Rendra Masdrajad Safaat

Gamers Wajib Tahu! 7 Konsol Nintendo yang Unik dan Inovatif

konsol nintendo

Nintendo merupakan salah satu perusahaan game paling sukses di dunia. Selama lebih dari 50 tahun, Nintendo telah merilis berbagai konsol game yang inovatif dan unik. 

Konsol-konsol tersebut telah mengubah cara orang bermain game. Hal tersebut merupakan salah satu faktor yang menjadikan Nintendo sebagai salah satu merek paling populer di dunia.

Internship Warta Jatim

Setiap konsol memiliki daya tariknya sendiri, menciptakan pengalaman bermain game yang tak terlupakan. Beberapa konsol Nintendo bahkan dianggap sebagai salah satu konsol game terbaik sepanjang masa.

Dalam artikel ini, kita akan membahas deretan konsol Nintendo yang unik dan inovatif. Kita akan melihat tahun perilisan, total penjualan, dan keunikan dari masing-masing konsol.

Konsol Nintendo yang Unik dan Inovatif

1. Super Nintendo Entertainment System (SNES)

Tahun perilisan: 1990

Total penjualan: 49,1 juta unit

SNES dirilis pada tahun 1990 dan merupakan penerus dari konsol Nintendo Entertainment System (NES). SNES memiliki grafis dan suara yang lebih baik dari NES. 

Konsol ini juga dapat menggunakan cartridge berukuran 16-bit. Selain itu, pemain dapat menyimpan progres permainannya.

Keunikan SNES terletak pada grafis dan audionya yang lebih baik daripada konsol game sebelumnya. SNES juga sempat memperkenalkan mode 4-player yang jadi fitur inovatif pada masanya.

SNES memiliki beberapa game eksklusif yang populer seperti Super Mario World, The Legend of Zelda: A Link to the Past, dan Donkey Kong Country

2. Game Boy Advance (GBA)

Tahun perilisan: 2001

Baca Juga  Menciptakan Kehidupan Yang Lebih Tenang dan Bermakna Dengan Slow Living

Total penjualan: 81,5 juta unit

Game Boy Advance dirilis pada tahun 2001 dan merupakan penerus dari konsol Game Boy Color. GBA memiliki layar warna yang lebih besar dan lebih tajam dari Game Boy Color.

Berkembang dari konsol sebelumnya, GBA dapat memainkan cartridge berukuran 32-bit. Selain itu, GBA memiliki fitur yang memungkinkan pemain untuk memainkan game dari konsol sebelumnya.

GBA juga memiliki fitur GBA Link Cable yang memungkinkan dua konsol GBA terhubung satu sama lain.

Keunikan Game Boy Advance terletak pada layar warnanya yang lebih besar dan lebih terang daripada konsol handheld sebelumnya. 

GBA memiliki beberapa game eksklusif yang populer seperti Pokémon Ruby dan Sapphire, The Legend of Zelda: The Minish Cap, dan Metroid Fusion

3. Nintendo 64 (N64)

Tahun perilisan: 1996

Total penjualan: 32,9 juta unit

Nintendo 64 dirilis pada tahun 1996 dan merupakan konsol game pertama yang menggunakan kartu memori. N64 juga memiliki controller yang unik dengan joystick analog dan tombol-tombol yang dapat ditekan secara bersamaan.

Nintendo 64 juga mampu memainkan game 3D. Selain itu, pemain dapat menggunakan kontroler tambahan sebagai aksesoris.

Keunikan Nintendo 64 terletak pada kontroler analognya yang memungkinkan pemain untuk bergerak dan membidik dengan lebih presisi. 

N64 memiliki beberapa game eksklusif yang populer seperti Super Mario 64, The Legend of Zelda: Ocarina of Time, dan GoldenEye 007

4. Nintendo DS (NDS)

Tahun perilisan: 2004

Total penjualan: 154 juta unit

Nintendo DS dirilis pada tahun 2004 dan merupakan konsol game handheld pertama yang memiliki layar sentuh. 

NDS memiliki dua layar, yaitu layar atas yang digunakan untuk menampilkan game dan layar bawah yang digunakan untuk menampilkan menu atau kontrol game.

Baca Juga  Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir Sabet Gelar Juara Dunia Kedua

Selain itu, NDS memiliki kamera internal yang memungkinkan pemain untuk mengambil foto dan video

Total penjualan Nintendo DS mencapai lebih dari 154 juta unit menjadikannya sebagai konsol handheld terlaris sepanjang masa.

Keunikan Nintendo DS terletak pada dua layarnya yang dapat digunakan untuk berbagai macam fungsi, seperti bermain game, membaca e-book, dan mengakses internet. 

Nintendo DS memiliki beberapa game eksklusif yang populer seperti New Super Mario Bros., Pokémon Diamond dan Pearl, dan Animal Crossing: Wild World

5. Nintendo 3DS (3DS)

Tahun perilisan: 2011

Total penjualan: 75,9 juta unit

Nintendo 3DS dirilis pada tahun 2011 dan merupakan konsol pertama yang menghadirkan efek 3D tanpa kacamata. 3DS juga memiliki layar sentuh dan dua layar seperti NDS.

Salah satu fitur unik milik 3DS adalah StreetPass yang memungkinkan pemain untuk bertemu dengan pemain lain di jalan secara acak

Keunikan Nintendo 3DS terletak pada kemampuannya untuk menghasilkan gambar 3D tanpa memerlukan kacamata khusus.  

Nintendo 3DS memiliki beberapa game eksklusif yang populer seperti Super Mario 3D Land, The Legend of Zelda: Ocarina of Time 3D, dan Pokémon X dan Y

6. Nintendo Wii (Wii)

Tahun perilisan: 2006

Total penjualan: 101,6 juta unit

Wii dirilis pada tahun 2006 dan merupakan konsol game rumahan pertama yang menggunakan fitur motion controller pada Wii Remote. Wii Remote memungkinkan pemain untuk mengontrol game dengan gerakan tangan mereka.

Salah satu game Wii yang unik dan sangat populer adalah Wii Sports. Wii Sports yang merupakan game olahraga yang mudah dipelajari dan dinikmati oleh semua orang.

Keunikan Wii terletak pada kontroler Wii Remote yang memungkinkan pemain untuk berinteraksi dengan game dengan gerakan tubuh mereka. 

Baca Juga  Momen Bahagia Pernikahan BCL dan Tiko

Wii memiliki beberapa game eksklusif yang populer seperti Super Mario Galaxy, The Legend of Zelda: Twilight Princess, dan Wii Sports.

7. Nintendo Switch (Switch)

Tahun perilisan: 2017

Total penjualan: 103,5 juta unit

Nintendo Switch dirilis pada tahun 2017 dan merupakan konsol game hybrid pertama di dunia. Berkat desain hybrid Switch, konsol ini dapat dimainkan dalam tiga mode yang berbeda. Mode tersebut antara lain adalah mode TV, mode handheld dan mode tabletop.

Berkembang dari Wii, Switch juga memiliki fitur motion controller yang lebih canggih menggunakan Joy-Con. Joy-Con merupakan controller Switch yang dapat membaca gerakan tubuh lebih dinamis.

Nintendo Switch digemari karena bisa dimainkan sebagai konsol game rumahan atau konsol handheld. 

Nintendo Switch memiliki daftar game lebih dari 5 ribu game yang menjadikannya konsol dengan daftar game terbanyak.

Nintendo Switch memiliki beberapa game eksklusif yang populer seperti i The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom, Super Mario Odyssey, dan Animal Crossing: New Horizons.

Nintendo telah merilis berbagai konsol game yang unik dan inovatif sepanjang sejarahnya. Konsol-konsol tersebut telah membantu membentuk industri game dan memberikan pengalaman bermain game yang menyenangkan bagi jutaan orang di seluruh dunia.

Konsol Nintendo mana yang paling unik dan inovatif menurut kamu?

Untuk Membaca berita seputar Jawa Timur, Anda bisa mengunjungi wartajatim.co.id

Media Partner Warta Jatim