Rendra Masdrajad Safaat

Haji Rendra Masdrajad Safaat, Generasi Muda Malang, Berbagi Ilmu di Acara Otorita IKN Bersama Nusantara Gilang Gemilang

Generasi Muda Malang Berbagi Ilmu di Acara Otorita IKN

Malang, 12 Juni 2024 – Haji Rendra Masdrajad Safaat, sosok muda inspiratif asal Malang yang kini menjabat sebagai Vice President Nusantara Gilang Gemilang (NGG), berkesempatan berbagi ilmu dalam acara “BEGURU” dengan bahasa Kalimantan yang berarti berguru. Acara diselenggarakan oleh Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) bekerja sama dengan NGG.

Acara yang digelar pada Rabu (12/6/2024) ini bertujuan untuk melatih dan meningkatkan aspek mentalitas serta jiwa entrepreneurship para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di sekitar IKN.

Internship Warta Jatim

Sebanyak 250 pelaku UMKM mengikuti pelatihan ini dengan antusias. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas para pelaku UMKM agar mampu bersaing di kancah dunia.

Haji Rendra Masdrajad Safaat menyampaikan, “Kegiatan ini adalah salah satu bentuk nyata dari komitmen kami di NGG untuk memberdayakan para pelaku UMKM di IKN. Melalui pelatihan ini, kami berharap para pelaku UMKM dapat mengembangkan usaha mereka dengan lebih profesional dan mampu bersaing di pasar global”.

Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Kampung Wirausaha Nusantara, yang diinisiasi oleh NGG untuk meningkatkan keterampilan para pelaku usaha UMKM. Program ini menjadi representasi dan komitmen bersama untuk meningkatkan kapasitas pelaku usaha di IKN.

Generasi muda malang berbagi ilmu di ikn

Kegiatan yang diberi judul “UMKM IKN BERGURU” ini memberikan beberapa materi yang sangat relevan dan bermanfaat bagi para pelaku UMKM.

Materi yang disampaikan antara lain, “Menjadi Perempuan Hebat, Kuat yang Menjaga Martabat untuk IKN Dahsyat”, yang menginspirasi para wanita pelaku usaha untuk lebih percaya diri dan berdaya saing tinggi.

Selain itu, materi tentang literasi keuangan dengan Business Model Canvas, sembilan pilar bisnis, dan bagaimana menjadi pengusaha yang bermental baja, juga diberikan untuk memperkuat fondasi bisnis para peserta.

Baca Juga  Kemacetan di Kota Malang yang Belum Terurai

Tidak hanya pelatihan, para pelaku UMKM yang hadir juga berkesempatan untuk memamerkan produk-produk mereka yang beragam.

Produk-produk olahan makanan, fesyen, dan jasa transportasi dipamerkan sebagai potret dari kekayaan dan keragaman UMKM lokal di sekitar IKN.

“Kami percaya bahwa dengan peningkatan skill dan mentalitas yang tepat, para pelaku UMKM di IKN bisa menjadi penggerak ekonomi yang kuat dan berkelas dunia.” tutup Haji Rendra.

Plt. Wakil Kepala Otorita IKN, Raja Juli Antoni, juga hadir dalam acara tersebut. Beliau menyampaikan bahwa pembangunan harus bersifat inklusif dan berkelanjutan, serta melibatkan masyarakat untuk diberdayakan. “Pembangunan harus bersifat inklusif, tidak boleh ada satu orang pun yang tertinggal dalam proses pembangunannya, no one left behind. Semua harus terlibat, semua harus terangkat, maka kesejahteraan adalah milik kita semua,” jelasnya.

Acara ini diharapkan dapat menjadi awal yang baik bagi para pelaku UMKM di IKN untuk terus berkembang dan berinovasi. Dengan sinergi antara Otorita IKN dan NGG, diharapkan akan lahir lebih banyak lagi pelaku usaha yang berkelas dunia dari Nusantara.

Media Partner Warta Jatim