Rendra Masdrajad Safaat

Gangguan Nasional: BBM Subsidi Error, SPBU Terima Transaksi Manual

BBM Subsidi Error
BBM Subsidi Error

8 Juni 2024 – Sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pertamina di Bojonegoro mengalami kendala dalam melayani pembelian Pertalite dan Solar bersubsidi pada Kamis (06/06). Berdasarkan informasi yang dihimpun, ternyata error dalam pembayaran BBM subsidi ini bersifat nasional dan terjadi di beberapa wilayah di Indonesia.

Pengendara yang hendak mengisi BBM subsidi di SPBU Kalianyar, Jalan Ahmad Yani, Bojonegoro, terkejut saat diberitahu petugas bahwa layanan terhenti karena alat error. “Tadi mau ngisi Pertalite, kata karyawannya masih belum bisa. Masih eror alatnya,” ujar Noer, salah satu pengendara yang terdampak gangguan ini.

Internship Warta Jatim

Baca juga: Pertamina Pangkas Harga BBM Nonsubsidi Mulai Tahun Baru 2024

Gangguan serupa terjadi di SPBU lain di Siliwangi, Semarang, yang pada saat itu terpaksa tidak bisa melayani penjualan solar dan Pertalite subsidi. Beberapa wilayah Jawa Timur lainnya, seperti Surabaya dan Sidoarjo, juga mengalami kendala yang sama.

Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus mengakui adanya gangguan jaringan Telkom yang menyebabkan error pada aplikasi MyPertamina.

Taufiq Kurniawan, Section Head Communication and Relation Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus, menjelaskan bahwa gangguan disebabkan oleh permasalahan sistem input nomor polisi (Nopol) kendaraan menggunakan alat wireless untuk transaksi subsidi Pertalite dan Solar via QR Code MyPertamina.

Sebagai solusi, pembelian BBM subsidi diubah menjadi transaksi manual tanpa aplikasi. “Jaringan telkom gangguan. Tapi sudah kami layani manual tanpa alat,” kata Taufik.

Pertamina telah mengambil langkah cepat dengan memanualkan transaksi dan mencatat pembelian secara manual agar tetap tepat sasaran. Masyarakat diimbau untuk tidak panik dan melaporkan jika ada SPBU yang belum menyediakan pelayanan manual selama gangguan berlangsung. Perbaikan sedang diupayakan agar transaksi bisa kembali normal menggunakan sistem otomatis.

Baca Juga  Keamanan Siber PT Digital Solusi Grup di Bawah Pengawasan BSSN

“Kami mohon dibantu untuk menginformasikan kepada kami (ke nomor aduan 135) jika ada keluhan masyarakat,” tutup Taufiq.

Untuk mendapatkan informasi seputar Jawa Timur, Anda dapat mengunjungi wartajatim.co.id

Media Partner Warta Jatim