HOAX! Tambal Ban Online Malang dari Pemkot Malang

Malang – Menjelang libur Natal dan Tahun Baru, pesan berantai hoax melalui WhatsApp mengenai layanan tambal ban online mulai beredar. Pesan ini tersebar melalui grup WhatsApp dan diterima oleh Malang Posco Media pada Selasa (19/12) malam. Namun, setelah ditelusuri, pesan tersebut ternyata adalah hoaks.

Pesan tersebut menyebutkan bahwa Pemerintah Kota Malang telah meluncurkan layanan tambal ban online dengan enam motor berbasis online bernama “Ngrekso Ban Kempes.” Pesan ini juga menyertakan enam nomor handphone yang diklaim sebagai layanan tambal ban online yang gratis.

Berikut adalah kutipan pesan berantai tersebut:

“Bagi Saudara2 yg akan Mudik ke daerah jatim. apabila mengalami masalah dengan Ban mobilnya di wilayah malang Raya. Disiapkan oleh Pemkot malang Tukang Tambal Ban On Line. Pemkot malang resmi meluncurkan 6 motor tambal ban berbasis online dinamakan Ngrekso ban kempes.ra perlu mumed saiki

Tambal ban online Malang

Tri Cahyo 085725458498

Bejo 085642413418

Sahono 087835461571

Murwanto 087812712128

Agung 085326602312

Japi 085867711759

Semoga bermanfaat bagi masyarakat. Giantoro: RELAWAN TETULUNG TANPO PAMRIH. biaya….? wisto GRATIIIIIIS……TIS…..!!!”

Ngrekso Ban Kempes sebenarnya merupakan program Pemerintah Kota Solo yang diluncurkan pada 10 Desember 2018. Program ini menyediakan layanan tambal ban berbasis daring melalui aplikasi Solo Destination. Enam kendaraan tambal ban dilengkapi dengan GPS untuk memantau posisi mereka.

Pesan hoax tambal ban online di Malang ini juga telah beredar pada bulan April 2023, menjelang mudik Lebaran. Meskipun pesan tersebut mencantumkan nomor kontak tambal ban online dan ‘Relawan Jalanan Malam,’ Kompas.com telah mengklarifikasinya sebagai informasi palsu. Bejo, salah satu tambal ban online di Solo, menjelaskan bahwa layanan tersebut tidak gratis, dan pesan berantai tersebut telah menyimpang dari kenyataan.

Baca Juga  Tips Public Speaking ala Linda Amalia, Jago Bicara Bukan Asal Bicara

Dengan demikian, informasi tentang layanan tambal ban online di Malang yang disebutkan dalam pesan tersebut adalah hoaks, dan Pemkot Malang tidak pernah meluncurkan program tersebut.

Untuk mendapatkan informasi seputar Jawa Timur, Anda dapat mengunjungi wartajatim.co.id

*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)