George Soros Pensiun, Kendali Bisnis Sang Miliader Jatuh Kepada Siapa?

George Soros.
George Soros.

Wartajatim.co.id, 13 Juni 2023 – Kendali bisnis keuangan Miliarder George Soros (92) telah diserahkan kepada anak lelakinya, Alexander Soros yang kerap disapa Alex.

Keputusan untuk mempercayakan bisnisnya ke salah satu dari lima anaknya telah diubah oleh Soros.

Rincian wawancara Soros dengan The Wall Street Journal yang dipublikasikan Ahad telah dikonfirmasi oleh juru bicaranya.

Dalam wawancara tersebut, penyerahan kepercayaan kepada Alex untuk mengelola bisnis keuangan Soros telah dibahas.

Sebelumnya, dikatakan oleh Soros, yang dulunya adalah seorang manajer hedge fund dan sekarang menjadi seorang filantropis, bahwa ia tidak ingin salah satu dari lima anaknya mengambil alih Open Society Foundations (OSF) miliknya.

Namun, pada akhirnya ia memutuskan untuk memberikan kepercayaan kepada salah satu anaknya, yaitu Alex.

Kendali OSF dan dinasti bisnis keuangan senilai 25 miliar dolar AS telah diserahkan ke Alex yang berusia 37 tahun. Komentar singkat mengenai keputusannya, “Dia (Alex) pantas mendapatkannya,” diberikan olehnya.

Dalam wawancara dengan The Wall Street Journal, Alex yang juga diwawancarai menyatakan bahwa dirinya lebih politis daripada ayahnya.

Rencananya adalah tetap mendonasikan uang keluarganya kepada mereka yang memiliki pandangan politik yang sama.

Prioritas agenda OSF, termasuk pemungutan suara dan hak aborsi serta kesetaraan gender, akan diperluas olehnya. Alex telah dipilih sebagai ketua OSF pada Desember tahun lalu. Saat ini, aktivitas politiknya difokuskan sebagai presiden komite aksi politik.

Dana sebesar 1,5 miliar dolar AS per tahun diberikan oleh OSF kepada kelompok-kelompok yang mendukung penegakan HAM di seluruh dunia, serta membantu dalam pengembangan demokrasi.

Soros memegang kepemilikan bisnis yang meliputi OSF yang bersifat nirlaba dan aktif di lebih dari 120 negara di seluruh dunia. Bisnis ini telah menyumbangkan sekitar US$1,5 miliar per tahun kepada kelompok-kelompok yang mendukung hak asasi manusia dan mempromosikan pertumbuhan demokrasi di seluruh dunia

Baca Juga  Sejarah Nintendo dan Sony: Dari Kerja Sama Hingga Persaingan Sengit

Dalam sebuah wawancara eksklusif dengan WSJ, Alex Soros juga diwawancarai. Pria tersebut bahkan mengakui bahwa dirinya “lebih politis” daripada ayahnya.

Dia memiliki rencana untuk menyumbangkan uang keluarga ke kandidat politik Amerika Serikat (AS). Ia mengungkapkan kepada WSJ bahwa ia sedang memperluas prioritas yayasan untuk mencakup hak memilih, aborsi, dan kesetaraan gender.

“Sebanyak saya ingin mendapatkan uang dari politik, selama pihak lain melakukannya, kita harus melakukannya juga,” ujar Alex.

Alex, anak tertua dari dua bersaudara hasil pernikahan George Soros dengan istri keduanya, Susan Weber. Penunjukan ini melibatkan penyelewengan terhadap putra sulung George Soros, Jonathan (52), yang merupakan seorang pengacara dengan latar belakang keuangan.

Surat kabar tersebut menyatakan, “Dia diyakini sebagai penerus yang jelas sampai ‘kejatuhan dan perubahan hati’.”

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)