Convert Word Ke PDF

Bagi para pekerja atau mahasiswa tentunya sudah tidak asing lagi harus berurusan dengan dokumen, entah untuk urusan pekerjaan atau untuk mengumpulkan tugas. Terutama di situasi pandemic saat ini para pekerja di kantoran harus bekerja di rumah, dan para pelajar harus menghindari belajar tatap muka yaitu dengan sekolan online atau biasa disebut daring.

Biasanya bagi para pelajar yang saat ini sedang melakukan pembelajaran dari rumah akan diminta oleg para guru mengirimkan tugas lewat aplikasi google classroom maupun di kumpulkan pribadi ke guru yang bersangkutan. Tidak jarang juga para guru meminta siswa nya untuk mengumpulkan tugas dengan menggunakan dokumen yang berformat pdf.

Mungkin beberapa diantara kalian ada yang sudah terbiasa mengirimkan dokumen dengan format pdf, tetapi masih banyak juga yang belum bisa mengubah file word ke format pdf. Tenang saja karna disini kami memiliki beberapa tutorial cara mengubah file word ke format pdf.

Sekilas Tentang PDF

Menurut penjelasan dari beberapa sumber PDF ( Portable Document Format) adalah format dokumen yang seringkali digunakan untuk mengirim file secara online. Format PDF pertama kali ditemukan oleh Charles Geschke sekaligus salah satu dari pendiri Adibe System pada tahun 1993. Tujuan dari format PDF ini sendiri adalah untuk menampilkan dokumen seperti teks,huruf,gambar, dan grafis dua dimensi.

Cara Convert File Word ke PDF di PC/Laptop

Menggunakan Software Microsoft Word

Mungkin beberapa orang mengira bahwa software Microsoft Word hanya bisa disimpan menggunakan format (.doc) , selain format (.doc) aplikasi serba guna ini juga bisa menyimpan file diantaranya (.webpage, .rtf, dan .pdf). Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi software Microsoft Word.
  2. Pilih file yang ingin di ubah ke PDF setelah itu klik New untuk membuat file baru
  3. Klik file kemudian save /save as bila ingin menyimpan file yang sebelumnya sudah ada
  4. Di bagian save as type, klik .pdf
  5. Klik “save” dan selesai.

Setelah anda  menyimpan PDF, anda tidak akan langsung mendapatkan file tersebut dalam format PDF. Tetapi format PDF nya sudah otomatis tersimpan dan dapat anda buka dengan menggunakan aplikasi software PDF viewer atau reader pilihan anda.

Menggunakan software WPS Office

Yang mengembangkan software ini adalah Vendor kingsoft, software ini juga menawarkan 3 aplikasi yaitu, Writer, Spreadsheet, dan Presentatiin. Dikutip dari website mereka sudah lebih dari 1,2 miliar penginstal yang menginstal software ini. Setiap aplikasi tersebut juga sudah mopatibel dengan file Word, Exel, dan power pint buatan Microsoft. Berikut ini langkah-langkah mengubah file word ke format PDF:

  1. Pertama-tama, pilih dokumen yang ingin anda convert ke PDF.
  2. Klik ‘menu’ lalu pilih ‘export to PDF’
  3. Kemudian beri centang dan pilihlah halaman yang akan anda simpan menjadi PDF
  4. Disini anda dapat mengubah nama file tersebut
  5. Klik ikon Export to PDF jika anda sudah selesai mengatur dan ingin menyimpannya

Di software ini anda juga dapat melakukan convert format word, akan tetapi teks file lainnya seperti Power Point dan Exel. Walaupun software ini kompatibel dengan Microsoft word, akan tetapi tidak smeua font tersedia pada software WPS ofiice ini. Kemungkinan besar anda akan mendapati font pada file yang anda convert pada aplikasi ini menjadi berubah. Anda harus meluangkan waktu untuk mengedit ulang file tersebut juka hal ini terjadi.

Menggunakan Google Drive

Mungkin masih banyak yang tidak tahu, bahwa aplikasi Google Drive yang biasa digunakan sebagai platform penyimpanan ini ternyata juga dapat digunakan unutk mengkonversi file.

Pada aplikas Google Drive anda dapat menggunakan 3 aplikasi yaitu, Docs, Sheets, dan Slides. Karna masing-masing aplikasi tersebut sudah kompatibel  dengan Microsoft Office. Karna hal itu anda dapat mengubahnya ke format lain dengan menggunakan komputer atau laptop yang terkoneksi dengan internet. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama, bukalah aplikasi Google Drive anda
  2. Kemudian unggah file word yang akan anda ubah menjadi PDF ke Google Drive
  3. Klik kanan kemudian pilih ‘open with google docs’ atau klik file tersebut dua kali.
  4. Setelah Google Docs terbuka, klik file lalu arahkan kursor ke download
  5. Pilih “ PDF Document (.pdf) maka sudah secara otomatis file akan berubah  menjadi  format PDF.

Jika anda sudah mengunggah file PDF tadi ke Google Drive, selanjutnya klik tombol pada kanan mouse lalu pilih “Open With” , kemudian “Google Docs”. Setelah itu maka secara otomatis file akan terbuka dalam format yang dapat anda edit dan dapat diunduh dalam format Microsoft Word (.docx).

Menggunakan Situs Web Free PDF Convert

Selain menggunakan aplikasi  anda juga dapat mengkonversi file menggunakan situs gratis yang dapat mengkonversi file. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama bukalah browser kemudian masuk ke website https://freepdfconvert.com/
  2. Kemudian masukkan dokumen word pada halaman utama, lalu klik pilih dokumen word
  3. Selain itu anda juga dapat drag file di tempat yang disediakan
  4. Tinggal menunggu proses konversinya selesai lalu anda download dan selesai.

Cara Convert Word ke PDF Di Android dan Iphone

Untuk dapat mengubah file word menjadi format PDF tidak hanya dapat dilakukan di laptop atau computer saja, anda juga dapat mengkonversi file pada smartphone andoird. Sekarang di playstore juga sudah banyak aplikasi yang menyediankan fitur yang dapat mengkonversi file. Berikut langkah-langkahnya:

Menggunakan Aplikasi Word2PDF Converter

Pada metode kali ini tidak hanya pengguna android saja bagi para pengguna iphone(iOS) juga dapat mengikuti langkah-langkah ini:

  1. Download dan install aplikasi Word2PDF Converter
  2. Buka aplikasi lalu pilih file word yang ingin anda ubah menjadi format PDF
  3. Setelah memilih file akan muncul konfirmasi, lalu pilih “iya nih” .
  4. Lalu tunggu proses konversi dan jika sudah berhasil maka akan muncul keterangan yang berisi lokasi file pdf yang sudah di konversi tadi.
  5. Klik tombol “membuka file” jika anda ingin melihat file yang sudah di konversi.

Menggunakan Aplikasi Word to PDF Converter

Jika anda mencari aplikasi yang dapat mengkonversi file dengan penyimpanan yang sedikit maka aplikasi Word to PDF Converter ini adalah solusinya. Aplikasi ini ukurannya tidak mencapai 2 MB sehingga tidak akan memenuhi ruang pada penyimpanan anda. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Download aplikasi Word to PDF Converter
  2. Buka aplikasi, lalu pada tampilan utama klik ‘Choose File’ dan pilih file word yang ingin anda ubah menjadi PDF.
  3. Klik ‘Convert Now’ , lalu anda tinggal menunggu proses konversi
  4. Jika sudah selesai , download hasilnya dan selesai.

Itulah beberapa tutorial cara mengubah file word menjadi format PDF. Cara ini selain dapat dilakukan menggunakan laptop/komputer bisa juga menggunakan smartphone. Semua metode memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, anda tinggal memilih metode mana yang menurut anda palling mudah untuk di contoh. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Terimakasih dan sampai jumpa.