Honda Brio 2023 Terbaru: Spesifikasi, Harga, dan Pilihan Warna

Honda Brio 2023
New Honda Brio 2023

Wartajatim.co.id, 8 Mei 2023 – Honda Prospect Motor (HPM) secara resmi meluncurkan New Honda Brio 2023 di Jakarta pada tanggal 5 Mei 2023. Honda melakukan beberapa perubahan pada New Brio Satya dan New Brio RS, baik dalam segi eksterior maupun interior. Harga New Brio Satya mengalami kenaikan sekitar Rp 1,5 juta dari versi sebelumnya, sedangkan New Brio RS mengalami kenaikan sekitar Rp 10,8 juta.

New Honda Brio akan menantang eksistensi All New Toyota Agya serta All New Daihatsu Ayla yang baru saja dirilis beberapa saat lalu. Bagaimanakah spesifikasi, harga, dan pilihan warna baru dari New Honda Brio 2023? Berikut ini adalah ulasan lengkapnya:



Desain dan Dimensi New Honda Brio 2023

Dalam desainnya, New Honda Brio masih mempertahankan garis dan bahasa desain dari versi sebelumnya. Namun, terdapat beberapa pembaruan pada bagian eksteriornya. Pada model New Brio RS, perubahannya mencakup New LED Headlights with LED Daytime Running Light, New Dark Chrome Front Grille Design with New RS Emblem, New LED Fog Lights, New Power Retractable Black Door Mirror with LED Turning Signal, New Front Bumper Design, New Smoked Rear Combi Lamp, New Rear Bumper Design with Diffuser, serta New 15″ Dark Chrome Sporty Alloy Wheel, dan New Smart Entry System.

Kemudian, New Brio Satya dilengkapi dengan penambahan berbagai fitur baru seperti New Headlamp with LED Daytime Running Light, New Chrome Front Grille Design, New 14″ Two Tone Alloy Wheel, dan juga New Front Bumper Design.

Selanjutnya, New Brio RS memiliki dimensi dengan panjang 3.810 mm, lebar 1.680 mm, dan tinggi 1.485 mm, serta jarak sumbu roda sebesar 2.405 mm. Dimensi tersebut juga sama dengan New Brio Satya, hanya terdapat perbedaan pada panjangnya, di mana New Brio Satya memiliki panjang 3.795 mm. Seluruh varian New Brio memiliki kapasitas tangki bahan bakar sebesar 35 liter..

Baca Juga  Ekonomi dan Lingkungan: Menggagas Keberlanjutan Masa Depan

Interior dan Fitur Entertainment New Honda Brio 2023

Sementara itu, interior New Honda Brio RS sekarang dilengkapi dengan penambahan berbagai fitur baru. Fitur-fitur tersebut meliputi Desain Pola Jok Baru, Pola Panel Dashboard yang Sporty, Sistem Penghidupan One Push baru, Klaster Meter Sporty dengan Tampilan LCD Multi Informasi, serta layar Audio Layar Sentuh Kapasitif 7″ baru dan Pencahayaan baru pada tuas transmisi, serta Tombol Audio pada Kemudi.

Beralih ke New Honda Brio Satya, sekarang dilengkapi dengan fitur New Auto Up/Down Window with Anti-Pinch. Selain itu, terdapat warna interior baru dengan Desain Pola Jok Baru, lining pintu, dan panel dashboard yang dipadukan dengan warna abu-abu pada bagian atapnya. Namun, sayangnya, jok depan New Brio Satya masih menggunakan model jok depan dengan headrest yang terintegrasi, sehingga tidak dapat disesuaikan tinggi headrest-nya.

Mesin dan Performa New Honda Brio 2023

New Brio Satya masih mengandalkan spesifikasi mesin sebelumnya, yaitu mesin 1.199 cc, jenis SOHC, memiliki 4 silinder segaris dengan 16 katup, dilengkapi teknologi i-VTEC + DBW (Drive by Wire), dan menggunakan sistem injeksi PGM-FI. Mesin ini memiliki diameter x langkah sebesar 73,0 mm x 71,6 mm dengan rasio kompresi 10,1:1.

Pada performanya, mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 90 PS (88,7 dk) pada 6.000 rpm dan torsi puncak sebesar 110 Nm pada 4.800 rpm. Tenaga tersebut kemudian diteruskan ke roda depan melalui pilihan transmisi otomatis CVT dan transmisi manual.

Suspensi dan Kaki-kaki New Honda Brio 2023

Untuk suspensi, New Honda Brio menggunakan MacPherson Strut di bagian depan dan H-Shape Torsion Beam di bagian belakang. Sementara itu, sistem pengereman depan menggunakan cakram ventilasi, sedangkan di bagian belakang menggunakan rem tromol. Selain itu, sistem pengereman telah dilengkapi dengan fitur ABS dan EBD.

Baca Juga  Pemerintah Perkuat Ekonomi Digital untuk Meningkatkan Daya Saing dalam ASEAN Economic Community

New Brio Satya dilengkapi dengan velg berukuran 14 inci dengan desain two tone, sedangkan New Brio RS menggunakan velg berukuran 15 inci yang dilengkapi dengan finishing dark chrome. Untuk profil ban, New Brio Satya menggunakan ukuran 175/65, sementara New Brio RS menggunakan profil ban dengan ukuran 185/55.

Fitur Keselamatan dan Keamanan New Honda Brio 2023

Semua varian New Honda Brio dilengkapi dengan fitur-fitur seperti dual airbag di bagian depan, side impact beam, seatbelt reminder, APAR (Alat Pemadam Api Ringan), dan sensor parkir. Selain itu, New Honda Brio juga dilengkapi dengan fitur pengereman ABS (Anti-lock Braking System) dan EBD (Electronic Brakeforce Distribution).

Pilihan Warna dan Harga New Honda Brio 2023

New Honda Brio menawarkan beragam pilihan warna, termasuk warna baru seperti Electric Lime Metallic (Satya dan RS), Stellar Diamond Pearl (RS), dan Meteoroid Gray Metallic (Satya & RS). Selain itu, tersedia juga warna Phoenix Orange Pearl dengan pilihan warna dua-tone (RS), Crystal Black Pearl (Satya & RS), Rallye Red (Satya), dan Taffeta White (Satya).

Berikut harga New Honda Brio:

New Honda Brio Satya

  • S MT: Rp 165.900.000
  • E MT: Rp 180.600.000
  • E CVT: Rp 191.900.000

New Honda Brio RS

  • RS MT: Rp 233.900.000
  • RS CVT: Rp 243.900.000

 



*Follow Official WhatsApp Channel WartaJatim.co.id untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini. Dapatkan E-Money 100rb untuk 4 orang beruntung (SnK berlaku)