DPD PAPDESI Jatim Bergerak Bersama Masyarakat Desa untuk Mewujudkan Kemandirian Ekonomi

Pengembangan Ekonomi Desa

WartaJatim.co.id, 26 Mei 2023 – DPD PAPDESI Jatim, sebuah organisasi yang mewakili pengurus daerah dari perkumpulan aparatur pemerintah desa di seluruh Jawa Timur, memiliki tekad yang kuat untuk berjuang demi mewujudkan kemandirian ekonomi di tingkat desa guna pengembangan ekonomi desa.

Pernyataan tersebut dilontarkan oleh Ketua DPD PAPDESI Jatim, yaitu Jurianto Bambang, setelah Rapat Koordinasi (Rakor) antara para Kepala Desa di Jawa Timur, yang bertujuan untuk memperhatikan perubahan dalam Revisi UU Desa Nomor 6 Tahun 2014. Rakor tersebut berlangsung di Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, pada hari Senin.

“Saat ini, PAPDESI Jatim telah bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan agar kemandirian ekonomi desa bisa dirasakan langsung oleh masyarakat. Salah satu kerja sama sudah dilakukan bersama pihak perbankan,” ucap Jurianto.

Jurianto menyatakan bahwa pertumbuhan ekonomi di pedesaan dapat tercapai dengan menyediakan akses perbankan yang memberikan suku bunga rendah. Tentu saja, langkah ini akan memberikan dukungan dalam pengembangan ekonomi desa dan kesejahteraan masyarakatnya.

“Sudah marak kredit-kredit yang sekiranya itu bunganya tinggi. Dengan kerja sama perbankan bisa membantu, sehingga nanti ekonomi di desa bisa bertumbuh,” ujar Jurianto.

Jurianto menjelaskan bahwa kolaborasi tersebut memungkinkan pemberian akses perbankan guna mendukung sektor ekonomi yang menjadi keunggulan di setiap desa, seperti pariwisata dan usaha kecil menengah (UKM).

“Kalau memang tidak potensinya di wisata, ya kami dukung dengan potensinya yang lain. Produk unggulan, atau yang lain, yang penting bahwa nanti itu perkembangan ekonomi di desa dengan perbankan bisa baik dan sesuai dengan rencana APBD,” tambahnya.

Jurianto menjelaskan bahwa kerjasama terkait modal juga telah dilakukan dengan berbagai Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan Badan Usaha Milik Desa Mandiri (BUMDesma) di Jawa Timur. Langkah ini diharapkan dapat menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi yang berdampak hingga tingkat nasional.

Baca Juga  Krisis Ekonomi: Pelajaran Berharga untuk Masa Depan

“Nanti, kalau masyarakatnya itu sudah sejahtera, dengan adanya perbankan, saya kira perekonomian sebagai pendongkrak ekonomi nasional bisa berjalan dengan baik,” kata dia.

Jurianto berharap bahwa usaha yang terus dilakukan oleh PAPDESI akan dapat meningkatkan kesejahteraan penduduk desa di Jawa Timur. Jurianto juga menyatakan bahwa para Kepala Desa di seluruh Jawa Timur siap untuk meningkatkan perekonomian di desa-desa.

“Kalau harapannya, mudah-mudahan masyarakat desa kesejahteraannya bisa terjamin dan hidup layak. Kepala desa mengharapkan masyarakat desa sejahtera dan bebas dari kemiskinan. Pertumbuhan ekonomi yang mesti kita tingkatkan,” kata dia.

Pada kesempatan tersebut, PAPDESI Jatim juga mendorong para kepala desa untuk aktif dalam upaya mencapai kemandirian ekonomi desa dengan aspirasi untuk merevisi Pasal 39 UU Desa Nomor 6 Tahun 2014.

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)