Dimakamkan di Lamongan, Pendiri PMII KH Nuril Huda Tutup Usia

Lamongan – Indonesia kehilangan salah satu tokoh intelektual dan pendiri Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), KH Nuril Huda, yang tutup usia pada Rabu pagi di Lamongan. Kabar duka tersebut membawa nuansa kepedihan bagi Nahdliyin dan umat Islam di tanah air.

KH Nuril Huda, putra asli kelahiran Kabupaten Lamongan, menghembuskan nafas terakhirnya pada Rabu, 20 Desember 2023, pukul 06.35 WIB di RS Mitra Keluarga Bekasi Timur. Kabar meninggalnya tokoh Muassis PMII ini disampaikan melalui pesan singkat oleh keluarga almarhum.

“Pesan tersebut menyampaikan, ‘Telah berpulang ke Rahmatullah, K.H. Nuril Huda bin K.H. Mohammad Shoib (salah seorang Muassis/Pendiri PMII) pada Rabu, 20 Desember 2023, pukul 06.35 WIB di RS Mitra Keluarga Bekasi Timur,’” begitu bunyi pesan tersebut.

Jenazah almarhum disemayamkan di rumah duka di Kemang Pratama Regency, Jalan Pirus Blok F25, Kota Bekasi, Jawa Barat. Rencananya, prosesi pemakaman akan dilakukan di Lamongan, Jawa Timur, tepatnya di Pondok Pesantren Darul Ulum, Medali, Sugio. Proses pemakaman dijadwalkan dimulai pukul 16.00 WIB dari rumah duka.

Dalam konfirmasi kepada media, seorang anggota keluarga, Rofiqul Umam Ahmad, menyampaikan, “Innalillahi wa inna ilaihi rajiuun. Telah berpulang ke Rahmatullah, K.H. Nuril Huda pada Rabu, 20 Desember 2023. Jenazahnya disemayamkan di rumah duka di Kemang Pratama Regency, Bekasi.”

Pernyataan lain dari keluarga, “Rencana dimakamkan di Komplek Ponpes Darul Ulum, Medali, Kec. Sugio, Kab. Lamongan. Diberangkatkan dari rumah duka Pukul 16.00 WIB.”

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) juga menyampaikan duka mendalam, “KH Nuril Huda adalah salah satu putra terbaik NU yang telah berjuang dengan penuh dedikasi untuk kemajuan umat dan bangsa.”

Baca Juga  Wapres Ajak Masyarakat Menjaga Toleransi dalam Perbedaan Hari Raya Idul Adha

Meninggalnya KH Nuril Huda, selain menjadi kehilangan besar bagi keluarga, juga merupakan duka mendalam bagi para aktivis dan alumni PMII serta seluruh elemen masyarakat yang menghargai peran dan sumbangsihnya dalam pembentukan organisasi mahasiswa terbesar di Indonesia.

Semoga almarhum diterima di sisi Allah SWT dan amal ibadahnya menjadi amal jariah bagi kita semua. Innalillahi wa inna ilaihi rajiuun.

Untuk mendapatkan informasi seputar Jawa Timur lainnya, Anda bisa mengunjungi wartajatim.co.id

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)