Rendra Masdrajad Safaat

HEBOH! Air mengalir yang bewarna merah darah di Kidal, Tumpang

air merah di tumpang

Warga Kampung Telon, Dusun Krajan, Desa Kidal, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, heboh akhir pekan lalu karena salah satu sumber air di desa mereka tiba-tiba mengalirkan air berwarna merah darah. Kejadian ini menjadi viral di media sosial, terutama karena terjadi menjelang perayaan 1 Suro atau 1 Muharram.

Nur Susiono, Ketua RT 28 RW 02 Desa Kidal, menyatakan bahwa ini adalah kali pertama fenomena aliran air merah darah ini terjadi di desa mereka. Hal ini menimbulkan kekhawatiran di kalangan warga, yang takut bahwa warna merah ini menjadi pertanda buruk di masa depan.

Internship Warta Jatim

Baca Juga: Heboh, Remaja di Malang Ditemukan Tewas Misterius di Ruang Tamu

Sebagai Ketua RT, Susiono berupaya menenangkan warga melalui Grup WhatsApp, mengajak mereka untuk tetap tenang dan berdoa yang terbaik. Meskipun demikian, banyak warga yang datang ke lokasi sumber air tersebut untuk melihat fenomena tersebut dengan mata kepala sendiri, bahkan ada yang membawa airnya pulang.

Fenomena air berwarna merah ini pertama kali tercatat pada Sabtu (6/7) sekitar pukul 10.00 WIB oleh warga Kampung Ngasem Desa Kidal. Yudianto, salah satu warga, menemukan hal ini saat membersihkan kandang ayamnya dan mengabadikannya dalam sebuah video yang ia bagikan melalui grup WhatsApp.

Baca Juga: Kesenian Topeng Malangan

Meskipun banyak dugaan tentang penyebabnya, seperti pewarna atau dampak dari aktivitas manusia di masa lalu, seperti mandi pusaka menjelang 1 Suro, penyebab pasti dari fenomena ini masih belum terungkap dengan jelas. Warsono, seorang sesepuh desa, menyebut bahwa ini adalah kali pertama kedung tempat sumber air ini mengalirkan air berwarna merah darah.

Fenomena ini memicu reaksi warga, termasuk rencana untuk menggelar selamatan desa sebagai ungkapan syukur dan doa agar Desa Kidal terhindar dari musibah di masa mendatang.

Media Partner Warta Jatim