Cerita Inspiratif Luthfi: Dari Konten Kreator Hingga Mendirikan Kelas Online Youtube!

Luthfi A, seorang konten kreator Youtube.
Luthfi A, seorang konten kreator Youtube.

WARTAJATIM.co.id, 4 Mei 2023 – Perkembangan zaman telah mengubah pola kehidupan masyarakat secara signifikan. Saat ini, media digital dapat dimanfaatkan untuk mencari penghasilan atau pekerjaan, terutama bagi anak muda yang ingin menjadi konten kreator.

Melalui internet, platform-platform ini dapat menghasilkan penghasilan yang cukup besar.

Luthfi A, seorang konten kreator Youtube, adalah salah satu contoh yang mengalami hal tersebut.

Dengan keahlian dan minatnya di bidang digital, teknologi, dan bisnis, ia memilih untuk terjun ke dunia konten kreator dan menggunakan media digital sebagai sarana untuk mengembangkan bakatnya.



Sejak tahun 2016, Luthfi telah mengeksplorasi dunia SEO, algoritma, dan meta data.

Ia mendapatkan pengalaman dari praktisi-praktisi di bidang tersebut, dan pada tahun 2017, ia memulai karir di Youtube dengan mencoba berbagai niche untuk menguji performa masing-masing channel.

Luthfi juga membuka jasa SEO untuk pihak-pihak yang ingin mengembangkan channel-nya, mulai dari artis, perusahaan, hingga organisasi.

Pada tahun 2019, Luthfi mulai terjun sebagai content creator dengan membuat channel pribadinya yang fokus pada pengalaman-pengalamannya dalam berkarya di Youtube.

Ia membahas strategi untuk channel pemula, kesalahan yang sering dilakukan oleh youtuber pemula, serta memberikan tips mengenai monetisasi.

Pada konten pertamanya, Luthfi membahas tentang monetisasi channel musik yang memiliki banyak penggemar, namun sulit untuk memenuhi kebijakan monetisasi dari Youtube.

Banyak pertanyaan dari penonton yang mengalami kesulitan serupa.

Menanggapi permintaan dan pertanyaan tersebut, Luthfi memutuskan untuk membuat grup Facebook bernama Keluarga Youtuber Pemula.

Grup ini bertujuan agar para pelanggan dapat berbagi pengalaman dan informasi terbaru. Hingga saat ini, grup yang didirikan oleh Luthfi telah mencapai 59.000 anggota aktif.

Baca Juga  Pengertian Etos Kerja Menurut Para Ahli

Semakin berkembangnya grup tersebut, minat masyarakat untuk belajar lebih lanjut mengenai Youtube pun muncul. Banyak dari mereka yang ingin belajar secara privat dan dimentori secara langsung.

Melihat permintaan dan peluang yang ada, Luthfi memutuskan untuk membuka kelas online pada bulan Agustus 2020.

Selain karena banyaknya permintaan, ia juga menyadari bahwa pandemi telah mempengaruhi banyak pihak, termasuk menurunnya pendapatan usaha, PHK, dan lain-lain.

Oleh karena itu, kelas ini hadir sebagai solusi bagi orang-orang yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan secara online, terutama di Youtube.

Kelas Youtube ini tersedia secara online dan terbagi menjadi empat level: Basic, Medium, Master, dan Mafia. Materi disusun secara komprehensif dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh pemula.

Saat ini, kelas ini telah diikuti oleh 4.000 peserta. Luthfi berharap kelas ini dapat memberikan dampak positif bagi banyak orang dan pada akhirnya dapat berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah, untuk meningkatkan kemampuan masyarakat Indonesia dalam bidang digital secara lebih luas.



*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)