Event CEO Meet Up STASION X 1000 Startup Digital Yakinkan Wahyu Hidayat, Kota Malang Mampu Menjadi Start Up City

Meet Up STASION X 1000 Startup Digital: Kota Malang Mampu Menjadi Start Up City

Malang, 1 Februari 2024 – Pj Wali Kota Malang, Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM, secara resmi menyatakan dukungannya untuk mengubah Kota Malang menjadi pusat inovasi dan teknologi yang dikenal sebagai “Start Up City.”

Saat ini, Kota Malang kini menjadi tempat bagi 186 startup dan studio, di mana 10 di antaranya berhasil mencapai valuasi lebih dari Rp.2 miliar per tahun. Fakta ini, ditambah dengan keberadaan lebih dari 22 komunitas digital, 25 co-working space, dan 21 kampus berbasis IT, menjadikan Kota Malang sebagai model dalam perkembangan ekosistem startup.

Dalam CEO Meet Up yang diselenggarakan di Malang Creative Center (MCC) pada Kamis lalu, Wahyu Hidayat menyatakan keyakinannya terhadap potensi besar Kota Malang sebagai “Start Up City.” “Melihat potensi tersebut, saya yakin Kota Malang akan siap menjadi startup city seperti harapan Kementerian Kominfo RI,” ungkap Wahyu.

baca juga: Menjaga Bumi dan Generasi Bersama Kepoin di Festival Mbois 8 MCC Malang

Acara ini tidak hanya merupakan wadah diskusi produktif antara 30 CEO/Founder Start up Digital Kota Malang, tetapi juga menjadi platform bagi mereka untuk memberikan saran dan masukan strategis kepada pemerintah pusat dan daerah. “Saran dan masukan dari pelaku ekonomi kreatif ini sangat penting untuk suksesnya pembangunan ekraf di Kota Malang,” tambah Wahyu, menggarisbawahi peran vital pelaku industri kreatif dalam kemajuan kota.

Dalam proses pendirian startup, peran fasilitator dan dukungan pemerintah menjadi pokok penting. Selain itu, pentingnya fokus tidak hanya pada acara, tetapi juga pada pemetaan dan pendanaan yang jelas, dengan ide pembuatan end to end startup mapping.

Baca Juga  Sanksi Tegas untuk Penumpang KA 'Bablas' Stasiun Tujuan, Berlaku Efektif Hari Ini!

Dengan pertumbuhan ekonomi kreatif mencapai 10.01% pada tahun 2022, acara ini menjadi tonggak penting untuk membuktikan ketangguhan Kota Malang pasca pandemi. Wahyu Hidayat berharap agar kegiatan ini menjadi pemicu bagi startup Kota Malang, mendorong mereka menjadi pelopor dalam pengembangan kreativitas, serta merintis ekosistem digital yang berkelanjutan di Kota Malang.

Dukungan sepenuhnya dari Pj Wali Kota Malang merupakan kunci sukses dalam merealisasikan ambisi Kota Malang sebagai “Start Up City.” Semangat untuk menjadi pusat inovasi dan teknologi semakin terasa di tengah pesatnya perkembangan ekonomi kreatif dan digital di Indonesia.

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)