Rendra Masdrajad Safaat

Fifa Terkejut Ada Banyak Yang Tidak Berhasil Seleksi Kompetensi Wasit

seleksi kompetensi wasit

WartaJatim.co.id 22 Juni 2023 – PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah melakukan berbagai persiapan untuk menyambut dimulainya Liga 1 2023. Salah satu persiapan tersebut adalah melakukan seleksi kompetensi terhadap 161 wasit. Hasil seleksi menunjukkan bahwa hampir 90 persen dari wasit yang mengikuti seleksi tidak memenuhi kompetensi untuk memimpin pertandingan di Liga 1.

Seleksi wasit ini dilakukan karena Indonesia berencana menerapkan teknologi VAR dalam Liga 1. FIFA juga melakukan verifikasi terkait kelayakan, termasuk memeriksa Sumber Daya Manusia (SDM).

Internship Warta Jatim

“FIFA terus mengawasi kita. Proses seleksi wasit telah berlangsung. FIFA merasa terkejut karena dari 160-an wasit yang tengah seleksi, hanya 18 yang berhasil lolos,” ungkap Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus kepada wartawan.

Dari 18 wasit Indonesia yang berhasil lolos seleksi, FIFA masih mempertanyakan kompetensi mereka. “Ini menjadi perhatian FIFA apakah 18 wasit ini benar-benar sesuai dengan kualifikasi yang diperlukan,” tambah Ferry.

Pertanyaan muncul mengenai berapa jumlah wasit Indonesia yang memiliki lisensi FIFA? Jawabannya adalah iya. Indonesia memiliki beberapa wasit yang telah memperoleh lisensi FIFA. Setiap tahun, Komite Wasit FIFA memperbarui daftar wasit yang memenuhi syarat untuk memimpin pertandingan sepak bola internasional.

Berikut adalah data dari Komite Wasit FIFA 2023 tentang wasit Indonesia yang memiliki lisensi FIFA.

Wasit Utama (5 Orang):

Thoriq Munir Alkatiri (bertugas sejak 2014)
Yudi Nurcahya (2018)
Fariq Hitaba (2020)
Sance Lawita (2022)
Aprisman Aranda (2022)

Asisten Wasit (7 Orang):

Bangbang Syamsudar (bertugas sejak 2013)
Nurhadi (2014)
Beni Andriko (2014)
I Gede Selamet Raharja (2019)
Azizul Alimmudin Hanafiah (2020)
Fajar Furqon (2020)
Muhammad Akbar Jamaluddin (2022)

Baca Juga  Proses Rekrutmen Tenaga Romusha oleh Pemerintah Jepang

hanya ada 12 wasit yang telah lolos seleksi fifa

Media Partner Warta Jatim