Mengintip Harta Kekayaan Bergerak Menkominfo Johnny G Plate yang Kini Tersangka

harta kekayaan
Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate ditahan Kejagung.

WartaJatim.co.id, 17 Mei 2023 – Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate, telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi proyek BTS yang sedang hangat diperbincangkan. Dalam artikel ini, kita akan mengintip harta kekayaan bergerak Johnny G Plate, yang selama ini menjadi misteri.

Johnny G Plate terlihat mengenakan rompi tahanan berwarna merah muda saat diperiksa oleh penyidik. Setelah proses pemeriksaan, Johnny langsung dibawa ke mobil tahanan yang menunggu di depan.



Kasus korupsi yang menjerat Johnny G Plate terkait dengan proyek penyediaan infrastruktur BTS 4G paket 1, 2, 3, 4, dan 5 Bakti Kominfo tahun 2020-2022. Kasus ini diduga merugikan negara hingga mencapai angka fantastis, yaitu sekitar Rp 8 triliun.

Namun, kali ini kita akan melihat sisi lain dari Johnny G Plate, yaitu harta kekayaan dan kendaraan yang ada di garasinya. Johnny telah melaporkan seluruh harta kekayaannya ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pada Maret 2022.

Berdasarkan LHKPN tersebut, tercatat bahwa Johnny G Plate memiliki total harta senilai Rp 191 miliar. Harta kekayaannya ini didominasi oleh tanah dan bangunan yang tersebar di berbagai lokasi, seperti Depok, Jakarta Selatan, Kota Manggarai, Jakarta Timur, dan Cilegon. Total nilai tanah dan bangunan yang dimiliki Johnny mencapai Rp 141 miliar.

Selain itu, Johnny G Plate juga melaporkan kepemilikan dua unit mobil dalam LHKPN tersebut. Kendaraan pertama adalah Toyota Alphard Minibus tahun 2013 dengan nilai sebesar Rp 320 juta, sedangkan kendaraan kedua adalah Mitsubishi Colt Truck tahun 2013 senilai Rp 140 juta.

Namun, perlu dicatat bahwa dalam aktivitas sehari-harinya, Johnny G Plate sering terlihat menggunakan mobil mewah Mercedes-Maybach, yang tidak tercantum dalam laporan harta kekayaannya. Selain itu, dua unit Toyota Fortuner yang baru saja digeledah oleh penyidik di Kejaksaan Agung juga tidak terdaftar dalam LHKPN perolehan tahun 2021.

Baca Juga  Kesulitan dalam Memfilter Kebenaran Informasi di Era Kemajuan Teknologi

Selain harta berupa tanah, bangunan, dan kendaraan, Johnny G Plate juga memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp 3,612 miliar, surat berharga senilai Rp 4,113 miliar, serta kas dan setara kas senilai Rp 51,939 miliar. Namun, dalam laporan harta kekayaannya, Johnny juga mencantumkan utang senilai Rp 10,352 miliar.

Demikianlah sedikit gambaran mengenai garasi pribadi Johnny G Plate yang kini tengah menjadi sorotan publik. Informasi mengenai harta kekayaan dan kendaraan yang dimilikinya memberikan sedikit wawasan tentang gaya hidup dan kekayaan yang dimiliki oleh seorang Menteri Komunikasi dan Informatika.



*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)