustrasi Gambar

Cerita bergambar dan komik sama-sama dilengkapi ilustrasi yang menarik. Ilustrasi ini dapat memperjelas alur cerita komik dan cergam.

2. Teks Verbal

Sama seperti karya pada umumnya, cerita bergambar dan komik juga dilengkapi dengan teks untuk menyampaikan cerita.

3. Cara Pembuatan

Pembuatan cerita bergambar dan komik diawali dengan penulisan naskah cerita. Kemudian, naskah cerita tersebut ditransformasikan menjadi ilustrasi gambar.

Baca Juga  Contoh Scripting: Panduan Lengkap untuk Pemula

Setelah itu, akan ditambahkan teks. Gambar ilustrasi dan teks verbal saling mendukung jalannya cerita yang disampaikan.

4. Jenis Cerita

Cerita bergambar dan komik merupakan cerita fiksi. Artinya, ceritanya berdasarkan imajinasi penulis, bukan kenyataan. Cerita fiksi ditulis dengan tujuan untuk menghibur pembaca.

Perbedaan Antara Cergam dan Komik

Perbedaan antara cergam dan komik meliputi:

1. Fungsi Ilustrasi Gambar dan Teks

Dalam komik, gambar merupakan elemen utama. Teks berfungsi untuk menjelaskan gambar. Sedangkan dalam cergam, elemen utamanya adalah teks. Gambar menjadi elemen pendukung yang menjelaskan teks.

2. Panjang Teks

Teks yang dicantumkan di cerita bergambar biasanya lebih panjang daripada komik. Sedangkan, teks di komik biasanya lebih singkat dan hanya berupa dialog. Bahkan, ada juga komik yang tidak dilengkapi dengan teks.

3. Dialog

Dalam komik, tokoh-tokohnya dilengkapi dengan bubble percakapan yang berisi dialog. Sedangkan, dalam cergam, dialog antartokoh ditulis dalam narasi cerita tanpa bubble percakapan.

4. Panel

Menurut Sampoerna Academy, komik menggunakan komponen berupa panel-panel untuk memisahkan ilustrasi yang satu dengan yang lainnya. Sebaliknya, pada cergam, tidak terdapat penggunaan panel.

Demikian pembahasan tentang persamaan dan perbedaan antara cergam dan komik. Cerita bergambar dan komik merupakan karya yang membutuhkan kreativitas. Dengan alur cerita yang menarik dan ilustrasi gambar yang mendukung, jadilah karya yang dapat dinikmati oleh semua kalangan.

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)