Gaji Anggota KPPS Naik Signifikan untuk Pemilu 2024: Komitmen Tingkatkan Kualitas Demokrasi

Seiring dengan pendekatan Pemilu 2024, perhatian terhadap kelancaran proses demokrasi semakin menjadi sorotan. Salah satunya adalah Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), yang baru-baru ini mengalami peningkatan gaji yang signifikan.

Dalam pengumuman resminya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menegaskan kenaikan gaji ini sebagai bentuk komitmen untuk meningkatkan kualitas demokrasi.

Baca juga : Kapolres Malang Ingatkan Netralitas Polri dalam Pemilu 2024

Parsadaan Harahap, Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi, Pendidikan, Pelatihan, dan Penelitian Pengembangan KPU RI, menyoroti pentingnya dukungan finansial yang memadai bagi petugas KPPS.

“Kenaikan gaji KPPS merupakan upaya konkret untuk menghargai peran mereka dalam memastikan proses pemilihan berjalan dengan lancar,” ujarnya.

Menurut data yang dirilis oleh KPU, gaji KPPS pada Pemilu 2024 mengalami lonjakan yang signifikan dibandingkan dengan pemilihan sebelumnya.

Baca juga : KPU RI Ambil Langkah Tegas Kelalaian Distribusi Surat Suara Pemilu 2024 ke Taiwan

Ketua KPPS akan menerima gaji sebesar Rp 1.200.000, sementara anggota KPPS akan mendapat Rp 1.100.000. Ini merupakan peningkatan yang cukup besar jika dibandingkan dengan gaji pada Pemilu sebelumnya, yang hanya sekitar setengah dari jumlah saat ini.

Tidak hanya gaji, namun pihak KPU juga memberikan perhatian terhadap kebutuhan praktis anggota KPPS. Sebagai upaya mendukung pelaksanaan tugas dengan baik, mereka juga disiapkan dengan alokasi pulsa untuk keperluan komunikasi seluler.

“Pulsanya bisa dipakai pada hari-H dengan kuota yang cocok untuk kepentingan tugas,” kata Parsadaan.

Baca juga : Caleg PAN Bondowoso, Erfin Dewi Sudanto, Rela Jual Ginjal Demi Kampanye

Hal ini adalah bagian dari upaya untuk meringankan beban teknis anggaran bagi anggota KPPS. KPU RI menegaskan bahwa semua sumber pendanaan honorer KPPS didukung oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), menunjukkan komitmen serius pemerintah dalam mendukung proses demokrasi yang berkualitas.

Baca Juga  Menyentuh! Kisah Taubatnya Pembunuh 100 Orang yang Masuk Surga

Sebagai bagian dari badan adhoc yang bertanggung jawab langsung dalam pemungutan suara, KPPS memiliki peran yang krusial.

Untuk mendapatkan informasi lainnya, Anda dapat mengunjungi wartajatim.co.id

 

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)