Rendra Masdrajad Safaat

Catat! Ini 9 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Beli Laptop Bekas

beli laptop bekas

Laptop bekas menjadi pilihan yang menarik bagi sebagian orang, terutama bagi yang memiliki anggaran terbatas. Namun, membeli laptop bekas juga memiliki risiko tersendiri, seperti kondisi fisik yang tidak baik, atau bahkan barang yang tidak berfungsi.

Untuk menghindari hal-hal tersebut, ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan sebelum membeli laptop bekas.

Internship Warta Jatim

8 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Beli Laptop Bekas

Berikut adalah 8 hal yang harus diperhatikan sebelum beli laptop bekas, antara lain:

  1. Pertimbangkan Kebutuhan

Laptop bekas tersedia dalam berbagai macam spesifikasi dan harga. Oleh karena itu, penting untuk menentukan kebutuhan terlebih dahulu agar kamu dapat memilih laptop second yang sesuai. Kebutuhan yang berbeda akan mempengaruhi spesifikasi yang kamu cari. 

Jika kamu seorang gamer, kamu mungkin memerlukan laptop dengan kartu grafis yang mumpuni, sementara untuk pekerjaan sehari-hari, laptop dengan prosesor yang cepat akan lebih penting.

  1. Bandingkan Harga

Sebelum memutuskan untuk membeli laptop bekas, kamu perlu melakukan riset harga. Ada banyak tempat yang menjual laptop second, seperti toko komputer, marketplace, dan bahkan perorangan. Bandingkan harga laptop bekas dengan harga laptop baru dengan spesifikasi serupa.

Jangan tergesa-gesa dalam membeli; kesabaran adalah kunci untuk menemukan harga yang cocok.

  1. Periksa Kondisi Fisik

Kondisi fisik laptop juga perlu diperhatikan sebelum membeli laptop bekas. Pastikan laptop tidak memiliki goresan, retakan, atau kerusakan lainnya. Selain itu, pastikan juga laptop dapat menyala dan berfungsi dengan baik.

Baca Juga  Manual vs Otomatis dalam Sistem Transmisi Mobil, Enakan Mana?

Laptop dengan kondisi fisik yang kurang baik, mengindikasikan bahwa laptop tersebut tidak digunakan dengan baik oleh pemilik sebelumnya. Jika ada kerusakan yang signifikan, pertimbangkan untuk mencari laptop bekas lainnya

  1. Periksa Layar Monitor

Kamu dapat memeriksa kondisi layar dengan melihat tampilan layar, kecerahan layar, dan sudut pandang layar. Periksa juga apakah ada bercak noda, jamur atau titik putih pada layar. Jika ada, sebaiknya hindari membeli laptop tersebut.

  1. Periksa Kondisi Baterai

Baterai merupakan salah satu komponen penting dalam laptop. Baterai yang rusak atau melemah dapat menjadi sumber frustrasi. Jangan lupa untuk memeriksa seberapa lama baterai laptop tersebut dapat bertahan saat sedang tidak dicas. Perhatikan juga apakah baterai laptop tersebut dapat mengisi daya dengan baik.

  1. Tes Keyboard dan Trackpad

Keyboard dan trackpad adalah komponen yang sering digunakan pada laptop. Kamu dapat memeriksa kondisi keyboard dan trackpad dengan mengetik beberapa huruf dan angka, serta menggunakan trackpad untuk menggerakkan kursor. 

Pastikan bahwa keyboard berfungsi dengan baik, tidak ada tombol yang macet atau rusak. Periksa juga trackpad untuk memastikan bahwa responnya lancar dan akurat. Keyboard dan trackpad yang buruk dapat mengganggu produktivitas.

  1. Periksa Konektivitas dan Port

Sebelum membeli laptop bekas, periksa konektivitas dan port yang tersedia. Pastikan bahwa laptop memiliki port yang kamu butuhkan, seperti USB, HDMI, Ethernet atau slot kartu SD. Selain itu, periksa juga kualitas konektivitas nirkabel, seperti WiFi dan Bluetooth. Konektivitas yang buruk dapat menyulitkan kamu dalam menggunakan perangkat tambahan atau terhubung ke internet.

  1. Pertimbangkan Kapasitas Penyimpanan dan RAM 

Kapasitas penyimpanan dan RAM sangat penting untuk kinerja laptop. Pastikan bahwa laptop memiliki jumlah penyimpanan dan RAM yang cukup untuk kebutuhan Kamu. 

Baca Juga  Sinopsis Film Coco: Petualangan Musik dan Budaya dalam Dunia Arwah

Jika kamu merencanakan untuk menyimpan banyak data, pastikan juga bahwa kapasitas penyimpanan yang cukup besar. Jika diperlukan, kamu dapat memasang SSD (Solid State Drive) untuk meningkatkan kinerja dan kecepatan laptop.

  1. Periksa Sistem Operasi dan Perangkat Lunak

Pastikan laptop bekas yang ingin kamu beli memiliki sistem operasi yang sesuai dengan preferensi kamu, dan pastikan semua perangkat lunak yang kamu butuhkan berjalan dengan baik serta lisensi perangkat lunak, seperti Microsoft Office, masih berlaku dan sah.

Jangan terburu-buru dan selalu periksa semua aspek-aspek tersebut sebelum membeli laptop bekas, sehingga Kamu dapat menikmati laptop bekas berkualitas tinggi tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. 

Untuk Membaca berita seputar Jawa Timur, Anda bisa mengunjungi wartajatim.co.id

Media Partner Warta Jatim