Dominasi Bayern Munchen Terancam, Karl-Heinze Riedle Tidak Ambil Pusing

Bayern Munchen

Wartajatim.co.id, 25 Mei 2023 – Karl-Heinze Riedle, legenda Borussia Dortmund, tidak mempermasalahkan anggapan bahwa peluang tim tersebut untuk menjadi juara Liga Jerman musim ini terbuka akibat kesalahan dari Bayern Munchen.

Tim berjuluk Die Borussen yang dilatih oleh Edin Terzic, pada pertengahan musim berada di posisi keenam, namun dengan luar biasa berhasil melonjak ke puncak klasemen Bundesliga dengan hanya satu pertandingan tersisa.

Jika Dortmund berhasil mengalahkan Mainz 05 dalam pertandingan penutup di Signal Iduna Park pada Sabtu (27/5) mendatang, maka mereka akan menjadi juara untuk pertama kalinya sejak 2012 dan sekaligus mengakhiri dominasi Bayern dalam dekade terakhir.

Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa kejatuhan Bayern yang disebabkan oleh kesalahan sendiri juga berkontribusi terhadap kenaikan Dortmund ke posisi puncak. Seperti yang diketahui, Bayern mengganti pelatih mereka dari Julian Nagelsmann dan mengangkat Thomas Tuchel sebagai penggantinya, meskipun klub masih memiliki peluang di tiga kompetisi.

Meskipun Tuchel berhasil memimpin Bayern meraih kemenangan 4-2 atas Dortmund dalam pertandingan debutnya, mantan pelatih Chelsea dan PSG itu tidak dapat menjaga konsistensi. Bayern secara berturut-turut tereliminasi dari DFB-Pokal oleh Freiburg dan dieliminasi oleh Manchester City dari Liga Champions. Gelar Bundesliga juga terancam hilang setelah Bayern kalah 3-1 di kandang sendiri melawan RB Leipzig pekan lalu. Sementara itu, Dortmund naik ke puncak klasemen setelah mengalahkan tuan rumah Augsburg dengan skor 3-0.

 

“Saya tidak ingin berbicara terlalu banyak tentang Bayern Munchen karena saya dari Dortmund, tapi kalau Anda memecat seorang pelatih dan Anda tidak memenangi satu pun gelar padahal sebelumnya masih berada di tiga kejuaraan, jelas akan ada diskusi tentang hal itu,” kata Riedle kepada GOAL Indonesia dalam sesi wawancara virtual yang diadakan Bundesliga.

Baca Juga  Suka Membanding-Bandingkan Ciri Generasi Boomer, Apa Itu?

“Mereka akan duduk bersama dan mengevaluasi keseluruhan musim, tapi itu bukan urusan saya.”

“Bayern biasanya adalah klub yang luar biasa bagus. Mereka membuat keputusan [dengan penunjukan Tuchel], tapi di awal Anda tak pernah tahu apakah itu keputusan tepat atau keliru. Itu bukan urusan saya.”

Pada Sabtu (27/5) malam WIB, pekan terakhir Bundesliga diselenggarakan secara serentak. Dortmund menjadi tuan rumah bagi Mainz di Signal Iduna Park, sementara pada waktu yang sama, Bayern Munchen yang tertinggal dua poin berkunjung ke FC Koln.

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)