Event Super Sirkel : Meraih 100 Juta Pertama dari Menulis? Bisa!

Para peserta workshop 100 Juta dari Menulis, Bisa (dok.casakreatif.com)
Para peserta workshop 100 Juta dari Menulis, Bisa (dok.casakreatif.com)

MALANG, 12 Desember 2023 — Dalam era digitalisasi ini, literasi digital menjadi kunci utama kesuksesan, terutama bagi para penulis dan blogger. Workshop Super Sirkel berjudul “100 Juta dari Menulis? Bisa!” yang diselenggarakan di EJSC Bakorwil Malang telah menggugah semangat para penulis dan blogger untuk meraih kesuksesan finansial melalui karya mereka.

Super Sirkel sendiri adalah komunitas yang mendukung suara Perempuan untuk bersinergi dan berdaya. Super Sirkel juga sebagai wadah bagi para Digital Entrepreneur yang berfokus kepada sharing dan peningkatan skill antar content kreator baik blogger, youtuber, podcaster dan masih banyak lagi lainnya.

Ibu Dilah Judi, selaku Kepala Bidang Sarana Prasarana EJSC Bakorwil Malang, membacakan sambutan tertulis dari Bapak Bakorwil yang berhalangan hadir. Beliau menyampaikan urgensi pengembangan kemampuan literasi digital dan copywriting, serta pentingnya peningkatan softskill dan kompetensi minor untuk tetap bersaing dan berkembang.

“Kemampuan literasi digital dan copywriting sangatlah penting dan perlu untuk diasah. Peningkatan softskill dan kompetensi minor menjadi keniscayaan untuk tetap bertahan dan memiliki daya saing,” ungkap Ibu Dilah Judi.

Workshop hari ini, Selasa, 12 Desember 2023 menjadi bagian dari kegiatan mendukung pengembangan ekonomi kreatif dan pelaksanaan program prioritas Gubernur Jawa Timur melalui Program Millenial Job Center di wilayah Bakorwil 3 Malang.

Jihan Mawadah narasumber workshop 100 Juta dari Menulis, Bisa
Jihan Mawadah narasumber workshop 100 Juta dari Menulis, Bisa (dok.casakreatif.com)

Materi inti workshop seputar profil Jihan Mawaddah, seorang penulis dan blogger berpengalaman yang berbagi cerita suksesnya dalam meraih 100 juta pertama dari blog. Dengan jam terbang tinggi dan lebih dari seribu lima ratus artikel di blog pribadinya, www.jeyjingga.com, Jihan Mawaddah memberikan pandangan dan strategi yang dapat diikuti oleh para peserta.

Baca Juga  Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Membayar Pajak, Pemerintah Kota Malang Luncurkan SPPT PBB 2024

“Menulis bukan sesuatu yang berbeda dari pekerjaan-pekerjaan lain. Ia memerlukan latihan dan kekeraskepalaan. Tanpa latihan, Anda hanya akan menjadi penulis yang tidak pintar membikin kalimat,” kata Jihan Mawaddah, menekankan pentingnya konsistensi dan latihan dalam menulis.

Pembahasan dalam workshop mencakup sumber penghasilan bagi penulis, hal-hal yang perlu diperhatikan saat memulai menulis, serta langkah-langkah menuju monetisasi blog. Peserta tidak hanya mendapatkan ilmu, tetapi juga kesempatan untuk praktik menulis cepat yang diikuti dengan proyek bersama sebagai tindak lanjut dari workshop.

Adi Prasetyo, Advisor EJSC Malang, turut memberikan tambahan informasi tentang layanan EJSC Malang dan mendorong peserta untuk aktif mengikuti acara demi memaksimalkan manfaatnya.

“Saya berharap di kegiatan ini, teman-teman bisa lebih aktif karena memang banyak materi yang sangat bermanfaat. Hari ini, saya telah menutup pengunjung lain di EJSC agar kita bisa memaksimalkan acara ini bersama-sama,” kata Adi Prasetyo.

Dengan diadakannya workshop ini, para peserta diharapkan dapat mengambil manfaat maksimal dan meraih sukses dalam meraih 100 juta pertama dari blog mereka. Konsistensi, latihan, dan implementasi kreativitas menjadi kunci utama dalam meraih kesuksesan ini, sebagaimana diutarakan oleh Jihan Mawaddah.

Event 100 juta pertama dari blog ini juga di sponsori oleh Casa Kreatif. “Casa Kreatif sendiri adalah media agensi yang lahir dari blogger, terbentuk di awal tahun 2021. Saat ini Casa Kreatif memiliki beberapa divisi yang berfokus di pengembangan industri kreatif, seperti Media Placement, SMM, Ads, Content Marketing dan Website Development.” ujar Karyati Niken S selaku CEO Casa Kreatif

Awesam, brand lokal asal Malang juga mensponsori event ini. Awesam sendiri telah meramaikan fashion di kota Malang sejak tahun 2020. Terkenal dengan desain anti mainstream, Awesam menawarkan koleksi kaos, jaket, topi, dan tas dengan sentuhan kreatif yang mengangkat elemen-elemen budaya, ikonik, dan bahasa khas Malang.

Baca Juga  Primaland Komitmen Meningkatkan Penjualan Properti dan Optimis Targetkan Donasi 1,5 M untuk Palestina

Workshop ini diakhiri dengan semangat tinggi dan antusiasme dari para peserta untuk segera mengimplementasikan ilmu yang didapatkan. Doorprize dan hadiah dari EJSC, Awesam dan Casa Kreatif semakin menambah semangat para peserta dalam mengejar kesuksesan.

Salah satu peserta dari Malang, Andra memberikan kesan akan acara workshop ini, “Senang banget karena acaranya bisa dihadiri oleh umum bukan dari instansi tertentu. Karena saya kerjanya hanya freelance dan ibu rumah tangga, melalui acara ini sangat memudahkan saya untuk mendapatkan ilmu. Harapannya semoga sering ada acara seperti ini sehingga bisa menambah ilmu dan punya banyak relasi juga.”

Semua pihak yang terlibat dalam workshop ini berharap agar kegiatan ini dapat menjadi langkah awal menuju perubahan positif dalam karier dan kehidupan para penulis dan blogger di wilayah Bakorwil Malang.

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)