Rendra Masdrajad Safaat

Dua Pesawat TNI AU Jatuh di Kawasan Bromo

Dua pesawat milik TNI AU mengalami kecelakaan pada tanggal 16 November 2023 jatuh di sekitar kawasan Bromo, Pasuruan. Dari informasi yang beredar, satu pesawat jatuh di kawasan pertanian wilayah Kundi Penanjakan Bromo dan pesawat kedua jatuh di Watugedeg Keduwung, Kecamatan Puspo.

Dua pesawat yang hilang kontak memiliki nomor ekor pesawat TT-3111 dan TT-3103. Pesawat tersebut terbang untuk melakukan latihan formasi.

Internship Warta Jatim

Pesawat yang hilang kontak tersebut mengalami kecelakaan karena cuaca buruk. Agung Sasongkojati Kadispen TNI AU menerangkan bahwa kondisi pesawat dalam kondisi layak untuk diterbangkan, jadi kecelakaan terjadi murni karena pengaruh cuaca buruk.

Meskipun begitu, pihak TNI AU masih menyelediki penyebab kecelakaan dan menghimbau warga apabila menemukan barang aneh yang berada di sekitar wilayah kejadian untuk tidak memindahkan barang tersebut.

Kronologi Kejadian

4 Pesawat Tempur jenis Super Tucano milik TNI AU take off dari Lanud Abd Saleh pada pukul 10.51 WIB untuk menggelar latihan rutin. Setelah melakukan take off, keempat pesawat tergabung dalam formasi.

Akibat cuaca yang buruk dan awan tebal, keempat pesawat tersebut hilang kontak pada pukul 11.18 WIB. Dua pesawat bisa keluar dari awan dan berhasil mendarat kembali di Lanud Abd Saleh, akan tetapi 2 pesawat hilang.  Dua pesawat yang hilang tersebut jatuh di kawasan Bromo, Pasuruan. Tepatnya di wilayah Kundi Penanjakan Bromo dan pesawat kedua jatuh di Watugedeg Keduwung, Kecamatan Puspo.

Pada saat terjadi kecelakaan tersebut, terdapat warga yang berada di sekitar lereng Gunung Bromo. Warga tersebut kemudian mengabadikan melalui rekaman video dan menginformasikan ke beberapa orang.

Dua pesawat TNI AU yang mengalami kecelakaan mengakibatkan gugurnya 4 perwira yang menjadi awak pesawat tersebut. Empat awak pesawat tersebut yaitu,  Letkol (Anumerta) Yuda A Seta, Kolonel (Anumerta) Sandhra Gunawan, Marsma (Anumerta) Widiono, dan Marsma (Anumerta) Subhan.

Baca Juga  Laporan Harta Kekayaan Janggal, Hari Ini KPK Panggil Kadinkes Lampung Reihana

Pada Jumat pagi tanggal 17 November 2023, keempat jenazah tersebut dilepas dengan penghormatan militer di Lanud Abd Saleh, Malang.

Kecelakaan tersebut menjadi kabar duka bagi TNI AU karena telah kehilangan keempat prajurit terbaiknya.

Untuk membaca berita seputar Jawa Timur, Anda bisa mengunjungi wartajatim.co.id

Media Partner Warta Jatim