Dosen FEB UWKS Surabaya Sukses Selenggarakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat “Membuat Business Plan Yang Disukai Para Investor”

Kegiatan pendampingan dalam pembuatan business plan merupakan upaya penting untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran di kalangan pengusaha mengenai pentingnya merinci visi, misi, serta strategi operasional bisnis mereka.

Kelompok dosen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS), yang terdiri dari Dr. Nurul Aini, Kharis Marpurdianto, dan Novaldy Arief Pradika, berhasil menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema “Membuat Business Plan yang Disukai Para Investor”.

Kegiatan ini sukses dihadiri oleh anggota serta UMKM di Koperasi Syirkah Berkah Bersama dan berlangsung di Surabaya pada hari Minggu (17/6/2023).

Dalam kurun waktu 3 jam, kelompok dosen FEB UWKS Surabaya memberikan panduan kepada para pengusaha dalam menyusun business plan yang dapat menarik minat dan mendapatkan dukungan finansial dari investor. Dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman dalam bahasa Inggris, keuangan, dan pemasaran, kelompok dosen memberikan bimbingan yang mendalam.

“Fokus utama kegiatan ini adalah membantu para pengusaha mengidentifikasi dan merumuskan tujuan bisnis yang sesuai dengan visi mereka,” ujar Dr. Nurul Aini, selaku ketua kelompok pengabdian.

Kegiatan ini juga memberikan bantuan dalam melakukan analisis pasar. Dengan memahami tren industri, kebutuhan konsumen, dan persaingan di pasar, pengusaha dapat mengembangkan strategi yang membedakan bisnis mereka dari pesaing, memberikan nilai tambah bagi investor yang mencari peluang di pasar yang kompetitif.

Dalam aspek keuangan, para pengusaha mendapatkan bimbingan dalam menyusun proyeksi keuangan yang akurat. Estimasi pendapatan, biaya, dan keuntungan membantu pengusaha memberikan gambaran yang jelas kepada investor tentang potensi keuntungan bisnis mereka.

Para pengusaha juga mendapatkan bimbingan untuk mengidentifikasi risiko-risiko bisnis dan merumuskan strategi mitigasi yang sesuai. Investor mencari bisnis yang memiliki rencana tindakan untuk menghadapi risiko. Dengan strategi mitigasi yang terdefinisi baik, pengusaha dapat memberikan kepercayaan kepada investor bahwa bisnis mereka dapat mengatasi tantangan yang mungkin terjadi.

Baca Juga  Tiga Napi Teroris Dipindahkan ke Lapas Kediri, Dibina Agar Kembali Menerima NKRI

Baca juga : Mahasiswa Universitas Negeri Malang Gelar Sosialisasi Anti Bullying

“Saya berharap business plan yang disusun bersama kelompok dosen dapat membantu para pengusaha menarik minat dan mendapatkan dukungan dari investor,” ujar Dr. Nurul Aini.

Melalui kegiatan ini, dosen FEB UWKS Surabaya berperan dalam membantu pengusaha lokal dalam mengembangkan bisnis.

“Kami juga memiliki harapan agar kerjasama antara kelompok dosen dan pengusaha terus terjalin, membentuk ikatan yang erat untuk mewujudkan dampak positif yang berkelanjutan dalam pertumbuhan ekonomi Surabaya,” lanjutnya.

Dengan keyakinan yang ada, kerjasama ini bisa menjadi tonggak kesuksesan bersama, menciptakan lingkungan bisnis yang inovatif dan berdaya saing tinggi di kota Surabaya.

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)